Naik Hingga Rp30 Jutaan, Apa Bedanya Honda CR-V 2021 Vs Honda CR-V Lama?

Enda · 25 Feb, 2021 16:00

Naik Hingga Rp30 Jutaan, Apa Bedanya Honda CR-V 2021 Vs Honda CR-V Lama? 01

Honda CR-V 2021 Vs Honda CR-V pra facelift

Beberapa waktu lalu PT Honda Prospect Motor (HPM) meluncurkan facelift Honda CR-V 2021. Bermain di segmen Medium SUV, CR-V facelift kini memberikan nilai lebih dengan adanya berbagai teknologi canggih. Ini membuat CR-V semakin aman dan nyaman untuk dikendarai. 

Sebagaimana yang diberitakan pada saat peluncurannya, generasi terbaru CR-V berhasil mendapatkan tampilan yang lebih atraktif dan dinamis berkat konsep “Advancing Greatness” yang dianutnya. Tidak hanya mendapatkan tampilan yang semakin premium, sebagai SUV tulang punggung Honda, CR-V juga mengusung teknologi terbaru serta fitur keselamatan canggih yang dinamai Honda SENSING.

Dengan diberikannya penyegaran serta adanya tambahan fitur, membuat CR-V facelift kini ditawarkan lebih mahal Rp20 jutaan dari generasi pra faceliftnya. Menurut situs resminya, Honda CR-V 2021 dibandrol mulai dari Rp489,000,000 hingga Rp577,000,000.

Memiliki selisih harga hingga Rp31,5 jutaan di tipe tertinggi dengan generasi pra facelift, apa saja perbedaan Honda CR-V 2021 dengan Honda CR-V Lama?

Baca Juga: Pertanyaan Seputar Honda CR-V 2021

Tampilan Luar Honda CR-V 2021 Lebih Maskulin

Naik Hingga Rp30 Jutaan, Apa Bedanya Honda CR-V 2021 Vs Honda CR-V Lama? 02

Tampilan depan Honda CR-V 2021

Honda CR-V 2021 kini mendapat ubahan pada tampilan luar memukau dengan sudut kekar yang maskulin.

New Front Bumper Design dengan tambahan list krom memanjang serta New Black Front Grille. Tampilan depan New Honda CR-V juga ditandai dengan New Sequential LED Turning Signal.

Melihat bagian sampingnya, tidak ada yang spesial bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Hanya saja Honda memberikan desain velg terbaru yang terlihat lebih kekar berukuran 18 inci dilabur warna two-tone.

Bergeser ke bagian belakangnya, CR-V facelift disematkan New Rear Bumper lebih berotot, New Rear Smoked Tail Light, dan Dual Chrome Exhaust Pipe with New Finisher Design.

Melihat Sosok Honda CR-V Pre Facelift, Sudah Cukup Gagah?

Naik Hingga Rp30 Jutaan, Apa Bedanya Honda CR-V 2021 Vs Honda CR-V Lama? 03

Tampilan depan Honda CR-V lama

Melihat Honda CR-V generasi pra facelift yang pertama kali diluncurkan pada 2017, model ini memiliki tampilan yang lebih kalem. Dimana pada lampu utamanya juga sudah menganut teknologi full LED Headlight with LED DRL yang sama. Bicara fog lampnya, generasi ini juga telah menggunakan teknolgi LED.

Menilik bagian sampingnya, generasi terdahulu Honda CR-V juga masih terlihat sama. Hanya saja yang membedakannya adalah desain velgnya. Begitu juga bagian buritannya, generasi pra facelift CR-V terlihat lebih gendut tak begitu berotot.

Desain Interior Masih Sama, New Honda CR-V Dapat Fitur Kekinian

Naik Hingga Rp30 Jutaan, Apa Bedanya Honda CR-V 2021 Vs Honda CR-V Lama? 04

Interior Honda CR-V 2021

Generasi terbaru Honda CR-V dengan model lamanya, sama-sama mendapatkan aksen Wood Panel yang dikombinasikan dengan sentuhan warna perak, yang didominasi dengan warna hitam. Pada joknya juga dilapisi dengan bahan material Leather berwarna hitam.

Akan tetapi, Honda CR-V 2021 kini hadir lebih nyaman dan canggih melalui layar LCD display 5-inch Thin Film Transistor (TFT) Meter yang menampilkan berbagai informasi penting saat berkendara.

Naik Hingga Rp30 Jutaan, Apa Bedanya Honda CR-V 2021 Vs Honda CR-V Lama? 05

Head unit baru 7 inci Honda CR-V 2021

Selain itu, ada juga head unit baru 7 inci yang telah dilengkapi berbagai fungsi seperti AM/FM radio, MP3/WMA, Bluetooth, HDMI port, Smartphone connectivity, AUX input dan USB port termasuk Smartphone Connection.

Baca Juga: Perbandingan Honda CR-V 2021 Vs Mitsubishi Pajero Sport 2021

Pada lingkar kemudinya dapat diatur secara Tilt dan Telescopic dan terdapat Paddle Shift yang juga dibalut material kulit. Stirnya juga dilengkapi dengan Audio Steering Switch dan Hands-Free Telephone Switch untuk memudahkan pengemudi saat berkendara.

Selain itu, CR-V facelift telah dilengkapi dengan fitur canggih seperti New Remote Engine Start yang dapat menghidupkan mesin kendaraan dan AC secara otomatis sebelum memasuki kendaraan.

New Walk Away Auto Lock juga disematkan yang akan mengunci pintu secara otomatis ketika pengendara berjalan sejauh minimal 1,5 meter dari kendaraan. Tidak hanya itu, ada juga New Rain-Sensing Windshield Wiper yang dapat menyeka kaca secara otomatis ketika turun hujan.

Fitur Keselamatan CR-V Facelift Semakin Istimewa dengan Honda SENSING

Naik Hingga Rp30 Jutaan, Apa Bedanya Honda CR-V 2021 Vs Honda CR-V Lama? 06

Honda SENSING

Generasi sebelum facelift dari Honda CR-V 2021, sudah mendapatkan fitur keselamatan berupa 6 Airbags, struktur rangka G-CON+ACETM with side impact beam, teknologi pengereman ABS, EBD+BA, Hill Start Assist, Vehicle Stability Assist, Electric Parking Brake, Auto Brake Hold, dan Emergency Stop Signal.

Bicara mengenai fitur keselamatan, Honda CR-V versi facelift ini berhasil mendapatkan tambahan fitur keselamatan yang dinamakan Honda SENSING namun hanya untuk tipe tertinggi yaitu 1.5 Turbo Prestige.

Fitur keselamatan Honda SENSING yang ada di CR-V facelift antara lain, Adaptive Cruise Control (ACC), Low Speed Follow (LSF), Forward Collision Warning (FCW), Collision Mitigation Braking System (CMBS), Lane Departure Warning (LDW), Road Departure Mitigation (RDM), Lane Keep Assist System (LKAS), dan Auto High Beam (AHB).

Membuka Pintu Bagasi Honda CR-V 2021 Kini Lebih Mudah

Naik Hingga Rp30 Jutaan, Apa Bedanya Honda CR-V 2021 Vs Honda CR-V Lama? 07

Hand-Free Access Power Tailgate Honda CR-V 2021

Sebagai informasi, Honda CR-V 2021 ini juga mendapatkan beberapa fitur unggulan. Dengan adanya Hand-Free Access Power Tailgate, pengguna bisa dengan mudah membuka pintu bagasi hanya dengan menggoyangkan kaki pada sensor akses di bawah bumper belakang dan menutupnya hanya dengan menekan tombol di bagian bawah pintu.

Untuk menambah kenyamanan berkendara, Honda juga menanamkan Driver Attention Monitor yang bisa memberikan peringatan terhadap pengemudi jika konsentrasi berkendara menurun. Apabila roda kemudi cenderung miring ke kiri atau ke kanan secara terus menerus, yang menandakan faktor kelelahan mengemudi maka peringatan di monitor akan muncul untuk meminta pengemudi segera menepikan kendaraannya.

Sebagai catatan, fitur Hand-Free Access Power Tailgate dan Driver Attention Monitor tidak bisa kalian temukan pada generasi pra facelift.

Perbedaan Harga Honda CR-V 2021 Vs Honda CR-V Lama

Meski telah digantikan dengan model terbarunya, stok lama Honda CR-V yang masih tersisa, hingga kini tengah dijual dibeberapa diler di Tanah Air.

Harga Honda CR-V 2021
Tipe Harga Honda CR-V 2021
New Honda CR-V 2.0L  Rp489,000,000
New Honda CR-V 1.5L Turbo     Rp522,500,000
New Honda CR-V 1.5L Turbo Prestige Rp577,000,000
Harga Honda CR-V Pra Facelift
Tipe Harga Honda CR-V 2021
Honda CR-V 2.0L  Rp473,000,000
Honda CR-V 1.5L Turbo     Rp507,000,000
Honda CR-V 1.5L Turbo Prestige Rp545,500,000

Kesimpulan

Tidak hanya soal tampilan, Honda CR-V 2021 juga berhasil disematkan fitur unggulan dan fitur keselamatan lebih lengkap dari generasi sebelumnya. Bicara jantung pacu, pihaknya juga masih menggunakan mesin yang sama dengan generasi pra faceliftnya, yakni 1.5L Turbo dan 2.0L Naturally Aspirated (NA).

Baca juga: Kelebihan dan Kelemahan Honda CR-V 2021

Komentar