Nasib Honda Mobilio di Ujung Tanduk, Begini Tanggapan Honda Indonesia

Adit · 28 Okt, 2021 19:00

Nasib Honda Mobilio di Ujung Tanduk, Begini Tanggapan Honda Indonesia 01

Honda Mobilio akankan disuntik mati?

Satu per satu hampir seluruh segmen mobil Honda mulai mendapat penyegaran tahun ini. Terbaru ada sedan Honda City dan Civic 2022 yang diluncurkan. Sisa model Low MPV, yakni Honda Mobilio yang belum juga diubah bentuknya sejak pertama kali meluncur 2013 lalu. 

Bahkan sempat tersiar kabar bahwa mobil penumpang itu bakal dipangkas jumlah produksinya. Ke depannya tak semua varian bakal hadir di pasaran. Jadi tinggal menyisakan tipe terendahnya yakni S transmisi manual untuk memenuhi kebutuhan pasar fleet seperti kendaraan taksi dan antar jemput. 

Nasib Honda Mobilio di Ujung Tanduk, Begini Tanggapan Honda Indonesia 02

Honda Mobilio tipe S.

Baca Juga: Honda Mobilio Baru Minim Biaya Perawatan dan Irit Bahan Bakar

Dugaan ini menguat setelah mobil tersebut sudah lama tidak mendapat rombakan yang besar. Beberapa kali hanya disegarkan lewat angkat muka dan ubahan kosmetika. Kemudian hingga penghujung 2021 ini, tak ada tanda-tanda Honda Mobilio terbaru bakal diluncurkan untuk membuatnya kompetitif di segmennya. 

Yang dirilis lebih dulu ternyata Honda BR-V generasi kedua, yang secara umur lebih muda karena pertama kali diluncurkan pada 2016 lalu. Nah apakah ini menjadi kisi-kisi bahwa HPM tak lagi berfokus pada pengembangan rival Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander ini?   

Nasib Honda Mobilio di Ujung Tanduk, Begini Tanggapan Honda Indonesia 01

Honda BR-V 2022.

Business Development and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy angkat bicara terkait hal tersebut. Namun dirinya belum bersedia menjelaskan lebih jelas mengenai nasib dan arah pengembangan Honda Mobilio ke depannya. 

"Itu juga belum bisa kami informasikan sekarang ya, nanti di waktu yang tepat akan kami informasikan Mobilio ke depan. Sampai sekarang Mobilio masih terus diproduksi, seperti itu," terangnya dalam sesi konferensi pers virtual, Kamis (28/10). 

Baca Juga: Honda Mobilio Cuma Laku 1 Unit BR-V Lawas Malah Masih Laris, Tanda SUV Kini Lebih Digemari daripada MPV?

Honda Mobilio Tak Diproduksi Lagi pada September 2021 

Puncaknya pada periode September 2021. Honda Mobilio tak diproduksi lagi. Mengacu data produksi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), tak ada satu pun unit Mobilio yang dibuat dari pabrik Honda pada bulan ke-9 tahun ini.

Ini kemudian memunculkan spekulasi, mobil tersebut sudah tak lagi diprioritaskan. Meskipun pada periode yang sama, pabrikan tetap mendistribusikannya ke diler. Tapi cuma satu unit. Berbanding terbalik dari bulan sebelumnya yang sempat menyuplai 387 unit. 

Nasib Honda Mobilio di Ujung Tanduk, Begini Tanggapan Honda Indonesia 02

Nasib Honda Mobilio di ujung tanduk.

Namun Billy menepis dugaan bahwa Honda Mobilio mulai ancang-ancang disuntik mati. Sejak Oktober ujarnya, mobil yang memiliki basis serupa Honda Brio itu sudah diproduksi lagi di Karawang. Perihal tak ada unit yang dibuat pada September, karena penyesuaian produksi akibat kelangkaan chip semi konduktor. 

"Brio series mengalami kendala chip semi konduktor itu kan termasuk BR-V dan Mobilio. Jadi karena Brio itu adalah kontribusi terbesar kami, kami fokus pada produksi dengan kontribusi besar dulu, memberi prioritas Brio diproduksi," katanya. 

Nasib Honda Mobilio di Ujung Tanduk, Begini Tanggapan Honda Indonesia 03

Honda Mobilio tak lagi diproduksi pada September 2021.

"Bulan lalu Mobilio tidak diproduksi, bulan ini mulai diproduksi kembali karena pemasok semi konduktor mencoba sekuat tenaga memenuhi kekurangan yang terjadi pada bulan-bulan sebelumnya," imbuh Billy.

Baca Juga: Spesifikasi dan Harganya Mirip, Honda Mobilio 2022 Akan Berbasis Shuttle Generasi Terbaru?

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Honda Mobilio S MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru