Nih Rahasia Toyota Rush 2021 Bisa Tetap Jadi SUV Terlaris di Indonesia

Yongki Sanjaya · 22 Des 2020 20:00

Sekalipun banyak menuai pro kontra, namun patut diakui kalau Toyota Rush menjadi SUV terlaris di  kisaran harga under Rp 300 juta. Sekalipun banyak pemain baru, namun singgasana Toyota Rush sulit tergoyahkan. Untuk Toyota Rush 2021, apakah prestasinya masih bisa tetap bertahan?

Dahulu, segmen low SUV hanya ada si kembar Rush-Terios yang kemudian masuk Honda BR-V yang ternyata sulit melawan dominasi duet kembar jagoan Astra ini. Hadirnya pemain baru seperti Suzuki XL7 ataupun Mitsubishi Xpander Cross dirasa masih sulit menggoyang dominasi keduanya. 

Apa sih rahasianya Toyota Rush ini bisa menjadi SUV terlaris di Indonesia? Toyota Rush semakin banyak dicari konsumen karena menawarkan sesuatu yang lebih dibanding MPV sejuta umat. Dengan basis dari Toyota Avanza, maka Rush ini seolah jadi paket komplit yang lebih baik dari mobil sejuta umat. 

Toyota Rush 2021, Berpostur Tinggi Nyaman Rasa MPV?

Daya tarik utama dari kendaraan jenis SUV yaitu ground clearance yang tinggi. Untuk generasi kedua ini berusaha menciptakan kenyamanan yang setidaknya setara atau bahkan lebih dibandingkan dengan MPV.

Pasar lebih menyukai kendaraan yang lebih ringan dan efisien seperti jenis SUV maupun crossover. Dengan desain seperti yang diperlihatkan pada Rush, tak heran jika kendaraan jenis ini semakin populer.

Desain yang dibawa oleh SUV modern juga mengedepankan kesan elegan tanpa mengesampingkan fungsionalitasnya. Status sebagai SUV yang disandang oleh Rush menjadikannya sebagai salah satu mobil andalan untuk menjelajah medan lebih berat. 

Tampangnya yang sporty elegan juga masih pantas untuk jalanan perkotaan. Kemampuan Rush bisa beradaptasi di medan berbeda dengan ragam kondisi jalan menjadi nilai plus yang dimiliki oleh mayoritas SUV modern saat ini. 

Pakai Penggerak Roda Belakang, Terbukti Tangguh Daripada Para Rival

Toyota Rush terbaru masih mempertahankan penggerak belakang alias rear wheel drive (RWD). Secara teori memang mobil RWD menjanjikan pengendalian yang lebih bagus, terlebih saat dibawa dalam jalan menanjak ataupun permukaan yang tidak rata. Hal ini pun seolah menegaskan Toyota New Rush sebagai SUV sejati.

Padahal, sekarang ini kebanyakan SUV ataupun crossover memakai penggerak roda depan. Bicara soal kemampuan off road, maka penggerak roda belakang lebih mampu melewati tanjakan yang cukup terjal. Gaya dorong lebih kuat ketimbang gaya tarik sebagaimana yang ada di penggerak roda depan.

Resale Value Toyota Rush Paling Baik

Bicara beli mobil baru, untuk orang Indonesia pasti sudah terpikir bagaimana resale value. Jadi, belum beli mobil sudah memikirkan bagaimana jika mobil ini bisa dijual lagi dengan harga yang bagus. Urusan resale value ini, Toyota Rush terbukti bagus, bahkan bila dibandingkan dengan Daihatsu Terios sekalipun. 

Harga jual mobil bekas sudah pasti turun dari tahun ke tahun. Tapi seberapa besar penurunannya di pasaran, itulah yang jadi pertimbangan calon pembeli mobil baru. Melihat fakta yang ada, depresiasi harga Daihatsu Terios lebih tinggi daripada Toyota Rush.

Tanpa Ban Serep Belakang, Kabin Toyota Rush 2021 Makin Lega

SUV Toyota ini ternyata tak hanya menawarkan tampang luar saja yang menarik. Anda juga bisa menikmati seperti apa lapangnya kabin dari unit ini. Setara dengan apa yang ditawarkan oleh unit MPV, Rush Toyota memiliki 3 baris bangku yang sanggup memuat 1 keluarga besar sekalipun. Bandingkan dengan kendaraan seperti sedan maupun hatchback, maksimal cuma 5 orang.

Dengan bentuk body baru yang dimilikinya, Toyota Rush 2021 pun menawarkan ruang penyimpanan yang lebih banyak. Ban serep yang pindah ke kolong belakang membuat volume bagasi yang besar. 

Ada tambahan ruang 230 mm sebagai dampak dimensinya memanjang. Ini cukup menguntungkan bagi para penumpang sehingga kaki menjadi lebih nyaman. 

Mobil SUV masa kini seperti pada Rush memang sebaiknya punya bagasi yang cukup luas, dengan bangku baris ketiga yang bisa dilipat untuk menambah daya tampung barang.

Kesimpulan 

Melihat fakta yang ada sekarang ini, penjualan wholesales Toyota Rush bisa melampaui Toyota Avanza yang notabene adalah mobil terlaris Toyota selama ini. Konsumen melihat bila Toyota Rush memiliki beberapa poin lebih daripada Toyota Avanza.

Tidak heran, bila Toyota Rush 2021 menjadi SUV terlaris di Indonesia. Perlu modal besar dari pabrikan lain supaya produknya tak kalah laris dari Rush. Mulai dari dukungan purna jual sampai spesifikasi konvensional penggerak roda belakang sudah cukup memikat konsumen mobil SUV di pendalaman kota kecil. 

Komentar

Mobil Terbaru