window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

New Hyundai Palisade Vs Mazda CX-9, Siapa yang Paling Unggul di Segmen Big SUV AWD ?

Enda · 2 Agu, 2022 09:00

New Hyundai Palisade VS Mazda CX-9

Pabrikan otomotif asal Negeri Gingseng, Hyundai, baru-baru ini meluncurkan New Hyundai Palisade di pasar otomotif Tanah Air untuk berhadapan langsung dengan Mazda CX-9. Bermain di segmen Big SUV 7-seater, Palisade facelift dengan penggerak AWD dibandrol Rp1.110 miliar, sedangkan CX-9 AWD diniagakan Rp958,8 juta.

Punya harga baru lebih mahal dari Mazda CX-9 AWD, SUV berlogokan ‘H’ miring tersebut digadang-gadang lebih unggul dari segi spesifikasi. Penasaran ingin mengetahui lebih dekat perbandingan spesifikasi antara New Hyundai Palisade dengan Mazda CX-9 AWD? Simak ulasannya di bawah ini. 

Mazda CX-9 Lebih Panjang Ketimbang New Hyundai Palisade

Mazda CX-9

Mazda CX-9 lebih panjang

Membandingkan ukuran keduanya melalui data di atas kertas, Mazda CX-9 memiliki dimensi lebih besar dari Palisade. Hal ini terbukti dari panjangnya, CX-9 mencapai 5.075 mm, lebar 1.969 mm dan tinggi 1.747 mm. Bicara Hyundai Palisade facelift, untuk panjang mobil ini berada di angka 4.995 mm, lebar 1.975 mm serta tinggi 1.750 mm.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Hyundai Palisade Facelift Juga Meluncur di Australia, Dapat Mesin Bensin V6

Dimensi New Hyundai Palisade Vs Mazda CX-9
Keterangan New Hyundai Palisade Mazda CX-9
Panjang 4.995 mm 5.075 mm
Lebar 1.975 mm 1.969 mm
Tinggi 1.750 mm 1.747 mm

Fitur Unggulan New Hyundai Palisade Vs Mazda CX-9

New Hyundai Palisade

New Hyundai Palisade

New Hyundai Palisade

Tembus di atas Rp1 miliar, tentu nuansa kabin New Hyundai Palisade terasa nyaman sekaligus prestisius. Untuk joknya, mobil ini dibungkus kulit premium jenis Nappa menganut fitur ventilated seat dimana kursi dapat diatur untuk suhunya guna memberikan kesejukan dan kenyamanan ekstra saat dibutuhkan. Selain itu juga terdapat heated seat yang berfungsi untuk memberikan kehangatan pada jok saat berada di suhu rendah.

Sebagai pusat informasi kendaraan, mobil ini dilengkapi TFT Color Touch Display Audio berukuran 12,3 inci yang bisa digunakan dengan mudah untuk mengakses ke pengaturan fitur yang tersedia. Pada seluruh baris tempat duduknya, Palisade juga disematkan port USB untuk pengisian daya baterai, ada juga wireless charger dan touch display audio berukuran 8 inci dengan Infinity premium audio yang menghasilkan kualitas suara tingkat atas

Untuk memberikan kesan nyaman serta meningkatkan gaya berkendara selama perjalanan, mobil ini dibekali jok captain seat, sunroof & panoramic roof, Rear Seat Passenger Talk Mode, serta Wireless Smartphone Charger.

Perlu kalian ketahui, mobil ini juga didukung fitur pintar seperti smart power tailgate. Dengan adanya fitur ini, pintu dapat terbuka secara otomatis yang memungkinkan pemilik mobil untuk mengatur kecepatan membuka serta menutup ketinggian pintu bagasi sesuai dengan keinginan.

Bukan cuma itu, jendela kanan pengemudi dan bagian kiri penumpang depan didukung dengan double-laminated glass yang mana dapat menggerakan jendela secara otomatis.

New Hyundai Palisade

Interior New Hyundai Palisade

Perlu diketahui juga bahwa New Hyundai Palisade dibekali dengan Quiet Mode (Mode tenang) yang akan mematikan speaker di bagian belakang hanya cukup menekan satu tombol.

Paling baru dari New Hyundai Palisade, line up terbarunya turut disematkan Hyundai Bluelink. Seperti yang diketahui teknologi ini memungkinkan penggunanya dapat menghubungkan mobilnya melalui smartphone. 

Hyundai Bluelink sendiri dapat memungkinkan pemilik mobil untuk menghidupkan atau mematikan mesin, mengatur suhu kabin, mengunci atau membuka kunci pintu, menyalakan klakson, menyalakan atau mematikan lampu, mengetahui lokasi parkir kendaraan, dan lain sebagainya melalui smartphone.

Layanan Hyundai Bluelink yang terkandung di dalam New Hyundai Palisade termasuk Stolen Vehicle Tracking & Stolen Vehicle Immobilization, serta Valet Parking Mode.

Mazda CX-9

Mazda CX-9

Mazda CX-9

Menilik kabin SUV termahal Mazda, CX-9 juga diberi sentuhan lapisan Nappa Leather berwarna Brown pada keseluruhan bagian jok. Penggunaan Real Wood Panel pada beberapa bagian interior juga tersematkan untuk mempertegas sentuhan kesan prestisius.

Guna menambah tingkat kenyamanan, mobil ini memperoleh Adjustable Head Restraints yang bisa diatur menyesuaikan sandaran kepala, pengaturan jok elektrik pada sisi samping jok pengemudi dan penumpang bagian depan untuk mengatur tinggi rendahnya jok, serta ventilasi kursi dan pemanas kursi.

Sama seperti Palisade facelift, mobil Mazda CX-9 turut dilengkapi banyak port pengisian daya baterai handphone  serta sunroof yang membuka dan menutupnya hanya dengan menekan pada tombol.

Tak mau ketinggalan dengan New Hyundai Palisade, Mazda CX-9 juga dilengkapi elektrik tailgate yang dapat membuka pintu belakang hanya dengan mendekatkan kaki ke bumper saja.

Melihat sisi kenyamanan berkendara lainnya, sama seperti Palisade, CX-9 sudah dilengkapi dengan Tilt & Telescopic di balik lingkar kemudi yang dapat disesuaikan dengan kenyamanan si pengendara. Pada setir juga sudah tersematkan tombol control untuk menjalankan berbagai perintah dalam fitur.

Mazda CX-9

Interior Mazda CX-9

Bicara sistem hiburannya, CX-9 dibenamkan head unit layar sentuh berukuran 8-inch center display yang menghasilkan kualitas suara terbaik dari BOSE dengan 12 speaker premium sound system, Apple CarPlay, Android Auto, serta kamera 360 derajat yang ditampilkan di MZD Connect.

Fitur MZD Connect ini memberikan kalian koneksi serbaguna melalui bluetooth pada smartphone saat sedang berkendara. Tidak tertinggal wireless smartphone charger yang dapat dengan mudah mengisi daya pada gawai tanpa perlu menyambungkan kabel.

Baca juga: Ada 3 Tipe, Ini Perbedaan Kelengkapan Fitur di New Hyundai Palisade 2022

Sama-sama Dibekali ADAS, Fitur Keselamatan Siapa yang Paling Komplit?

New Hyundai Palisade

New Hyundai Palisade dilengkapi fitur keselamatan Hyundai SmartSense

Dibandingkan dengan generasi pre-facelift, New Hyundai Palisade punya fitur keselamatan yang lebih komplit. Seperti yang bisa kalian lihat, didalamnya kini mendapat fitur keselamatan Hyundai SmartSense yang antara lain; Forward CollisionAvoidance Assist (FCA), Lane Keeping Assist (LKA) & Lane Following Assist (LFA), Blind-Spot Collision Warning (BCW), Blind Spot View Monitor (BVW), Rear View Monitor (RVM) w/dynamic guidelines, Driver Attention Warning (DAW), Rear Cross-Traffic Collision Warning (RCCW).

Selain itu juga terdapat Safe Exit Assist (SEA), High Beam Assist, Manual Speed Limit Assist (MSLA), Smart Cruise Control (SCC) w/Stop and Go, dan Rear Occupant Alert (ROA).

Sebagai fitur keselamatan standar, mobil ini dilengkapi dengan ABS + EBD, Electronic Stability Control (ESC), Vehicle Stability Management (VSM), Hill-start Assist Control (HAC), Emergency Stop Signal (ESS), Multi Collison Brake (MCB), Brake Assist System (BAS), Downhill Brake Control (DBC), Electronic Child Safety Lock System, TPMS, 6 airbags dan rem cakram di semua roda.

Untuk meningkatkan kemanan, New Hyundai Palisade dibekali smart keyless entry with key fob, smart key button, immobilizer, central door lock system, dan burglar alarm.

Mazda CX-9

Mazda CX-9 tersematkan fitur keselamatan i-ACTIVSENSE

Bicara soal fitur keselamatan pada Mazda CX-9, mobil ini dislengkapi G-Vectoring Control Plus atau GVC+ yang menyuguhkan kemampuan terbaiknya untuk membantu pengendaraan di berbagai kondisi jalan. Tak hanya itu, mobil ini juga hadir dengan fitur keselamatan pintar berupa i-ACTIVSENSE.

Pada i-ACTIVSENSE CX-9 meliputi Adaptive Front-lighting System (AFS), Blind Spot Monitoring (BSM), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Lane Departure Warning System (LDWS), Lane Keep Assist System (LAS), Smart City Brake Support (Forward & Reverse) (SCBS F & R), Pedestrian Brake (F) dan terakhir Driver Attention Alert (DAA). Tidak ketinggalan fitur keselamatan standar seperti sistem pengereman ABS, EBD dan Brake Assist (BA), Dynamic Stability Control dan Traction Control, Hill Launch Assist (HLA) dan Emergency Stop Signal (ESS).

Termasuk juga fitur keselamatan pasif berupa 6 titik airbag, Side-impact door beams, Collapsible steering Shaft & injury-minimizing brake pedal, Neck injury mitigation front seats, ISOFIX child-seat anchors For rear seats dan juga struktur rangka kuat Ring Structure unibody construction SKYACTIV-BODY.

Mengandalkan Mesin Diesel 2.2L, New Hyundai Palisade Kalah tenaga dengan Mazda CX-9

Mazda CX-9

Mesin bensin 2.5L turbocharger Mazda CX-9

Untuk jantung pacunya Mazda CX-9 dimodali mesin bensin 2.5L In-line, 4-cylinder DOHC 16 valve Turbocharged yang mampu melecutkan tenaga sebesar 231 PS @5.000 rpm serta torsi 420 Nm @2.000 rpm. Menyoal New Hyundai Palisade, mobil ini mengandalkan mesin R 2.2L CRDi inline 4 cylinder diesel with e-VGT dengan output tenaga 200 PS @3.800 rpm dan torsi 440 Nm @1.750-2.750 rpm.

Mesin Mazda CX-9 Vs New Hyundai Palisade

Keterangan

Mazda CX-9

Hyundai Palisade

Mesin

2.5L In-line, 4-cylinder DOHC 16 valve Turbocharged

R 2.2L CRDi inline 4-cylinder diesel with e-VGT

Kapasitas

2.488 cc

2.199 cc

Tenaga

231 PS @5.000 Rpm

200 PS @3.800 Rpm

Torsi

420 Nm @2.000 Rpm

440Nm @1.750-2.750 Rpm

Transmisi

Otomatis SKYACTIV-DRIVE 6-Percepatan

Otomatis 8-percepatan

Sistem Penggerak AWD AWD

Kesimpulan

Setelah melakukan perbandingan keduanya, secara fitur unggulan serta keselamatan New Hyundai Palisade maupun mazda CX-9 sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun jika bicara soal tenaga, CX-9 mesin bensin berkombusi injeksinya lebih besar karena sudah dilengkapi dengan turbo. Beda halnya torsi, mengandalkan mesin diesel turbocharger, Palisade facelift unggul sehingga akan terasa lebih mudah saat melintasi jalan yang ekstrim.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Hyundai Palisade, SUV Bongsor Korea yang Lebih Menarik daripada Mazda CX-9

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Hyundai Palisade Prime 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil