window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mulai dari Kijang Buaya Sampai Yaris Joker, Ini Julukan Unik Buat Mobil di Indonesia

Yongki Sanjaya · 19 Nov, 2021 20:00

Mulai dari Kijang Buaya Sampai Yaris Joker, Ini Julukan Unik Buat Mobil di Indonesia 01

Memiliki mobil kesayangan kadang membuat kita untuk memberikan julukan yang unik. Kalau sekedar dijuluki Si Denok, Si Jenggo, atau Bang Jago mungkin sudah biasa dan sifatnya pribadi. Bahkan karena desainnya yang unik, masyarakat kita seringkali memberikan julukan ke suatu mobil seperti Yaris Joker karena grillnya seperti muka tokoh Joker.

Alasan memberikan julukan-julukan mobil tadi boleh jadi karena tipe mobil yang beredar cenderung menggunakan seri angka dan huruf sebagai kode body. Untuk memudahkan dalam penyebutan, masyarakat kita pun memberikan julukan sesuai dengan desain dari mobil itu sendiri. semisal VW Bettle yang nampak mirip kodok, dijuluki VW kodok. 

Ada lagi Mitsubishi Galant Hiu yang julukannya berasal dari desai kap yang mirip moncong ikan hiu.  julukan yang unik dan menarik tadi membuat suatu mobil jadi gampang dikenali. Penasaran apa saja julukan unik tersebut? Mari kita bahas satu persatu.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mitsubishi Galant Lele dan Galant Hiu Julukan Terinspirasi Desain Ikan

Mulai dari Kijang Buaya Sampai Yaris Joker, Ini Julukan Unik Buat Mobil di Indonesia 01

Setelah berakhirnya life cycle dari Eterna, Mitsubishi kemudian melanjutkan kiprah sedan medium mereka dengan meluncurkan model Galant. Sedan ini hadir dalam dua generasi, yaitu Galant Lele sebagai generasi pertama dan Galant Hiu sebagai generasi kedua sekaligus penutup.

Mitsubishi Galant lele sendiri merupakan generasi ke-7. Salah satu ciri khas dari mobil ini adalah bagian grill depannya yang meruncing ke tengah sehingga mirip seperti kumis lele, dan karena inilah disebut Mitsubishi Galant Lele.

Mulai dari Kijang Buaya Sampai Yaris Joker, Ini Julukan Unik Buat Mobil di Indonesia 02

Selanjutnya yaitu Galant EA5 atau yang dijuluki sebagai Galant Hiu karena desain kap yang lancip seperti moncong ikan hiu. Meskipun sudah lebih dari 10 tahun, desainnya yang agresif masih belum usang. Hanya saja, mungkin fiturnya tak sebaik mobil modern.

Hal yang cukup menarik, Galant generasi ke-8 ini hanya diproduksi di lima tempat di seluruh dunia, salah satunya di Indonesia. Lokasinya  antara lain di Okazaki (Jepang), Pademangan (Indonesia), Cainta (Filipina), Illinois (Amerika Serikat), dan Yang Mei (Taiwan).  

Mercy Barong dan Mercy Kentang, Julukan yang Unik Untuk Mobil Mewah

Mulai dari Kijang Buaya Sampai Yaris Joker, Ini Julukan Unik Buat Mobil di Indonesia 03

Siapa bilang julukan untuk mobil ini muncul pada mobil kelas menengah bawah? Mobil mewah sekelas Mercedes-Benz pun tak luput dari julukan unik dan aneh. Pertama kita mulai dari Mercy Kentang sebagai julukan dari Mercedes-Benz W120 dan W121. 

Disebut kentang bukan 'kena tanggung' seperti istilah gaul jaman sekarang. Tapi kentang makanan, yang bentuk umbinya berupa kombinasi bulat dan lancip seperti wujud Mercy W120 tersebut. 

Mulai dari Kijang Buaya Sampai Yaris Joker, Ini Julukan Unik Buat Mobil di Indonesia 04

Ada lagi Mercy Barong, julukan unik untuk Mercedes-Benz W116. Entah apa yang membuat keluarga S-Class ini dijuluki sebagai Barong. Disinyalir julukannya berasal dari ukuran kaca depan yang lebar. Bentuk ini yang disamakan orang-orang sebagai barong asal Bali.

Toyota Kijang Buaya, Julukan Unik Karena Bentuk Kapnya

Mulai dari Kijang Buaya Sampai Yaris Joker, Ini Julukan Unik Buat Mobil di Indonesia 05

Toyota Kijang generasi pertama ini diluncurkan pada tahun 1977. Desainnya masih berbentuk kotak dan dipanggil dengan nama unik, yaitu Kijang Buaya. Pasalnya, mobil ini memiliki kap mesin yang jika dibuka, mirip seperti mulut buaya. 

Daihatsu S78 Dijuluki Daihatsu Tuyul

Mulai dari Kijang Buaya Sampai Yaris Joker, Ini Julukan Unik Buat Mobil di Indonesia 06

Daihatsu S78 ini disebut sebagai Daihatsu Tuyul. Julukan ini muncul dari desain kabinnya yang mirip kepala tuyul. 

Bila kita perhatikan, Daihatsu S78 memiliki lampu depan model lawas dengan bentuk bulat serta minim ornamen di bagian grill. Selain itu, terdapat juga kacanya lebar dengan lekukan membulat pada bagian depan, sehingga mirip dengan jidat tuyul yang kepalanya plontos.

Toyota Yaris Joker, Grill Tersenyum Lebar Seperti Joker

Mulai dari Kijang Buaya Sampai Yaris Joker, Ini Julukan Unik Buat Mobil di Indonesia 07

Satu lagi julukan unik yang disematkan yaitu Joker, yang disandang oleh Toyota Yaris generasi ketiga. Memang, life cycle Yaris tergolong cukup cepat karena facelift yang meluncur pada 2018 ini hanya berselang empat tahun dari generasi keduanya.

Dalam balutan konsep desain Advance and Emotional, New Yaris mewakili semangat sporty kalangan yang berjiwa muda. Lekukan desain yang memiliki sudut-sudut tajam dengan detail yang lebih agresif. Nah, desain ini memiliki ciri khas grill besar dengan lengkung ke bawah.

Alhasil, desainnya jadi mirip seperti senyum lebar tokoh antagonis Joker. Tidak salah juga, karena Yaris adalah tokoh antagonis dari Honda Jazz yang laris manis digandrungi saat itu.

VW Beetle, Dijuluki Sebagai Mobil Kodok

Mobil yang satu ini tentu sudah tidak asing karena desainnya yang outstanding dan ikonik. Ya, Volkswagen Beetle ini oleh masyarakat dijuluki sebagai mobil kodok atau VW Kodok karena bentuknya yang bulat seperti punggung kodok.

Padahal, penamaan beetle pun sudah pas dengan desain VW ini yang mirip seperti seekor kumbang 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil