Murahnya Kebangetan, Biaya Kepemilikan Suzuki Ignis Selama 3 Tahun Cuma Rp53 Ribuan!

Prasetyo · 22 Jun, 2021 18:05

Suzuki Ignis 2021

Suzuki Ignis merupakan salah satu mobil compact yang memiliki peminat tidak sedikit. Ada banyak orang yang mempertimbangkan meminang city car bergaya adventure dari Suzuki itu. Selain soal desain, fitur dan konsumsi bahan bakarnya adalah yang cukup menonjol.

Namun perlu juga Anda ketahui, saat hendak membeli mobil, maka sebaiknya perhatikan juga biaya kepemilikan untuk kendaraan tersebut. Mulai dari biaya servis berkala, biaya untuk pembayaran pajak tahunan, sampai biaya yang harus dikeluarkan untuk kebutuhan bahan bakarnya.

Suzuki Ignis 2021

Penggemar Ignis di Indonesia cukup banyak

"Biaya kepemilikan mobil tentunya harus diperhitungkan sebelum membeli mobil. Apabila tidak, hal itu bisa menganggu perencanaan finansial rumah tangga," tulis Hariadi, Service Asst to Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) melalui keterangan tertulisnya.

Nah kali ini Autofun Indonesia akan membeberkan berapa biaya kepemilikan Suzuki Ignis yang harus Anda siapkan saat memiliki mobil tersebut.

Baca juga : Muncul Nissan Magnite Apakah Bikin Suzuki Ignis Mulai Terlupakan?

Suzuki Ignis 2021

Suzuki berikan gratis jasa servis sampai 50.000 Km

Biaya Servis Suzuki Ignis Mulai Rp7.000-an Per Hari

Suzuki memberikan program gratis biaya jasa servis bagi pemilik Ignis hingga 50.000 kilometer (km). Sehingga biaya servis Suzuki Ignis hingga masa tersebut hanya untuk pembayaran komponen yang diganti. Seperti oli, filter oli, filter udara, kampas rem, dan sebagainya.

Adapun pihak SIS mengklaim biaya servis Suzui Ignis hingga 100.000 km atau 3 tahun berkisar di angka Rp7.877.300. Jika ini terlihat mahal, Anda bisa menabung per hari sekitar Rp7.193 untuk kebutuhan biaya perawatan mobil tersebut.

Suzuki Ignis 2021

Pajak tahunan Suzuki Ignis di kisaran Rp2,9 juta

Pajak Suzuki Ignis Rp8.000-an per Hari

Selain biaya servis, Anda juga wajib membayar pajak tahunan apabila memiliki kendaraan bermotor. Adapun pajak Suzuki Ignis per tahun di kisaran Rp2.940.000 untuk yang plat B (Jakarta). Pajak ini belum termasuk pajak progresif jika Ignis tersebut adalah kendaraan kedua atau ketiga Anda.

Namun dengan asumsi biaya pajak tersebut, sebenarnya Anda juga bisa menabung setiap hari cukup sebesar Rp8.054 untuk kebutuhan membayar pajak tahunan ini. Sehingga jika saatnya tiba membayar pajak, maka tidak memberatkan finansial keluarga secara keseluruhan.

Baca juga : Suzuki Ignis atau Daihatsu All New Sirion, Pilihan yang Tepat untuk First Time Buyer?

Suzuki Ignis 2021

Konsumsi BBM Ignis juga cukup hemat

Cuma Butuh 5 Liter Bensin Per Hari

Terakhir adalah biaya untuk kebutuhan membeli bahan bakar. Jika diasumsikan konsumsi bahan bakar Suzuki Ignis 10 km/liter, dan Anda menempuh jarak 50 km setiap harinya, maka sebenarnya konsumsi BBM Suzuki Ignis hanya membutuhkan 5 liter bahan bakar.

Apabila mobil tersebut mengkonsumsi BBM jenis Pertalite dari Pertamina yang harga per liternya Rp7.650, maka biaya untuk kebutuhan bahan bakar mobil ini sekitar Rp38.250 per hari.

Suzuki Ignis 2021

Cukup Rp53 ribuan biaya kepemilikan Ignis sampai 3 tahun

Total Cost of Ownership Suzuki Ignis Rp53 ribuan per hari

Dengan mempertimbangkan ketiga poin penting tadi, maka total biaya kepemilikan atau Total Cost of Wonership Suzuki Ignis adalah sebagai berikut:

Biaya servis berkala + biaya pajak tahunan + biaya kebutuhan bahan bakar = Rp7.193 + Rp8.054 + Rp38.250 = Rp53.497 /hari.

Biaya ini merupakan dana yang harus Anda siapkan setiap hari untuk kepemilikan kendaran tersebut hingga masa waktu 3 tahun atau 100.000 km.

Baca juga : Daihatsu Rocky vs Suzuki Ignis: Profilnya Mirip Tapi Harga Beda Jauh, Pilih yang Mana?

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Suzuki Ignis GL MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru