Musim Hujan Awas Muncul Jamur di Bodi Mobil, Begini 3 Cara Menghindarinya

Prasetyo · 15 Nov, 2022 14:07

jamur-mobil

  • Jamur mobil sering muncul saat musim hujan.
  • Pemilihan lokasi parkir yang tepat bisa menghindarinya.
  • Jangan malas mencuci mobil terutama setelah terkena hujan.

Jamur di bodi mobil adalah masalah yang sangat umum terjadi ketika masuk musim penghujan. Penyebabnya air hujan yang mengenai permukaan cat mobil dan membuat permukaan bodi kendaraan jadi lembab.

Kalau sudah begini, jamur akan membuat penampilan kendaraan kesayangan Anda jadi kurang menarik. Sebab kondisi catnya bakal lebih kusam seakan tidak terurus.

Musim Hujan Awas Muncul Jamur di Bodi Mobil, Begini 3 Cara Menghindarinya 02

Kondisi permukaan cat yang dipenuhi jamur

"Jamur tak hanya bisa membuat tampilan kurang sedap dipandang, tetapi juga bisa membuat komponen kendaraan menjadi lebih cepat rusak," kata Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Nah daripada mengganggu tampilan mobil, lebih baik sebisa mungkin kita hindari jangan sampai cendawan ini menempel di bodi kendaraan Anda. Berikut sedikit tipsnya yang dibagikan oleh Auto2000.

Baca juga: Musim Hujan Bikin Rawan Jamur Kaca Mobil, Begini Cara Deteksi dan Menghindarinya

1. Lokasi Parkir Jadi Penyebab Timbulnya Jamur Mobil

Musim Hujan Awas Muncul Jamur di Bodi Mobil, Begini 3 Cara Menghindarinya 01

Parkir di lokasi terbuka berpotensi tumbuhnya jamur

Untuk menghindari jamur tumbuh di permukaan cat mobil, sebaiknya pilih lokasi parkir yang tepat. Sebisa mungkin pastikan mobil diparkir di lokasi yang memiliki atap.

Ini menghindari bodi mobil dari terpaan curah hujan secara langsung. Begitu juga apabila tiba-tiba matahari muncul dari balik awan, dan menyorot langsung ke bodi mobil.

2. Jangan Malas Cuci Mobil

Musim Hujan Awas Muncul Jamur di Bodi Mobil, Begini 3 Cara Menghindarinya 02

Sebaiknya segera cuci mobil jika terguyur hujan

Jangan biarkan air hujan menempel terlalu lama di tubuh mobil. Segera mandikan mobil atau semprot dengan air bersih setelah mobil diguyur hujan, supaya tak meninggalkan jamur.

Mencuci mobil secara menyeluruh juga sebaiknya dilakukan, ketika mobil baru saja melalui wilayah yang dekat dengan pantai atau bahkan terkena air pantai yang mengandung garam berlebih.

Baca juga: Menghilangkan Jamur Kaca Mobil Gak Perlu Pakai Obat Kimia, Coba 3 Alat Sederhana Ini

3. Waspada Kotoran Burung dan Serangga

Musim Hujan Awas Muncul Jamur di Bodi Mobil, Begini 3 Cara Menghindarinya 03

Kotoron burung bisa membekas di permukaan cat mobil

Pada saat perjalanan panjang atau ke luar kota, pastikan bodi mobil aman dari bekas-bekas benturan dengan serangga atau terkena getah pepohonan. Bila ternyata ditemukan kondisi seperti itu, sebaiknya jangan dibiarkan lama dan langsung cuci mobil dengan shampo khusus mobil.

Baca juga: Dibutuhkan Saat Musim Panas, Pilih Pelindung Kaca Mobil Jangan Sembarangan

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Komentar

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru