Nggak Sangka, Fitur Daihatsu Sirion Tipe Ini Ngalahin Toyota Yaris dan Honda Jazz!

Mark Jacob · 25 Okt, 2020 17:00

Nggak Sangka, Fitur Daihatsu Sirion Tipe Ini Ngalahin Toyota Yaris dan Honda Jazz! 01

Bicara Daihatsu Sirion rasanya agak jarang didengar oleh masyarakat Indonesia. Padahal mobil yang ada di segmen hatchback medium ini layak jadi salah satu mobil yang boleh dibeli. Selain punya tampilan oke, fiturnya pun juga bisa dibilang terdepan.

Untuk harganya sendiri, Daihatsu Sirion dijual dengan kisaran harga Rp200 jutaan sampai Rp215 jutaan. Yang cukup menarik, mobil 5 penumpang ini Cuma ditawarkan dalam 2 tipe saja nih. Tipe STD MT dan STD AT. Terus, mana yang layak buat dibeli?

Tipe Daihatsu Sirion

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Daihatsu Sirion cuma ada 2 tipe saja. Yakni tipe STD AT dan STD MT. Untuk tipe STD MT dijual dengan harga Rp200 jutaan. Sedangkan STD AT dijual dengan harga Rp215 jutaan.

Nggak Sangka, Fitur Daihatsu Sirion Tipe Ini Ngalahin Toyota Yaris dan Honda Jazz! 02

Dari segi harga, Daihatsu Sirion sangat layak dibeli karena punya harga lebih terjangkau dibanding Yaris dan Jazz. Selain itu, tampilannya pun enggak jelek-jelek amat kok. Malah kami setuju kalau Daihatsu Sirion ini cocok banget buat anak muda.

Perbedaan Tipe

Lalu apa saja bedanya antara kedua tipe tersebut? Kita bahas tipe STD MT dulu ya. Di bagian eksterior STD MT dilengkapi dengan LED headlamp with follow me home. Ada juga headlamp leveling adjuster dan rear spoiler with high mount stop.

Sedangkan tipe STD AT dibekali dengan LED headlamp with follow me home, leveling adjuster dan ditambah aerokit front design. Ada juga side stone guard dan rear spoiler with high mount stop lamp di bagian belakang.

Soal interior, kedua tipe ini bisa dibilang sama saja tidak ada perbedaan berarti. Hanya bagian transmisinya saja yang berbeda. Bahkan fitur-fitur lainnya pun juga sama persis tanpa adanya perbedaan yang signifikan.

Mesin Daihatsu Sirion

Mesin yang dipakai oleh Sirion sama dengan mesin yang dipakai oleh Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia 1.3. Mesinnya berkode 1NR-VE berkapasitas 1.329 cc, 4 silinder, DOHC, Dual VVT-i. Tenaga yang bisa dikeluarkan mencapai 93 hp @6.000 rpm dan torsi maksimal 119 Nm @4.200 rpm.

Nggak Sangka, Fitur Daihatsu Sirion Tipe Ini Ngalahin Toyota Yaris dan Honda Jazz! 03

Transmisi yang ditawarkan ada dua, yakni manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan. Soal karakter, memang Sirion dibuat lebih fun to drive untuk dinikmati di dalam kota. Walaupun mesinnya sama, tetapi setting mesin tetaplah berbeda.

Pilihan Warna

Ada 5 pilihan warna yang tersedia buat Daihatsu Sirion ini. Mulai dari glittering silver metallic, icy white solid, dark grey metallic, lava red dan electric blue metallic yang menjadi hero color pada Sirion. Kalau kamu sukanya warna apa nih?

Fitur Daihatsu Sirion

Ada fitur apa aja sih di mobil ini? Yang cukup menarik adalah adanya gantungan di belakang jok depan dan adanya pengisian daya di sisi samping jok pengemudi. Fitur ini jadi fitur unik yang jarang ditemui di kelasnya. 

Nggak Sangka, Fitur Daihatsu Sirion Tipe Ini Ngalahin Toyota Yaris dan Honda Jazz! 04

Di bagian tengah mobil ini sudah memakai AC model digital, head unit layar sentuh, spion elektronik, pengaturan tinggi lampu utama, pengaturan tilt steering serta ISOFIX. Ada juga pengaturan pelipatan jok yang mudah untuk mengakomodir membawa barang besar dan banyak.

Fitur lain yang ada pada mobil ini adalah tombol start stop mesin, keyless, front corner sensor, kamera mundur dan airbag di bagian depan dan samping. Nah di bagian setir juga ada tombol pengaturan untuk menu dan pengaturan suara yang bisa membantu pengemudi saat sedang berkendara.

Ukuran Ban

Baik tipe AT maupun MT dibekali velg dan ban dengan ukuran yang sama. Velgnya memakai ukuran 15 inci dengan dibalut ban 185/55. Sedangkan suspensi yang dipakai menggunakan macpherson strut with coil spring di bagian depan. Di belakang memakai torsion beam with coil spring dengan stabilizer.

Nggak Sangka, Fitur Daihatsu Sirion Tipe Ini Ngalahin Toyota Yaris dan Honda Jazz! 05

Kesimpulan

Bagi kamu yang ingin membeli, kami sangat menyarankan untuk membeli Daihatsu Sirion tipe STD AT. Alasan kami adalah kenyamanan saat berkendara di kota yang macet seperti Jakarta menjadi faktor utama membeli mobil transmisi otomatis.

Selisih harganya pun juga tak terpaut jauh, sekitar Rp14 juta antara transmisi manual dan otomatis. Akan lebih nyaman dan menyenangkan jika kamu membeli tipe STD AT. Selain itu, fiturnya pun juga lebih baik sedikit dibanding tipe STD MT yang ditawarkan.

Tapi kalau kamu memang suka transmisi manual, sah-sah aja kok untuk membeli Sirion STD MT. Semuanya tergantung kepada pilihan. Tapi, akan lebih nyaman kalau membeli STD AT.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Daihatsu Sirion STD MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru