Mulai Daihatsu Ayla hingga Toyota Calya, Sudah 1,1 Juta Unit LCGC Diproduksi Pabrik Daihatsu

Dhoni · 27 Jan 2021 22:05

Sebanyak 1,1 juta unit mobil pada segmen LCGC telah diproduksi PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dalam kurun waktu satu windu atau 8 tahun. Mobil jenis Low Cost Green Car yang diproduksi tersebut bukan hanya dari merek Daihatsu, tetapi juga termasuk merek Toyota untuk memenuhi permintaan pasar domestik maupun di ekspor dalam bentuk CBU (Completely Built Up).

Mobil - mobil LCGC hasil produksi PT Astra Daihatsu Motor (ADM)

Sebanyak 1,1 unit mobil LCGC produksi PT Astra Daihatsu Motor (ADM) terbagi dalam dua segmen, yakni Hatchback yang terdiri dari Astra Daihatsu Ayla, Astra Toyota Agya, dan Toyota Wigo. Seluruh mobil tersebut mulai diproduksi ADM sejak tahun 2013 dengan total mencapai 650 ribu unit hingga tahun 2020.

Sementara untuk segmen kedua yaitu jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) dengan total produksi mencapai 465 ribu unit untuk Astra Daihatsu Sigra dan Astra Toyota Calya.

Daihatsu Ayla menjadi salah satu LCGC produksi ADM yang digemari

Dengan pencapaian 1,1 juta unit LCGC, angka tersebut memberikan kontribusi sekitar 29% dari jumlah total produksi ADM yang berkisar sekitar 3,8 juta unit pada periode 2013 – 2020. Hal ini membuktikan seluruh mobil murah ramah lingkungan hasil produksi ADM menjadi mobil yang digemari untuk pasar dalam negeri maupun mancanegara.

Keberhasilan ini membuat PT Astra Daihatsu Motor memperpanjang catatan produksi mobil 1 juta unit yang sejak 2005 dicetaknya. Secara berturut-turut ADM juga telah memproduksi mobil sebanyak 2 juta unit di tahun 2010 yang disertai rekor MURI, memproduksi 3 juta unit tahun 2013, memproduksi 4 juta unit tahun 2015, memproduksi 5 juta unit tahun 2017 dan memproduksi 6 juta unit tahun 2019.

"Terima kasih untuk semua pelanggan yang telah membeli produk LCGC dari ADM, sehingga total produksi ADM pada segmen ini telah mencapai lebih dari 1,1 juta unit dalam waktu 1 windu," ujar Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Penjualan Daihatsu sepanjang 2020

Untuk tahun 2020, penjualan Daihatsu mencapai 100.026 unit dengan model Daihatsu Sigra menjadi mobil terlaris. Walau di tengah menurunnya minat beli terhadap mobil baru di Indonesia, Tetapi secara data market share, Daihatsu mengalami peningkatan sebesar 0,3% atau total 17,3% sepanjang tahun 2020.

Harga Daihatsu Sigra mulai dari Rp 120 juta hingga Rp 164 juta

Dari total penjualan Daihatsu sepanjang tahun 2020, tiga model yang paling diminati terdiri dari Daihatsu Sigra terjual 26,219 unit, Daihatsu Gran Max pick up sebanyak 24.297 unit dan Daihatsu Terios yang terjual 14.493 unit. Sedangkan Daihatsu Ayla sebagai andalan pada segmen LCGC hatchback berhasil terjual sebanyak 12.791 unit.

Dengan pencapaian PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dalam melakukan produksi dan penjualan, makin mengkukuhkan diri sebagai produsen asal Jepang yang digemari oleh konsumen di Indonesia maupun manca Negara.

Mobil produksi PT Astra Daihatsu Motor

ADM memiliki dua fasilitas produksi yang dapat dibilang masif. Berlokasi di Sunter, Jakarta Utara terdapat Sunter Assembly Plan (SAP) dan satu lagi di Karawang Assembly Plan (KAP) di Karawang, Jawa Barat. Di kedua pabrik tersebut, ADM tak hanya memproduksi mobil-mobil mereka seperti Daihatsu Terios, Xenia, Ayla, Sigra, Gran Max, dan Luxio, tapi juga memproduksi merek Toyota yang menjadi kembarannya, seperti Toyota Rush ,Toyota Avanza, Agya dan Calya. 

Bahkan dalam beberapa kesempatan, pihak Daihatsu perlu mengalah untuk memprioritaskan permintaan yang didapat oleh Toyota. Misalkan untuk kebutuhan ekspor Avanza, Rush ataupun Wigo yang berbasis Toyota Agya. Saat ini kapasitas maksimal pabri SAP sebanyak 330 ribu unit per tahun dan 200 ribu unit per tahun di pabrik KAP. 

Apakah selanjutnya Daihatsu Rocky yang akan diproduksi di pabrik ADM?

Dalam waktu dekat, bisa jadi portofolio produk yang diproduksi di pabrik milik ADM ini akan bertambah dengan masuknya produk baru Daihatsu Rocky dan Toyota Raize yang akan menyasar pasar baru compact SUV yang tengah berkembang. Kapan tepatnya produk ini akan mulai diproduksi? Ikuti terus laporan kami.

Komentar