Murah Dan Bersahabat, Inilah Biaya Perawatan Toyota Avanza Veloz 2020

Franky · 14 Mei, 2020 12:00

Murah Dan Bersahabat, Inilah Biaya Perawatan Toyota Avanza Veloz 2020 01

Banyak dari kita yang memilih untuk mengandalkan mobil pribadi dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Secara umum, penggunaan mobil pribadi memanglah lebih praktis daripada taksi Online/Grab Car, karena dengan mobil pribadi kita tidak perlu melakukan pemesanan dan verifikasi terlebih dahulu.

Meskipun demikian, perlu diketahui bahwa mobil pribadi memerlukan biaya rutin untuk perawatannya. Lantas berapakah biaya perawatan yang harus dikeluarkan untuk mobil itu? Apakah hampir sama dengan biaya membeli mobil? Hal ini kerap menjadi pertanyaan bagi para pemilik mobil.

Biaya Perawatan Toyota Avanza Veloz 2020

Terkait dengan hal tersebut, Toyota Avanza Veloz 2020 yang kian menjadi pilihan utama di segmen low MPV 7-seater sebagai mobil keluarga ini menawarkan salah satu keunggulan, yakni biaya kepemilikan yang cukup bersahabat bagi pelanggan. Hal ini dilakukan sedemikian rupa untuk memberikan kepuasan para konsumennya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Tipe mobil Toyota Veloz memiliki 4 tipe. Harga Toyota Veloz 2020 berkisar dari Rp 225 juta hingga Rp 249 jutaan. Sedangkan tipe mobil Toyota Avanza berjumlah 5 tipe. Harga Toyota Avanza berkisar dari Rp 200 juta hingga Rp 230 jutaan. Ini merupakan harga new Avanza di tahun 2020 dan tidak beda jauh dengan harga mobil Avanza 2019. Saudara Toyota Avanza, Berikut ini biaya perawatan yang dikeluarkan untuk Toyota Avanza Veloz 2020.

1. Biaya Perawatan Secara Berkala

Perawatan secara berkala merupakan salah satu aspek yang wajib diperhatikan bagi para pemilik kendaraan roda empat. Idealnya, setiap enam bulan sekali para pemilik mobil ini harus melakukan pengecekan. Hal ini bertujuan untuk menciptakan performa secara maksimal dalam berkendara dan meminimalisir terjadinya kerusakan jangka panjang.

Murah Dan Bersahabat, Inilah Biaya Perawatan Toyota Avanza Veloz 2020 01

Ilustrasi biaya perawatan berkala Toyota Avanza Veloz

Beberapa perawatan yang harus dilakukan secara rutin agar kinerja mobil tetap baik diantaranya adalah pengecekan kondisi mesin, pembersihan sistem pembakaran, dan penyetelan ulang keseluruhan komponen Toyota Veloz seperti kampas rem, Onderstel, saringan udara, busi dan sebagainya. 

Secara umum, biaya perawatan di bengkel resmi memiliki estimasi biaya perawatan yang berkisar dari Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta untuk sekali kunjungan, dan disertai dengan garansi dari bengkel resmi. Untuk alternatif yang lebih meringankan, kita bisa memilih perawatan mobil di bengkel umum yang memiliki selisih harga sekitar Rp. 500.000, tetapi tidak disertai dengan garansi perawatan dari bengkel umum tersebut.

2. Biaya Bensin

Bahan bakar merupakan salah satu sumber aspek terpenting bagi keberlangsungan mesin mobil. Mesin yang digunakan oleh Toyota Veloz 2020 ini adalah mesin yang menggunakan sistem Fuel Injection, yang berarti kompresi mesinnya termasuk tinggi. Maka dari itu, bahan bakar Premium merupakan pilihan yang terbaik untuk mobil ini. Biaya bensin Premium yang dikeluarkan untuk aktivitas harian dengan jarak rata-rata 60 km berkisar antara Rp. 250.000 sampai dengan Rp. 300.000. Jadi, perkiraan biaya bensin premium untuk setahun adalah Rp. 11 juta.

Murah Dan Bersahabat, Inilah Biaya Perawatan Toyota Avanza Veloz 2020 02

 Ilustrasi pengisian bensin pada Toyota Avanza Veloz

Namun, perlu diketahui bahwa pada dasarnya biaya bensin mobil Toyota Veloz bersifat fluktuatif, yang berarti kerap mengalami kenaikan dan penurunan seiring dengan kondisi pada kurun waktu tertentu. Beberapa faktor yang mempengaruhi kenaikan harga bensin diantaranya adalah faktor ekonomi, politik, kebijakan pemerintah, dan lain-lain. Sehingga, harga dari bensin seringkali tidak menentu.

3. Biaya Ganti Oli

Penggantian oli merupakan salah satu faktor penting lainnya dalam perawatan mobil, karena oli memiliki peranan sebagai pelumas mesin/Lubricating yang dapat membantu meminimalisir terjadinya gesekan pada mesin mobil. 

Hal ini membantu kondisi mesin untuk selalu terjaga dan mencegah terjadinya kerusakan berlanjut, serta hal-hal yang tidak diinginkan lainnya. Namun, banyak pemilik mobil yang hanya menggunakan angka kilometer dan jarak tempuh sebagai acuan masa penggantian oli.

Murah Dan Bersahabat, Inilah Biaya Perawatan Toyota Avanza Veloz 2020 03

Oli juga menjadi komponen penting soal perawatan Toyota Avanza Veloz

Padahal, pihak perusahaan resmi menyarankan untuk mengikuti regulasi sesuai ketetapan jadwal yang telah ditentukan, yakni setiap enam bulan sekali.

Maka dari itu, kita sebagai pemilik mobil yang cerdas, sebaiknya mengikuti ketentuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan resmi.

Bengkel resmi membanderol biaya penggantian oli mobil Toyota Avanza Veloz 2020 dengan harga sebesar Rp. 300.000 hingga Rp. 500.000 untuk sekali penggantian.

4. Biaya Penggantian Ban

Sebagai penunjang keselamatan dalam berkendara, penggantian ban secara disiplin akan mengurangi potensi terjadinya hal yang membahayakan para pengemudi. Secara umum, usia ideal dari ban mobil adalah 3 tahun, jadi apabila rentang waktu pemakaian telah mencapai 3 tahun, hendaknya segera melakukan penggantian ban.

Murah Dan Bersahabat, Inilah Biaya Perawatan Toyota Avanza Veloz 2020 04

Mengganti ban juga menjadi salah satu perawatan penting pada Toyota Avanza Veloz

Namun, apabila kurang dari 3 tahun ban mobil sudah terasa memberi ketidaknyamanan, seperti ban yang semakin menipis, permukaannya pecah-pecah, dan ada benjolan. Maka, tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan terhadap ban. Biaya yang harus dikeluarkan pada saat melakukan penggantian ban mobil Avanza di bengkel resmi adalah sebesar Rp. 500.000/ban.

5. Biaya Penggantian Aki

Aki mobil merupakan salah satu komponen yang tidak kalah penting dari komponen-komponen lainnya. Aki dalam mobil memiliki peranan yang vital, karena mobil membutuhkan aki untuk mengoperasikan komponen kelistrikan seperti lampu, klakson, suara, Power Window, Central Lock, dan sebagainya. Maka dari itu, penting bagi kita untuk tetap menjaga Supply kelistrikan mobil agar selalu stabil. Tipe aki yang digunakan oleh mobil Toyota Avanza Veloz 2020 ini adalah aki tipe NS40 dengan kapasitas 32 ampere. Sejak beberapa tahun yang lalu aki tipe NS40 ini dibanderol dengan harga sebesar RP. 600.000 sampai dengan Rp. 670.000.

Murah Dan Bersahabat, Inilah Biaya Perawatan Toyota Avanza Veloz 2020 05

Aki menjadi salah satu poin penting dalam perawatan jangka panjang

Demikianlah ulasan mengenai Biaya perawatan Toyota Avanza Veloz 2020 yang dapat menjadi pertimbangan. Sekiranya informasi yang dipaparkan dapat membantu untuk memperkirakan besar anggaran perawatan mobil bagi para pembaca sekian. Perlu selalu diingat bahwa komponen dan mesin yang dijaga dengan baik akan membuat kinerja keseluruhan mobil berjalan dengan mulus. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu melakukan pengecekan dan perawatan secara rutin!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Franky

Berhati-hatilah dalam membuat keputusan yang benar di hadapan semua orang

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Komentar

Mobil Terbaru