window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mulai Tahun Depan Warna Plat Nomor Kendaraan Berubah jadi Putih, Cek Biayanya dan Mobil yang Wajib Pakai

Prasetyo · 18 Agu, 2021 17:09

Warna plat nomor kendaraan

Plat nomor kendaraan bermotor milik pribadi yang selama ini kita ketahui berwarna dasar hitam dengan tulisan putih, maka mulai tahun depan akan berganti warna. Nantinya kondisinya bakal terbalik, yaitu pelat menggunakan warna dasar putih tapi menggunakan huruf yang tercetak dengan warna hitam.

Peraturan perubahan warna plat nomor kendaraan bermotor itu tertuang dalam Peraturan Kepolisian Nomor 7 Tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor. Peraturan baru ini menggantikan Peraturan Kepala Kepolisian Nomor 5 Tahun 2012.

Warna plat nomor kendaraan -1

Akan pakai dasar putih dan tulisan hitam

Namun penerapan ganti warna plat kendaraan bermotor ini baru akan dilaksanakan tahun depan. Demikian pernyataan resmi Kombes Taslim Chairuddin, Kasubdit STNK Korlantas Polri.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Diterapkan Bertahap untuk Mobil Baru

Lebih lanjut Kombes Taslim menjelaskan jika plat nomor kendaraan warna putih baru bisa diterapkan tahun depan. Sebab saat ini pihak Korlantas Polri sedang menyiapkan dahulu standar materialnya berupa cat.

Warna plat nomor kendaraan -2

Mobil baru wajib pakai plat baru ini

Baca juga : 5 Mobil Hybrid Terlaris di Indonesia yang Pajaknya Bakal Tambah Mahal

Kemudian perubahan warna plat nomor ini juga akan dilakukan secara bertahap. "Kita mulai dari kendaraan yang baru daftar TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) serta yang perpanjangan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) 5 tahunan dan yang balik nama STNK," kata dia.

Sehingga lanjutnya, penerapan plat nomor kendaraan jadi warna putih tidak bisa dilakukan langsung serentak di seluruh Indonesia. "Baru diganti putih kalau menerbitkan TNKB baru," jelasnya.

Warna plat nomor kendaraan -3

Penggantian plat warna putih dilakukan di Samsat

Biaya Cetak Plat Nomor Baru

Dengan adanya perubahan warna plat nomor kendaraan di Indonesia ini apakah ada penambahan biaya juga? Kombes Taslim pun menegaskan kalau perubahan warna tidak diikuti perubahan biaya pembuatan TNKB baru.

"Tidak ada perubahan, PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) masih mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 76 Tahun 2020,” jelas dia. Itu artinya, untuk wilayah DKI Jakarta, biaya penerbitan TNKB buat kendaraan bermotor roda dua dan roda tiga sebesar Rp60.000, sementara untuk kendaraan roda empat atau lebih Rp100.000.

Warna Plat Nomor Kendaraan -4

Balik nama STNK juga bakal dapat plat baru warna putih

Namun biaya ini belum termasuk dengan tarif Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan atau SWDKLLJ dan pajak progresif jika itu adalah kendaraan Anda yang kedua, ketiga, atau lebih.

Biar Mudah Terindentifikasi Kamera ETLE

Kombes Taslim juga menjelaskan mengapa Korlantas Polri akhirnya akan mengubah plat nomor kendaraan jadi warna putih. Sebab menurut dia, dengan plat berwarna lebih terang, maka akan mudah terlihat kamera CCTV dan ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) alias tilang eletronik.

Warna plat nomor kendaraan -5

Kamera ETLE lebih mudah identifikasi plat nomor warna terang

Sebab kamera pengawas ini akan sulit mengidentifikasi untuk plat nomor kendaraan yang menggunakan warna dasar hitam. Sehingga ada kemungkinan terjadi kesalahan input data plat nomor.

Kondisi seperti ini menurutnya sudah diterapkan di negara-negara lain yang juga menggunakan sistem tilang elektronik. Dengan adanya warna dasar plat putih dengan tulisan hitam, maka kamera akan lebih jelas mengidentifikasi pemilik kendaraan tersebut.

Baca juga : Ketahui Apa Itu Pajak Progresif Kendaraan Bermotor dan Cara Menghitung Pertambahannya

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil