New Toyota Fortuner 2.8 2022 Paling Murah Rp580,9 Juta, Apa Saja yang Berubah?

Enda · 13 Jan, 2022 14:10

New Toyota Fortuner 2.8

New Toyota Fortuner 2.8 resmi diluncurkan di Tanah Air pada Kamis, (13/1) 
  • Desain New Toyota Fortuner 2.8 masih terlihat sama seperti varian mesin bensin 2.7 dan diesel 2.4
  • New Toyota Fortuner 2.8 dibandrol mulai dari Rp580,9 juta sampai dengan Rp684,5 juta

Menjawab akan kebutuhan pasar, PT Toyota Astra Motor (TAM) dengan resmi meluncurkan New Toyota Fortuner 2.8 2022 secara hybrid pada Kamis, (13/1). Sama seperti model sebelumnnya, Fortuner baru terlihat gagah, macho, sekaligus sporty.

“New Toyota Fortuner 2.8 yang kami luncurkan ini tetap mempertahankan DNA ketangguhan, tahan banting sekaligus dapat diandalkan yang mampu melewati berbagai kondisi jalan. Beberapa teknologi yang ada di line up terbaru Fortuner ini tentunya juga kita kembangkan untuk mendapatkan tenaga dan torsi yang lebih memuncak,” ujar Anton Jimmi Suwandy, selaku Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) disela-sela peluncuran New Toyota Fortuner 2.8.

Anton menambahkan, dengan skema pajak emisi Co2, New Toyota Fortuner 2.8 2022 saat ini ditawarkan Rp580,9 juta untuk varian 4x2 2.8 VRZ AT DSL, Rp597,9 juta jenis 4x2 2.8 GR Sport AT DSL dan Rp684,5 juta Fortuner 4x4 2.8 GR Sport AT DSL.

Baca juga: 7 Mobil Baru Mitsubishi Akan Rilis 14 Januari 2022, Termasuk Xpander Versi Mungil

Tampilan New Toyota Fortuner 2.8 Tak Ada yang Berubah

New Toyota Fortuner 2.8

Tampilan depan New Toyota Fortuner 2.8

Seperti yang diketahui sebelumnya, untuk New Toyota Fortuner 2.8 TAM hanya fokus pada teknologi dan mesin. Bicara mengenai tampilannya, SUV 7-seater yang ditopang menggunakan sasis berjeniskan ladder frame ini masih terlihat sama seperti Fortuner yang bekali mesin bensin 2.7 dan diesel 2.4.

Seperti yang bisa dilihat, Fortuner 2.8 tetap mempertahankan lampu utama projector dengan bentuk pipih, grill yang berkarakter, under guard lebar, dan LED DRL dibawahnya. Untuk varian GR Sport sendiri menerima tambahan body kit di bagian terluar bumper yang menampilkan kesan lebih agresif sekaligus sporty.

Untuk bagian sampingnya, model ini juga masih terlihat sama dengan menerima list krom yang ditempelkan di bagian bawah kaca, foot step, serta decal untuk tipe GR Sport. Di sektor lingkar roda, Fortuner 2.8 tersematkan velg alloy 18 inch untuk semua variannya. Hanya saja tipe GR Sport mendapat bentuk yang lebih sporty bermodelkan kipas dengan pewarnaan dual-tone. Sedangkan velg yang diterima tipe VRZ memiliki desain palang yang dilabur dengan warna perak.

New Toyota Fortuner 2.8

Tampilan belakang New Toyota Fortuner 2.8

Dari segi buritannya, semua Fortuner 2.8 berhasil disematkan LED Rear Lamp Combination memberikan siluet tampilan di malam hari yang advance dan classy. Selain itu juga terdapat fitur kick sensor serta power back door yang tentunya memudahkan setiap penggunannya ketika ingin membuka dan menutup pintu bagasi.

“Ingin tampil beda, kami juga memberikan aksesoris tambahan untuk tampilan luar New Fortuner dengan total ada 9 item aksesoris oem yang ditawarkan. Untuk mendapatkannya bisa dipesan saat membeli Fortuner boleh satuan, atau paket lengkap dan bisa dipasang secara langsung,” imbuhnya.

9 aksesoris yang ditawarkan meliputi; Engine Hood List Chrome, Outer Mirror Ornament, Side Body Moulding, Rear License Ornament, Rear Bumper Ornament, Cargo Net, Spare Tire Cover, Sporty Floor Mat dan Air Purifier. 

Tak hanya tampilan luar yang terlihat sama seperti model sebelumnya, dari segi desain interior mobil ini juga tidak mengalami perubahan.

Baca juga: Regulasi Belum Jelas, Harga Mobil LCGC Nggak Lagi Murah

New Toyota Fortuner 2.8

Tampilan interior New Toyota Fortuner 2.8 masih terlihat sama

Seperti yang bisa dirasakan, bagian dalamnya juga disematkan sistem infotaiment berupa head unit 9 inci yang telah mengadopsi teknologi Miracast, Smart Phone Connection dan voice command. Untuk head unit yang digunakan telah mendukung fitur NFC E-Toll Card Checking sehingga memudahkan pengguna ketika mengecek ketersediaan saldo pada uang elektronik.

Selain itu Fortuner juga tambah terlihat advance dengan penyematan New 4.2 Inch Meter Cluster Design, dilengkapi beberapa improvement seperti New TFT Opening Animation, Power Back Door Switch Status Display, Clearance Sonar Detection Status Display, Tire Turning Angle Display, dan SPORT/ECO Mode Display. Sentuhan modern pada area kokpit ini menguatkan excitement penggunanya.

Di sisi lain terdapat tilt & telescopic, Auto AC with dual zone MID, engine start/stop button, rear seat entertainment with illumination, dan surround monitor. Tak hanya itu, kalian juga dapat menemukan Variable Fluid Control (VFC) pada power steeringnya untuk memudahkan pengguna mengendalikan kendaraan ketika melaju di kecepatan tinggi, termasuk saat bermanuver di medan berat.

Fitur Keselamatan Sama, Tenaga Memuncak. New Fortuner 2.8 Bisa Lebih Baik?

New Toyota Fortuner 2.8

Mesin diesel 1GD-FTV berkubikasi 2.755 yang disematkan pada Toyota Fortuner 2.8

New Toyota Fortuner 2.8 dibekali mesin diesel 1GD-FTV berkubikasi 2.755 cc 4-silinder segaris, 16 valve DOHC dengan VN Turbo Intercooler. Melihat pada data, mesin diesel terbesar di kelasnya tersebut mampu memeras tenaga hingga 203,9 PS @3.000 – 4.000 rpm dengan torsi puncak 499 Nm @1.600 – 2.800 rpm.

“Selain menghadirkan pilihan mesin baru yang lebih bertenaga, kami juga perluas varian GR Sport pada New Fortuner ke tipe 4x4 untuk melengkapi performanya yang kini menjadi terdepan di kelasnya,” tambah Anton.

Untuk dapat menempuh kecepatan 0 – 100 km/jam, mesin 1GD yang disematkan pada New Toyota Fortuner 2.8 hanya membutuhkan waktu 11,9 detik. Sedangkan melaju pada kecepatan 60-80 km/jam cukup dengan 2,8 detik.

Sebagai catatan, semua New Toyota Fortuner 2.8 hanya disediakan pilihan transmisi otomatis otomatis 6-percepatan with Sport Sequential Switchmatic. Untuk tipe 4x4 2.8 GR Sport AT DSL sendiri berhasil dipadukan transfer case dengan mode pengaturan H2, H4 dan L4 model putar.

New Toyota Fortuner 2.8

Fitur keselamatan Vehicle Stabilty Control (VSC) pada New Toyota Fortuner 2.8

“New Toyota Fortuner 2.8 yang kita luncurkan ini belum mendapat fitur keselamatan TSS (Toyota Safety Sense) yang kita tahu juga saat ini bisa ditemukan di Raize dan New Avanza. Hal ini dikarenakan untuk demand Fortuner saat ini lebih ke Engine Power yang memerlukan tenaga besar. Meski begitu tidak menutup kemungkinan kedepannya kami mendevelop dan menghadirkan fitur TSS pada Fortuner,” ucap Anton.

Seperti yang diketahui, untuk semua Toyota Fortuner 2.8 berhasil diaplikasikan fitur keselmatan berupa ABS + EBD, dual airbags + knee airbag, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stabilty Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), Trailer Sway Control (TSC), BA (Brake Assist) serta Automatic Traction Control (A-TRC). Selain itu kalian juga bisa menemukan emergency stop signal ELR shoulder adjust with pre-tensioner and load limiter, child proof rear door locks, side door impact beams, dan engine immobilizer.

New Toyota Fortuner 2.8

Fitur  Downhill Assist Control (DAC) di varian GR Sport 4x4

Khusus tipe GR Sport 4x4, New Toyota Fortuner 2.8 mendapat tambahan fitur Limited Slip Differential, 7 airbag (dual + knee + side + curtain shield airbag), dan terakhir Downhill Assist Control (DAC).

Guna mendukung aktifitas pengguna, New Toyota Fortuner 2.8 telah dibekali fitur T Intouch. Menurut fungsinya, fitur ini dapat menghubungkan mobil dengan pemilik menggunakan aplikasi mTOYOTA, sehingga pelanggan dapat terhubung ke semua layanan mobilitas Toyota. T Intouch sendiri bertujuan untuk menjawab kebutuhan pelanggan akan kemudahan dan rasa terhubung dengan mobil.

Harga Toyota New Fortuner per Januari 2022 OTR Jakarta

4x2 2.4 G MT DSL (Spot Order) Rp521.600.000

4x2 2.4 G AT DSL (Spot Order) Rp539.200.000

4x2 2.8 VRZ AT DSL Rp580.900.000

4x2 2.4 VRZ AT DSL Rp570.000.000

4x2 2.7 GR Sport AT Bensin Rp561.000.000

4x2 2.8 GR Sport AT DSL Rp597.900.000

4x2 2.4 GR Sport AT DSL Rp586.900.000

4x4 2.8 GR Sport AT DSL Rp684.500.000

Baca juga: Harga Mobil LCGC Naik Kena PPnBM 3 Persen, Honda Masih Jual Brio Satya Stok Lama

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2021 Toyota Fortuner 2.4 G M/T 4x2

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru