Nggak Mau Kalah dengan Wuling WIND, Ini Teknologi i-SMART yang Bakal Hadir di Jajaran Produk MG

Enda · 23 Apr, 2021 14:00

Nggak Mau Kalah dengan Wuling WIND, Ini Teknologi i-SMART yang Bakal Hadir di Jajaran Produk MG 01

Tampilan aplikasi fitur i-SMART pada produk terbaru MG

Pabrikan otomotif berlogokan oktagonal bercita rasa Inggris jenama China dibawah naungan SAIC Motor, MG memperkenalkan fitur unggulan terbaru yang dinamai i-SMART.

“Fitur i-SMART ini tergabung dalam empat pilar utama, Smart Check, Smart Command, Smart Connect dan Smart Drive atau yang biasa disebut MG Pilot. Fitur ini nantinya dihadirkan pada beberapa model terbaru MG yang bakal meluncur di Tanah Air,” ujar Arief Syarifudin, selaku Marketing & PR Director MG Motor Indonesia.

Adanya fitur i-SMART ini, salah satunya untuk nantinya pengguna dapat mengendalikan dan memantau kondisi kendaraan dari jarak jauh. Selain mendukung pengguna dalam faktor kenyamanan dan keamanan berkendara, I-SMART juga dapat menjalankan beragam fitur menggunakan perintah suara.

Fitur ini langsung mengingatkan kita dengan fitur WIND yang terdapat di Wuling Almaz. Teknologi voice command ini digunakan untuk mengoperasikan fitur yang ada di mobil. 

Penasaran dengan empat pilar apa saja yang terkandung di dalam fitur i-SMART? Berikut penjelasannya.

Smart Check

Nggak Mau Kalah dengan Wuling WIND, Ini Teknologi i-SMART yang Bakal Hadir di Jajaran Produk MG 02

Ketika ingin memamantau posisi kendaraan dari jarak jauh, kalian bisa menggunakan Smart Check melalui aplikasi pada gawai yang terhubung dengan jaringan internet sebelum mendekati mobil.

Apabila kalian lupa memarkirkan posisi kendaraan, dengan menggunakan fitur ini mobil akan mudah ditemukan hanya dengan mengakses menu Find My Car, lalu bunyikan mobil dengan menyentuh tombol 2 Honking/Lighting, maka klakson akan berbunyi dan lampu depan akan berkedap-kedip.

Selain itu, fitur Smart Check juga bisa digunakan untuk mengecek suhu dalam kabin dan dengan sekali sentuh, AC dan mesin dapat dinyalakan bersamaan.

Sebagai infromasi tambahan, melalui aplikasi, kondisi mobil dapat didiagnosa tekanan ban, kapasitas dan kondisi aki dan bensin, apakah ada pintu dan jendela yang terbuka, dan lainnya.

Baca juga: Jadi Pendatang Baru, MG HS Apakah Lebih Irit Dari Honda CR-V?

Smart Command

Nggak Mau Kalah dengan Wuling WIND, Ini Teknologi i-SMART yang Bakal Hadir di Jajaran Produk MG 03

Melalui Smart Command yang tergabung dalam fitur i-SMART, kalian akan merasa dimudahkan dalam menjalankan berbagai fitur pada mobil. Asisten Cerdas ini dapat diakses dengan menekan tombol khusus pada setir, tombol khusus pada layar Infotainment Display, atau semudah mengucapkan “Hello, MG!” dan selanjutnya terserah pengguna.

Jika pengemudi ataupun penumpang merasakan suhu yang panas dalam kabin, cukup mengucapkan kalimat “Hello, MG! Maximum AC temperature,” maka teknologi i-SMART ini akan otomatis menurunkan temperatur pendingin udara agar lebih sejuk.

Banyak hal lain yang bisa dilakukan menggunakan Smart Command ini, misalnya membuka atau menutup jendela dan sunroof, memainkan musik serta radio, mencari alamat di peta, dan pada dasarnya bertujuan untuk membantu pengemudi tetap fokus menyetir tanpa harus mengalihkan perhatian ke layar atau tombol-tombol lain selama menyetir.

Smart Connect

Nggak Mau Kalah dengan Wuling WIND, Ini Teknologi i-SMART yang Bakal Hadir di Jajaran Produk MG 04

Sebagai fitur canggih yang tergabung dalam i-SMART, Smart Connect ini dapat membantu mencari sebuah lokasi yang dituju dengan mudah. Hanya dengan menyapa “Hello, MG!” serta dilanjutkan dengan mengucapkan kata “Nav”, maka si Asisten Cerdas ini akan siap mencarikan tujuan pengemudi.

Salah satu contoh dengan menyebutkan kata “Hospital”, maka akan muncul sederet lokasi rumah sakit terdekat dari lokasi mobil. Dari dalam aplikasi, pengguna juga bisa dengan mudah mengakses titik lokasi bengkel dan outlet resmi MG, pom bensin, bank bahkan restoran terdekat.

Baca juga: MG ZS EV 2021 Menjadi Pelengkap Line up Morris Garage di Indonesia

Smart Drive (MG Pilot-ADAS)

Nggak Mau Kalah dengan Wuling WIND, Ini Teknologi i-SMART yang Bakal Hadir di Jajaran Produk MG 05

Demi meningkatkan kualitas serta dapat bersaing secara ketat dengan para kompetitornya, MG juga akan menghadirkan Smart Drive (MG Pilot – ADAS) pada jajaran produk terbarunya. Dengan kehadiran MG Pilot - ADAS, kewaspadaan pengemudi dalam berkendara bahkan semakin ditingkatkan dengan bantuan teknologi pintar.

Beberapa sistem automasi keselamatan berkendara MG Pilot - ADAS yang dapat digunakan pengemudi adalah Active Emergency Braking yang akan otomatis aktif ketika mobil mendeteksi objek di dekatnya seperti pejalan kaki atau sepeda.

Di dalam ADAS sendiri menganut beberapa fitur keselamatan berupa; Adaptive Cruise Control, Lane Keep Assist dengan Lane Departure Warning System, Adaptive Cruise Control, Traffic Jam Assist, Blind Spot Detection, Intelligent High Beam Assist, Intelligent Speed Limit Assist, serta Rear Cross Traffic Alert.

MG HS Duduki Urutan Keempat Sebagai Medium SUV Terlaris Pada Maret 2021

Nggak Mau Kalah dengan Wuling WIND, Ini Teknologi i-SMART yang Bakal Hadir di Jajaran Produk MG 06

MG HS

Sebagai pendatang baru, MG HS mampu memposisikan dirinya berada di urutan keempat. MG HS meraih total angka penjualan secara wholesales sejumlah 75 unit sebagai mobil terlaris selama periode ini.

Mengenai fitur yang ada pada mobil ini, MG HS berhasil disematkan pengaturan tilt dan telescopic steering wheel untuk memudahkan pengemudi dalam mengatur posisi berkendara yang diinginkan. Bicara fitur hiburan, sebagai produk andalan MG HS juga mendapat head unit berukuran 10.1 inci yang dapat terhubung dengan Apple Carplay dan Android Auto.

Oh iya, untuk menambah visibilitas, mobil ini juga behasil diaplikasikan electric panoramic sunroof, yang hanya dapat ditemukan pada varian Ignite saja.

Agar selalu menghasilkan udara yang segar, SUV ini mendapatkan sistem sirkulasi udara yakni PM 2.5 air filter yang dapat menyaring polusi udara seperti debu dan asap. Untuk dapat membuka dan menutup bagasi dengan mudah, fitur berupa power tailgate juga tidak ketinggalan ditawarkan pada mobil ini.

Untuk merasakan performa extra namun masih bisa merasakan efisiensi bahan bakar, MG HS dibenamkan mesin 1.5L 4-silinder 16 katup DOHC TGI 1.490 cc dengan turbocharged ini dapat meletupkan tenaga 162 PS @ 5.600 rpm serta torsi maksimal 250 Nm @1.700 dan 4.400 rpm.

Sebagai informasi, MG telah berdiri hampir 100 tahun. Pusat desain dan permesinan yang kini berlokasi di London secara konsisten menawarkan Brit Dynamic, yaitu rangkaian keunggulan standar pengalaman berkendara yang meliputi desain khas Inggris, handling penuh presisi, tenaga terdepan, dan keselamatan tanpa kompromi.

Kini MG dapat dinikmati di Indonesia dengan mengakses 14 titik outlet resmi yang tersebar di wilayah Medan, Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Malang, Makassar, Manado dan menyusul beberapa kota besar lainnya di Indonesia.

Baca juga: Daftar Medium SUV Terlaris Selama Maret 2021, Wuling Almaz Kembali Menggeser Kejayaan Honda CR-V

Komentar