Naik Rp5 Jutaan, Daihatsu Terios IDS Cuma Nambah Dua Fitur!

Enda · 14 Sep, 2021 15:30

Naik Rp5 Jutaan, Daihatsu Terios IDS Cuma Nambah Dua Fitur! 01

Daihatsu Terios IDS dibandrol mulai dari Rp216,4 Juta

Setelah Toyota Indonesia meluncurkan Rush GR Sport, kini giliran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yang dikabarkan akan memperkenalkan Daihatsu Terios IDS ke hadapan publik.

“Terios terbaru yang dinamai Daihatsu Terios IDS sebenarnya sudah meluncur awal bulan ini. Untuk update cuma tambahan fitur Eco Idle saja, sama semua varian kini sudah dapat HSA, dan VSC,” ujar salah satu wiraniaga dealer Daihatsu di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara. 

Sebagai informasi, varian teranyar Terios ini akan diperkenalkan secara resmi di hadapan rekan media dan publik pada Jumat pekan ini.

Baca juga:Setelah Rocky, Daihatsu Terios Facelift Mendapatkan Fitur Keselamatan A.S.A?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Hal ini diperkuat dengan adanya undangan resmi yang masuk ke email redaksi autofun.co.id untuk ketersediannya menghadiri acara Daihatsu Terios Improvement.

“Kami ucapkan terima kasih atas kerjasama yang baik dan dukungan terhadap pemberitaan positif Daihatsu selama ini. Demi menjaga dan meningkatkan silaturahmi antara Daihatsu dengan Media, bersama ini kami mengundang Sahabat Jurnalis untuk dapat hadir pada Virtual Daihatsu Press Conference yang dilaksanakan pada Jumat, 17 September 2021 pukul 14.00 – 15.00 WIB,” tulis kalimat dalam undangan.

Naik Rp5 Jutaan, Daihatsu Terios IDS Cuma Nambah Dua Fitur! 01

Harga Daihatsu Terios IDS per September 2021

Menelusuri lebih dalam varian baru Daihatsu Terios IDS, Low SUV tulang punggung Daihatsu ini diketahui dibandrol mulai dari Rp216,4 juta hingga Rp268,9 juta. Sedikit menarik kesimpulan, varian IDS ini ditawarkan lebih mahal Rp5 jutaan dari Terios biasa.

Daihatsu Terios IDS Mendapat Ubahan Tampilan Jadi Lebih Sporty?

Naik Rp5 Jutaan, Daihatsu Terios IDS Cuma Nambah Dua Fitur! 02

Tampilan Daihatsu Terios IDS tetap sama dengan Terios biasa

Seperti yang kami sampaikan sebelumnya, varian terbaru Daihatsu Terios ini tidak mengalami ubahan baik pada tampilan luar maupun dalamnya.

Pada tampilan luarnya masih sama, yang mana terlihat elegan dan sporty berkat adanya grill berukuran besar yang dipadukan lampu berteknologi LED dengan model pipih di bawah bonnetnya yang berotot. Untuk menyesuaikan bantuk secara keseluruhan, pada bumper depannya dibuat berkarakter serta penambahan under guard yang dilabur warna perak.

Naik Rp5 Jutaan, Daihatsu Terios IDS Cuma Nambah Dua Fitur! 03

Tampilan belakang Daihatsu Terios

Bagian sampingnya terlihat adventure berkat adanya side skirt serta over vender yang membawa ciri khas SUV. Untuk tipe R menggunakan velg berpalang 17 inci dengan warna two-tone, sedangkan varian X diaplikasikan velg alloy R16 (gun metal).

Bergeser ke bagian buritan, Terios mendapatkan garnish berukuran besar ditengahnya. Spoiler pada bumpernya sendiri diberi sentuhan warna hitam doff berbahan dasar plastik yang dibuat berotot menyesuaikan lekukan lainnya, yang mana dibawahnya juga terdapat tambahan under guard.

Baca juga: Ini Perbedaan All New Toyota Rush dengan All New Daihatsu Terios

Fitur Unggulan Daihatsu Terios IDS dengan Terios Biasa Terbilang Sama

Naik Rp5 Jutaan, Daihatsu Terios IDS Cuma Nambah Dua Fitur! 04

Fitur unggulan Daihatsu Terios IDS juga sama tak ada yang berubah

Dahatsu Terios IDS dan non IDS memiliki sistem hiburan berupa 2 DIN Touchscreen Audio (2 USB, Aux in, Tuner, Mirroring), Front&2nd Row Speakers, Speed Sensing Auto Door Lock, Back Sonar, Front Power Outlet dan Rear Parking Camera.

Namun, untuk tipe R mendapat beberapa tambahan fitur unggulan demi menunjang kenyamanan berkendara. Antara lain seperti; Meter Cluster with MID, Start Stop Button, Audio & Phone Handsfree Steering Switch, Retractable Outer Mirror, Tweeter & 3rd Row Speaker, Driver Seat Height Adjuster, 2nd Row & 3rd Row Power Outlet, Front Corner Sensor, Auto on Headlamp dan Arround View Monitor.

Mengenai fitur keamanannya, sudah dilengkapi Immobilizer, Integrated key with alarm, dengan Key Free System.

Bukan Cuma Eco Idle, Tipe X dan R Kini Dapat Fitur Keselamatan yang Sepadan

Naik Rp5 Jutaan, Daihatsu Terios IDS Cuma Nambah Dua Fitur! 05

Daihatsu Terios IDS mendapatkan fitur Eco Idle

Daihatsu Terios IDS merupakan identitas generasi terbaru Terios yang mendapatkan fitur Eco Idle. Seperti yang diinformasikan, Eco Idle ini merupakan fitur seperti Idling Stop System dapat mengurangi konsumsi pemakaian bahan bakar yang tidak perlu dan menurunkan emisi gas buang. Dengan begitu, kinerja mesin lebih efisien, hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

Teknologi ini memerintahkan pusat pengendali otak ECU untuk mematikan mesin mobil secara otomatis ketika kendaraan berhenti saat macet dan lampu merah.

Mengetahui fitur keselamatan yang ada di Terios IDS, Daihatsu sendiri telah membenamkan Dual SRS Airbag, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Emergency Stop Signal (ESS), Front Seat Safety Belt with Pretension & Force Limiter, 2nd Row Seatbelt (3 points ELR x2 + 2 Point NR x1), 3rd Row Seatbelt (3 points (ELR x 2), Side Impact beam, Child Safety Lock, 2nd Row Headrest x2, 3rd Row Headrest x2, Front & Rear Stabilzer dan Seatbelt Warnilng Lamp & Buzzer (driver side).

Naik Rp5 Jutaan, Daihatsu Terios IDS Cuma Nambah Dua Fitur! 06

Tipe X Daihatsu Terios IDS kini memperoleh fitur VSC dan HSA

Dan untuk tipe X Daihatsu Terios IDS kini turut mendapatkan fitur keselamatan serupa seperti varian R, yaitu Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA).

Daihatsu Terios IDS Tetap Menawarkan Mesin 1.5L Transmisi Manual dan Otomatis

Naik Rp5 Jutaan, Daihatsu Terios IDS Cuma Nambah Dua Fitur! 07

Mesin 2NR-VE 1.5L pada Daihatsu Terios IDS

Sama seperti Terios biasa, varian IDS dibenamkan mesin 2NR-VE, 4 Cylinder In Line, 16 Valves, DOHC, Dual VVT-i 1.496 cc. Jantung pacunya sendiri diketahui mampu merilis tenaga hingga 104 PS @6.000 rpm serta torsi maksimal 136 Nm @4.200 rpm. Untuk membuatnya dapat berjalan, baik tipe X dan R sama-sama dihadirkan pilihan transmisi manual 5-percepatan serta otomatis 4-percepatan.

Kesimpulan

Daihatsu Terios IDS adalah varian terbaru Terios yang dijual mulai September 2021 dengan harga lebih mahal Rp5 jutaan. Secara tampilan, tipe ini tidak mendapat udpate kosmetik baik pada tampilan luar dan dalam seperti yang dilakukan Toyota terhadap Rush GR Sport.

Hanya saja Daihatsu memberikan tambahan fitur berupa Eco Idle. Dan untuk tipe X, kini juga mendapatkan fitur keselamatan Vehicle Stability Control (VSC) serta Hill Start Assist (HSA).

Baca juga: Ada 7 Varian Daihatsu Terios 2021, Mana Pilihan yang Paling Ideal Untuk Saat Ini?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Daihatsu Terios X M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru