window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Nih Penantang Kuat Wuling Mini EV di Indonesia, Harga dan Spesifikasi Mirip

Prasetyo · 27 Okt, 2021 11:03

Wuling Mini EV vs Chery QQ Ice Cream

Wuling Mini EV memang sudah siap melantai di Indonesia. Dugaan kuat mobil ini akan secara resmi diperkenalkan dalam GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. Bahkan kemungkinan besar Wuling Mini EV juga bakal diproduksi di pabrik Wuling yang ada di Cikarang, Jawa Barat.

Meskipun baru memulai perjalanannya dikancah otomotif Nasional, tetapi mobil listrik mungil ini bukan baru dibentuk oleh Wuling. Awalnya terkenal dengan nama Wuling Hongguang Mini EV, kendaraan tanpa BBM itu langsung melejit popularitasnya tak lama berselang setelah mendebut.

Wuling Mini EV vs Chery QQ Ice Cream -1

Penjualannya tembus rekor di Cina

Penjualannya meroket, bahkan mencetak rekor sebagai mobil listrik paling laris setiap harinya. Kondisi yang ada di Cina itu tentu memecut perhatian dari para kompetitor Wuling. Termasuk dari masing-masing produsen otomotif asal negeri sendiri, satu diantaranya Chery.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Melalui Chery QQ Ice Cream, tidak ada yang bisa mengelak kalau mobil ini memang sengaja dirancang untuk langsung menjegal jalan mulus Wuling Mini EV.

Baca juga : Ini Foto-foto Detil Wuling Hongguang EV Macaron, Mobil Listrik Murah yang Viral Sudah Masuk Indonesia

Wuling Mini EV vs Chery QQ Ice Cream Siapa Paling Murah?

Wuling Mini EV vs Chery QQ Ice Cream -2

Chery QQ Ice Cream, dari wujudnya pun mirip Wuling Mini EV

Wuling begitu meraup kesuksesan dengan Mini EV satu diantaranya akibat faktor harga. Banderol yang dipasang pabrikan berlogo "W" itu membuat Mini EV bisa dimiliki oleh seluruh lapisan masyarakat. Bahkan menurut laporan media lokal, mobil ini amat digemari kaula muda atau keluarga muda yang membutuhkan kendaraan ringkas demi menunjang aktifitas hariannya.

Wuling Mini EV vs Chery QQ Ice Cream -3

Mobil listrik paling laris di Cina

Di negara asalnya, untuk tipe Hongguang Mini EV dibanderol mulai dari Rp60 jutaan. Namun untuk yang Mini EV Macaron, harganya sedikit lebih mahal yaitu pada rentang Rp80 juta - Rp90 jutaan. Ini terjadi lantaran versi Macaron punya fitur lebih lengkap. Seperti lampu depan sudah LED dan ditambahan DRL, ada Airbag di sisi pengemudi, ada ABS dan EBD, pakai sensor parkir, ada rear camera, dan ada TPMS (Tire Pressure Management System).

Wuling Mini EV vs Chery QQ Ice Cream -4

Lampu belakang Chery juga sudah LED

Lalu bagaimana dengan harga Chery QQ Ice Cream? Chery baru saja mengumumkan kalau QQ Ice Cream datang dengan tiga varian tipe yang harganya mulai dari 29,9 ribu Yuan sampai 43,9 ribu Yuan atau kira-kira Rp66 jutaan - Rp97 jutaan.

Harga Chery QQ Ice Cream di Cina
Tipe Harga
Pudding 29.900 Yuan (Rp66 jutaan)
Cone 37.900 Yuan (Rp84 jutaan)
Sundae 43.900 Yuan (Rp97 jutaan)

Lalu teknologi apa aja yang sudah ada di QQ Ice Cream? Ternyata begitu mirip dengan Mini EV Macaron. Antara lain lampu depan dan belakang sudah LED yang membentuk huruf U. Kemudian panel instrumennya juga sudah LCD, sudah ada AC, airbag di pengemudi, ada tire pressure alarm, kamera mundur, dan sensor parkir.

Wuling Mini EV vs Chery QQ Ice Cream -5

QQ Ice Cream juga sudah ada airbag

Baca juga : 3 Mobil Chery Ini Dipersiapkan Buat Indonesia, Satu Diantaranya Mobil Listrik

Wuling Mini EV vs Chery QQ Ice Cream Mana yang Paling Jauh Jangkauannya?

Perbandingan Dimensi
Dimensi Wuling Mini EV Macaron Chery QQ Ice Cream
Panjang 2.917 mm 2.980 mm
Lebar 1.493 mm 1.496 mm
Tinggi 1.621 mm 1.637 mm
Jarak sumbu roda 1.940 mm 1.960 mm

Ketika berbicara tentang mobil listrik, tentu yang paling krusial adalah mengenai kemampuan baterai di kendaraan tersebut. Sejauh mana baterai dapat digunakan sebelum akhirnya diisi ulang daya listrik. Serta seberapa kuat baterai memasok energi untuk digunakan motor listrik dalam menghasilkan tenaga.

Wuling Mini EV vs Chery QQ Ice Cream -6

Dasbor Wuling Mini EV Macaron

Sumber tenaga Wuling Mini EV menggunakan baterai 9,3 kWh dan ada yang berkapasitas 13,9 kWh. Daya puncaknya setara 27 PS dengan torsi maksimum 85 Nm. Baterainya dapat digunakan untuk perjalanan hingga 170 km. Dan kalau daya baterai habis bisa diisi ulang menggunakan soket listrik 220V di rumah.

Wuling Mini EV vs Chery QQ Ice Cream -7

Setir Chery QQ Ice Cream

Untuk QQ Ice Cream, Chery menggunakan dua jenis baterai lithium-ion yang berkapasitas 9,6 kWh dan 13,9 kWh. Dikombinasikan magnetic synchronous motor, mobil ini memiliki daya maksimum 27 PS dengan torsi 85 Nm.

Wuling Mini EV vs Chery QQ Ice Cream -8

Desain jok juga mirip Wuling

Kecepatan tertingginya diklaim 100 km/jam dan mampu melaju sejauh 120-170 km. Pada saat baterai kehabisan daya, maka silahkan diisi ulang dengan sumber listirk di rumah selama 6-8 jam. Tapi kalau pakai fasilitas fast charging tentu akan lebih cepat.

Keduanya Akan Bertempur di Indonesia?

Wuling Mini EV vs Chery QQ Ice Cream -9

Mini EV bisa muat 4 orang

Wuling Mini EV memang sudah mendarat di Indonesia. Adapun modelnya adalah Mini EV Macaron meksipun di Cina sebenarnya sudah ada versi facelift dari kendaraan ini. Lalu apakah Chery QQ Ice Cream juga akan masuk ke Indonesia?

Wuling Mini EV vs Chery QQ Ice Cream -10

Jok belakang QQ Ice Cream dibuat terpisah

Dengan rencana Chery comeback melalui nama Chery Motor Indonesia, bukan tidak mungkin QQ Ice Cream juga akan dipasarkan di sini. Terlebih lagi, Chery pernah menyatakan kalau mereka memang berniat menjajakan mobil listrik untuk pasar di Tanah Air.

Wah kalau keduanya ada disini makin beragam deh pilihan mobil listrik murah!

Baca juga : Wuling Mini EV Hadir Di Thailand Dengan Harga Rp170 juta, Apakah Bakal Laku Di Indonesia?

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2021 Wuling Mini EV Upcoming Version

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil