window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mulai Dari Rp35 jutaan, Perhatikan Hal Berikut Sebelum Membeli Mitsubishi Kuda Diesel dan Bensin

Enda · 15 Jun, 2021 15:00

Mulai Dari Rp35 jutaan, Perhatikan Hal Berikut Sebelum Membeli Mitsubishi Kuda Diesel dan Bensin 01

Caption

Ikut serta dalam meramaikan kancah otomotif Tanah Air untuk dapat bersaing dengan Kijang dan Panther, Mitsubishi Kuda pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada 1999. Tidak seperti para pesaingnya, masa kejayaan Kuda di Tanah Air hanya bertahan enam tahun saja. Pada 2005, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors memutuskan untuk menyetop keran penjualan mobil ini. 

Mobil jenis MPV dengan bentuk mengkotak, Mitsubishi Kuda merupakan produk kolaborasi Mitsubishi Motors Jepang dan China Motor Corporation dengan menyasar kawasan Asia.

Sejak pertama kali melantai, Mitsubishi Kuda ditawarkan dalam beberapa varian, yaitu Super Exceed, GLX dan GLS. Selang tiga tahun kemudian, Kuda mendapatkan update tampilan serta penambahan varian, diantaranya; Deluxe, Diamond dan Grandia hingga masa baktinya.

Oh iya, bicara soal harga bekas Mitsubishi Kuda, melansir dari salah satu platform jual beli mobil bekas, MPV pabrikan tiga berlian ini kini dibandrol mulai dari Rp35 jutaan hingga Rp80 jutaan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tertarik membelinya untuk kegiatan usaha maupun mobil keluarga? Perhatikan beberapa hal berikut sebelum meminang Mitsubishi Kuda.

Baca juga: Tertarik Beli Toyota Avanza Generasi Pertama? Ketahui Beberapa Fakta Penting Ini

1. Mitsubishi Kuda Hadir dengan Tiga Pilihan Mesin

Mulai Dari Rp35 jutaan, Perhatikan Hal Berikut Sebelum Membeli Mitsubishi Kuda Diesel dan Bensin 01

Jantung pacu Mitsubishi kuda

Mitusbishi Kuda di Tanah Air dihadirkan dalam tiga pilihan mesin. Bicara mengenai mesin dieselnya, mobil ini menggunakan jantung pacu berkodekan 4D56 2.5L non turbo yang mampu melecutkan tenaga hingga 75 PS @4.200 rpm serta torsi 143 Nm @2.500 rpm.

Sedangkan varian mesin bensin 1.6L dengan kode 4G18 diketahui mampu memuntahkan tenaga 105 PS @6.000 rpm dengan torsi maksimal 107 Nm @3.500 rpm

Untuk mesin bensin lainnya, yakni 2.0L berkodekan 4G63, mesin berkombusi injeksi MPI ini menggunakan jantung pacu kepunyaan Eterna yang dapat memeras tenaga maksimal sebesar 116 PS @5.500 rpm dan torsi mencapai 165 Nm @3.000 rpm.

2. Ditawarkan Dua Pilihan Transmisi

Mulai Dari Rp35 jutaan, Perhatikan Hal Berikut Sebelum Membeli Mitsubishi Kuda Diesel dan Bensin 02

Mitsubishi Kuda dengan pilihan transmisi manual

Sama seperti rivalnya, Mitsubishi Kuda juga ditawarkan dengan dua pilihan transmisi untuk memberikan opsi terhadap konsumennya. Jenis transmisi yang digunakan adalah manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Meski begitu, bagi kami transmisi manual 5-percepatan lebih layak dipilih karena terasa lebih responsif.

3. Konsumsi BBM Mitsubishi Kuda Setara Toyota Kijang Kapsul

Mulai Dari Rp35 jutaan, Perhatikan Hal Berikut Sebelum Membeli Mitsubishi Kuda Diesel dan Bensin 03

Konsumsi BBM Mitsubishi Kuda sama seperti para rivalnya

Untuk konsumsi bahan bakar mesin bensinnya, Mitsubishi Kuda mampu mencatat jarak tempuh 6 hingga 10 km/liter penggunaan dalam kota, serta 8 sampai dengan 12 km/liter penggunaan luar kota. Angka konsumsi BBM yang diperolehnya ini bisa dibilang sepadan dengan pesaing utamanya, yaitu Toyota Kijang Kapsul.

Sedangkan varian dieselnya lebih irit dalam hal penggunaan BBM jenis solar. Dimana angka 12 km/liter bisa diraihnya untuk penggunaan dalam kota, dan 14-15 km/liter untuk luar kota.

4. Gaya Berkendara Mirip Seperti Kijang Kapsul

Mulai Dari Rp35 jutaan, Perhatikan Hal Berikut Sebelum Membeli Mitsubishi Kuda Diesel dan Bensin 04

Interior Mitsubishi Kuda

Memiliki pandangan luas, serta tampilan dashboard yang sederhana, membuat gaya berkendara mobil ini terasa sama persis ketika kalian mengendarai Kijang kapsul. Begitupun juga nafas mobil ini terkesan pendek-pendek sama seperti rival utamanya tersebut.

Tidak cuma itu, menggunakan suspensi jenis Independent Double Wishbone di bagian depan dan Rigid axle / per daun di roda belakang, membuat ayunan mobil ini terasa sama ketika kalian mengendarai MPV andalah Toyota tersebut.

Baca juga: Harga Toyota Kijang Kapsul Kini Dibanderol Cuma Rp50 Jutaan, Ini Kelebihan dan Kekurangan yang Perlu Diketahui

5. Banyaknya Ketersediaan Suku Cadang di Pasaran dan Perawatannya yang Mudah

Mulai Dari Rp35 jutaan, Perhatikan Hal Berikut Sebelum Membeli Mitsubishi Kuda Diesel dan Bensin 05

Seperti yang diketahui, Mitsubishi Kuda menggunakan jenis mesin yang sama dengan beberapa produknya. Untuk dieselnya sendiri memiliki kesamaan dengan L300.

Varian bensinnya 1.6L juga mempunyai persamaan dengan T120SS. Sedangkan mesin 2.0L memiliki substitusi dengan Eterna. Bukan cuma ketersediaan suku cadang yang cukup melimpah, harganya spare partnya juga bisa dibilang cukup terjangkau.

Sebagai informasi, perawatan mobil ini terbilang mudah dan tidak rewel. Jadi kalian tidak perlu takut apabila mengalami kurasakan di jalan.

6. Berniat Membeli Mitsubishi Kuda, Jangan Pilih Varian 1.6L

Mulai Dari Rp35 jutaan, Perhatikan Hal Berikut Sebelum Membeli Mitsubishi Kuda Diesel dan Bensin 06

Varian 1.6L Mitsubishi Kuda dengan sasis pendek

Khusus varian 1.6L, Mitsubishi Kuda hadir dengan sasis pendek atau yang biasa disebut Short-Wheel Base (SWB). Mempunyai dimensi yang lebih kecil dari varian lainnya, membuat mobil ini kurang cocok digunakan untuk kegiatan usaha.

Selain itu, perlu kalian ketahui bahwa varian ini pada jok baris belakangnya dibuat saling berhadap-hadapan yang hanya bisa ditempati dua orang saja.

7. Mitsubishi Kuda Punya Fitur Keselamatan yang Sama Seperti Para Pesaingnya

Mulai Dari Rp35 jutaan, Perhatikan Hal Berikut Sebelum Membeli Mitsubishi Kuda Diesel dan Bensin 07

Mitsubishi Kuda hanya memiliki fitur keselamatan seat belt saja

Bicara soal fitur keselamatan, Mitsubishi Kuda memiliki tingkat keselamatan yang minim. Hal ini dikarenakan pada zamannya fitur keselamatan tidak secanggih sekarang serta menyesuaikan para rivalnya untuk mendapatkan harga yang bersaing.

Untuk itu, Mitsubishi Kuda hanya memiliki fitur keselamatan berupa sabuk pengaman untuk pengemudi dan penumpangnya.

8. Sebelum Membeli Mitsubishi Kuda, Cek Dulu Bagian Kaki-kakinya

Mulai Dari Rp35 jutaan, Perhatikan Hal Berikut Sebelum Membeli Mitsubishi Kuda Diesel dan Bensin 08

Joint steer Mitsubishi Kuda sering mengalami masalah

Sebagian besar Mitsubishi Kuda memiliki kelemahan di sektor kaki-kakinya. Permasalahan ini timbul pada bagian joint steer yang menimbulkan suara ‘kletek’ ketika melakukan pengereman. Hal serupa juga bisa timbul karena kerusakan pada rack and pinnion atau joint shaft yang sudah mengalami keausan masa pakai.

9. Putaran Mesin Terasa Drop Ketika Menyalakan AC

Mulai Dari Rp35 jutaan, Perhatikan Hal Berikut Sebelum Membeli Mitsubishi Kuda Diesel dan Bensin 09

Rpm Mitsubishi Kuda kerap kali drop karena mengalami masalah pada servo atau stepper motor

Beberapa pemilik Mitsubishi Kuda, sering mengalami masalah pada servo atau stepper motor. Ketika bagian ini lemah, maka dapat menimbulkan gejala seperti mesin drop ketika menghidupkan AC.

Kesimpulan

Selain Kijang kapsul dan Panther, Mitsubishi Kuda bisa menjadi alternatif lain untuk kalian yang sedang mencari mobil MPV dengan harga lebih murah serta mudah dalam hal perawatan.

Disisi lain, Mitubishi Kuda juga memiliki beberapa keunggulan yang tak kalah dari para pesaingnya tersebut. Melihat beberapa parameter di atas apakah kalian tertarik meminang Mitsubishi Kuda sebagai mobil keluarga ataupun kegiatan usaha?

Baca juga: Punya Banyak Pilihan, Ketahui Beberapa Hal Ini Sebelum Beli Isuzu Panther Kapsul Bekas

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Toyota Kijang Innova Zenix Gasoline 2.0 G CVT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil