window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Musim Hujan Bikin Rawan Jamur Kaca Mobil, Begini Cara Deteksi dan Menghindarinya

Ilham · 21 Jan, 2022 12:04

Musim Hujan Bikin Rawan Jamur Kaca Mobil, Begini Cara Deteksi dan Menghindarinya 01

Jamur kaca mobil biasanya timbul akibat bercak air
  • Adanya jamur di kaca mobil bisa mengganggu jarak pandang saat berkendara.
  • Sebaiknya selalu menjaga kebersihan kaca setelah terkena hujan.

Visibilitas merupakan salah satu kunci utama saat mengendarai mobil. Sebagai komponen yang krusial dalam menghadirkan visibilitas di mobil, maka kaca depan wajib bersih.

Sayangnya di musim hujan seperti saat ini, air yang mengenai kac amobil mudah sekali meninggalkan bercak dan jamur. Kondisi tersebut kerap menjadi momok yang cukup meresahkan karena bisa mengurangi visibilitas berkendara.

Untuk itu, kebersihan kaca mobil perlu dijaga guna menghindari menumpuknya kotoran dan jamur yang menyebabkan gangguan jarak pandang. Apalagi saat turun hujan dan malam hari, kurangnya jarak pandang bisa berujung fatal.

Baca Juga: Sering Turun Hujan Tiba-tiba, Waspadai Momen Berbahaya Jalan Basah di Awal Hujan Saat Berkendara

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Cara Mendeteksi Kaca Mobil Mulai Berjamur

Musim Hujan Bikin Rawan Jamur Kaca Mobil, Begini Cara Deteksi dan Menghindarinya 01

Pandangan bakal makin sulit karena terhalang jamur kaca mobil

Sebelum memvonis adanya jamur di kaca, pengemudi harus memastikan bahwa kaca mobil apakah hanya kotor atau sudah mulai muncul tanda-tanda adanya jamur. Paling mudah lakukan pengecekan di malam hari.

Nah, jika jarak pandang pengendara saat melihat objek lain dari arah depan kurang jelas, kondisi tersebut kemungkinan indikasi bahwa kaca mobil berjamur.

Musim Hujan Bikin Rawan Jamur Kaca Mobil, Begini Cara Deteksi dan Menghindarinya 02

Bercak putih tanda jamur di kaca mobil

Langkah berikutnya cek juga kondisi permukaan kaca mobil secara langsung. Caranya, pertama-tama bersihkan kaca dengan ari mengalir dan sabuh khusus mobil..

Setelah bersih dan kering, Anda bisa melakukan pengecekan secara langsung dengan melihat dan memperhatikan detail dari kaca mobil tersebut. Jika terdapat bercak-bercak putih yang terkesan menempel dan tidak hilang walaupun sudah dilap sampai bersih, maka itulah jamur kaca mobil yang menghalangi pandangan Anda tadi.

Penyebab Munculnya Jamur Kaca Mobil

Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT SIS menjelaskan jika munculnya jamur pada kaca mobil disebabkan air yang menempel pada kaca. Sisa tetesan air itu kemudian mengering dengan sendirinya setelah terkena panas atau sinar matahari.

Musim Hujan Bikin Rawan Jamur Kaca Mobil, Begini Cara Deteksi dan Menghindarinya 03

 Jamur menghalangi visibilitas berkendara

Sehingga tetesan air itu akan berbekas seperti kerak yang menempel. Kondisi yang cukup mengganggu tersebut dapat diketahui dan dihindari melalui beberapa tips yang mudah dilakukan.

“Kaca mobil yang berjamur dapat mengurangi visibilitas sehingga meningkatkan potensi kecelakaan. Selain itu, jamur pada kaca juga mengurangi estetika kendaraan dan dapat mengurangi nilai jual kembali kendaraan," katanya.

Baca Juga: Isuzu Panther Keluar Asap dari Dipstick dan Tutup Oli? Bukan Berarti Ngobos!

Cara Menghindari Jamur di Kaca Mobil

Musim Hujan Bikin Rawan Jamur Kaca Mobil, Begini Cara Deteksi dan Menghindarinya 04

Jangan biarkan bekas air hujan menempel terlalu lama di kaca mobil

Rajin membersihkan kaca mobil setelah terkena air hujan adalah kunci dalam menghindari jamur. Pasalnya, air hujan mengandung pH cenderung asam yang dapat mempengaruhi kondisi permukaan kaca mobil.

Sehingga cara terbaik untuk menghindari munculnya jamur tersebut adalah dengan segera mencuci dan mengeringkan mobil yang baru terkena hujan dengan lap bersih.

Musim Hujan Bikin Rawan Jamur Kaca Mobil, Begini Cara Deteksi dan Menghindarinya 05

Pandangan jernih tanpa jamur kaca

Kemudian, ketika kaca mobil terindikasi berjamur, pengendara dapat menghilangkannya dengan menggunakan cairan kimia pembersih khusus untuk perawatan kaca.

Cairan pembersih tersebut selain dapat menghilangkan bercak-bercak jamur pada kaca mobil, sekaligus mengembalikan kondisi kaca menjadi jernih kembali.

Musim Hujan Bikin Rawan Jamur Kaca Mobil, Begini Cara Deteksi dan Menghindarinya 06

Jamur juga sering hadir di spion

Tapi perlu diingat, pemilihan produk pembersih yang berkualitas baik dan tepat akan memberikan hasil yang optimal. Cara lain yang lebih praktis, bisa dengan memboyong mobil ke tukang poles. Meski cara ini jangan dilakukan terlalu sering.

"Langkah-langkah pencegahan kaca berjamur di atas dapat dilakukan secara mandiri. Namun, untuk perawatan yang lebih besar dan perawatan berkala, konsumen kami rekomendasikan untuk membawa mobilnya ke bengkel resmi Suzuki terdekat agar ditangani oleh teknisi berpengelaman,” pungkas Hariadi.

Baca juga : Kaca Mobil Retak? Ini Cara Mudah Memperbaikinya

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil