New Mitsubishi Xpander Exceed Menang Desain Keren, Apakah Bisa Salip Penjualan Toyota Avanza 1.3 E 2022?

Yongki Sanjaya · 17 Nov, 2021 20:00

New Mitsubishi Xpander Exceed Menang Desain Keren, Apakah Bisa Salip Penjualan Toyota Avanza 1.3 E 2022? 01

Tahun ini, beberapa brand kendaraan saling sikut-sikutan berkompetisi di segmen low MPV. Hampir tiap pabrikan meluncurkan model baru, entah itu minor facelift atau all new model. Mitsubishi Xpander hadir dengan desain dan fitur baru yang cukup keren untuk 'menjegal' dominasi Toyota Avanza 2022.

Namun demikian, Xpander sejauh ini seringkali kesulitan menyalip penjualan Toyota Avanza di segmen low MPV. Model andalan kubu tiga berlian ini menduduki posisi kedua penjualan MPV di bawah Toyota Avanza. Muncul anekdot menarik dari rivalitas keduanya.

Mitsubishi Xpander desainnya keren dan kekinian, disukai kalangan muda yang melek teknologi. Tapi Avanza sudah jadi idola kalangan tua yang punya uang. Ada model baru, Avanza yang lama siap dijual.

New Mitsubishi Xpander Exceed Menang Desain Keren, Apakah Bisa Salip Penjualan Toyota Avanza 1.3 E 2022? 01

Tidak keliru memang idiom tersebut, karena cukup banyak kalangan pemilik Toyota Avanza dari kalangan tua yang gaptek tapi duitnya banyak. Toyota tentu tak ingin terlena soal kesuksesan Avanza selama ini, sehingga merilis generasi ketiga yang jauh lebih canggih.

Sebagai informasi, varian terlaris Avanza yaitu dengan mesin 1.3 liter. Dengan fitur yang sederhana, varian tersebut cukup irit dan pastinya harga lebih murah. 

Berbekal platform baru Daihatsu New Global Architecture, apakah Avanza 1.3 bisa mempertahankan dominasinya? Ataukah Mitsubishi Xpander bisa lebih populer?

Toyota Avanza 1.3, Varian Terlaris yang Jadi Favorit Masyarakat

New Mitsubishi Xpander Exceed Menang Desain Keren, Apakah Bisa Salip Penjualan Toyota Avanza 1.3 E 2022? 02

Melihat fakta yang ada, Toyota hanya menyisakan varian 1.3 liter untuk tipe E saja. Avanza tipe G naik pangkat dengan mesin 1.5 liter, tetap hadir dalam transmisi manual dan CVT menggantikan otomatis konvensional. 

Varian yang satu ini begitu banyak peminatnya, dan kini fiturnya tak lagi sederhana. Toyota Avanza dengan harga paling terjangkau, bisa pilih Avanza 1.3 E MT yang harganya dipatok Rp206,2 juta. Tipe E ini sayangnya hanya tersedia dalam transmisi manual.

Avanza 1.3 E MT menggunakan mesin 1NR-VE yang berkubikasi 1.329 cc 4 silinder 16 katup DOHC dengan teknologi Dual VVT-i dan transmisi manual . Mesin ini tertulis mampu menghasilkan tenaga 98 PS di 6.000 rpm dengan torsi puncak 121 NM di 4.200 rpm. 

Kalau di generasi sebelumnya tipe E masih pakai velg kaleng, maka di Avanza terbaru sudah pakai alloy wheel. Bahkan diameternya juga bertambah jadi ring 15 bukan lagi 14 inci. 

New Mitsubishi Xpander Exceed Menang Desain Keren, Apakah Bisa Salip Penjualan Toyota Avanza 1.3 E 2022? 03

Avanza 1.3 E MT juga sudah menggunakan headunit berupa monitor layar sentuh 7 inci, bukan lagi bertipe monochrome. Lantas sistem pengaturan AC juga tetap dengan model digital. 

Fitur default pada Toyota Avanza seperti sofa seat hingga pengaturan jarak kursi hingga 20 cm pastinya ada pada varian 1.3 liter. 

Hal yang perlu diapresiasi adalah pengaturan kursinya yang bisa diatur sebagai long sofa mode. Jadi sandaran kursi baris kedua direbahkan dan headrest adjustable di kursi tersebut dicopot. 

Fitur Keamanan Keselamatan di Toyota Avanza 1.3 2022, Makin Lengkap

New Mitsubishi Xpander Exceed Menang Desain Keren, Apakah Bisa Salip Penjualan Toyota Avanza 1.3 E 2022? 04

Meskipun statusnya 'kasta dua', namun Toyota begitu memperhatikan kelengkapan di varian 1.3 liter karena paling laris penjualannya. Paling dasar yaitu sistem Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Brake-Force Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA) turut disematkan di Toyota Avanza 1.3 2022. Untuk versi 1.300 cc, fitur keselamatan lainnya berupa Dual SRS Airbags untuk pengemudi dan penumpang depan. 

Avanza 1.3 E MT juga belum tersedia juga foglamp, sensor parkir, maupun rear camera. Selain itu, anak kuncinya masih model biasa belum dilengkapi immobilizer bahkan alarm. 

Mitsubishi Xpander Exceed, Update Transmisi dan Penampilannya Bisakah Makin Memikat?

 

New Mitsubishi Xpander Exceed Menang Desain Keren, Apakah Bisa Salip Penjualan Toyota Avanza 1.3 E 2022? 05

Karakter konsumen Mitsubishi Xpander biasanya berjiwa muda atau yang up to date, yang cocok dengan desain mobilnya yang stylish. Tak cuma berubah penampilannya, Xpander juga mendapat beberapa update spesifikasi. 

Dari sekian banyak model, tipe Sport dan Exceed menjadi tipe New Mitsubishi Xpander yang paling populer. Sebagai informasi, tipe Exceed MT dijual seharga Rp240.360.000 dan Exceed CVT Rp248.300.000. Adapun Xpander tipe sport MT dijual Rp258.430.000 dan tipe CVT Rp270.440.000. 

Secara posisi harga, New Mitsubishi Xpander jelas lebih mahal daripada Toyota Avanza 1.3 E MT. Namun kita harus menyadari kalau mesin yang diusung Avanza 1.3 E MT kapasitasnya di bawah Xpander. 

New Mitsubishi Xpander Exceed Menang Desain Keren, Apakah Bisa Salip Penjualan Toyota Avanza 1.3 E 2022? 06

Secara head to head, Avanza 1.3 E MT akan berhadapan dengan Xpander tipe Exceed MT. Dengan harga yang cukup mahal tadi, bagaimana soal kelengkapan fitur dan spesifikasi yang dimiliki oleh Xpander Exceed MT? 

Bicara dapur pacu, Mitsubishi New Xpander tipe Exceed MT dibekali mesin MIVEC DOHC 16 Valve dengan spesifikasi Euro4. Mesin tersebut menghasilkan output maksimum 105 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm. Transmisinya manual 5-percepatan. 

New Mitsubishi Xpander Exceed MT, Facelift Nanggung

New Mitsubishi Xpander Exceed Menang Desain Keren, Apakah Bisa Salip Penjualan Toyota Avanza 1.3 E 2022? 07

Ada hal menarik yang perlu jadi catatan kalian yang ingin membeli tipe terbawah Xpander ini. Rupanya Xpander Exceed jadi varian facelift peralihan, maksudnya tidak semua bagian mengalami ubahan desain. Desain dashboardnya masih mempertahankan gaya pre facelift. 

Ubahan desain hanya ada di bagian eksterior, sehingga bila ingin yang sudah update luar dalam maka bisa naik ke tipe Sport. Secara default Xpander Exceed sudah memiliki foglamp, sehingga visibilitas lebih oke di tengah cuaca buruk. 

Karena harganya lebih mahal, Xpander Exceed juga lebih unggul pada sisi safety. Pada Xpander Exceed MT telah memiliki fitur standar seperti Dual SRS Airbags dan parking sensor. 

Fitur pengereman MPV ini juga telah memiliki ABS, BA, dan EBD. Tak luput, Xpander memiliki fitur Hill Start Assist yang bikin percaya diri saat di tanjakan. 

Fitur keamanan di Xpander Exceed juga lebih oke daripada Avanza 1.3 E MT.  Pasalnya, Mitsubishi Xpander tipe Exceed MT memiliki engine mobilizer, selain fitur anti theft alarm, power door lock, dan central lock yang sudah lazim di banyak mobil. 

Kesimpulan

New Mitsubishi Xpander Exceed Menang Desain Keren, Apakah Bisa Salip Penjualan Toyota Avanza 1.3 E 2022? 08

Melihat kelengkapan gitu yang dimiliki, All New Avanza 1.3 E MT sebenarnya tak sampai kalah telak dari sisi fitur yang diusungnya. Kekurangan tersebut bisa dimaklumi karena selisihnya mencapai Rp34 jutaan dengan Xpander tipe Exceed MT. Dengan harga segitu, Avanza 1.3 E MT sudah dapat fitur Vehicles Stability Control dan Hill Start Assist. 

Kelemahan fitur elementer di Avanza 1.3 E MT biasanya bisa diatasi sendiri oleh para pemilik. Misalnya saja nanti pasang foglamp dan pasang kunci dengan immobilizer aftermarket yang harganya relatif terjangkau. Bahkan, ketiadaan sensor dan kamera parkir biasanya diatasi dengan membeli aksesoris kamera parkir aftermarket. 

 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Mitsubishi Xpander GLX M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru