Nilai Lebih di Fitur Andalan Honda HR-V Prestise

Samuel Tito · 17 Okt 2020 04:30

Honda menurunkan Honda HR-V untuk bertarung di kelas mobil berjenis crossover kompak. Bukan sekedar desain bulat yang unik, disematkan salah satu varian paling bertenaga dan bergengsi. Ini adalah Honda HR-V 1.8L Prestige yang memainkan model yang penuh gairah di keluarganya. Namun sebelum melamar, ada baiknya mengetahui fitur dan potensi apa saja yang ia tawarkan.

Honda HR-V Bodi Kompak tapi Tenaga Badak

Sesuai nama trimnya, model Honda HR-V termahal dibekali booster 1.800 cc di total empat ruang bakar. Dari segi output jelas lebih melimpah dibanding unit 1.500 cc. Tenaga yang menyembur 139 PS pada 6.500 rpm, dimulai dengan tenaga puntir puncak 169 Nm pada 4.300 Nm. Sebagai perbandingan, mesin bertenaga 1.500 cc N / A milik Honda di kelasnya sendiri menyiapkan ekstraksi 120 PS / 145 Nm. Jadi, versi paling mahal dibaca sebagai peningkatan besar dari dasar untuk urusan kinerja.

Tenaga ekstra juga didukung sensasi berkendara yang berpadu sporty dengan elegan. Pasalnya, ia mengusung transmisi CVT untuk menyalurkan tenaga ke roda depan. Konstruksi sabuk dan katrol dikenal karena pengirimannya yang lembut sekaligus memberikan efisiensi bahan bakar yang sangat baik. Namun, selain itu juga terdapat perangkat kesan berkendara yang sporty berupa paddle shifter untuk melancarkan tenaga tendangan sesuai keinginan.

Upaya penghematan bahan bakar juga termasuk pada kemampuan otot balik jantungnya. Ada juga indikator berkendara bernama Eco Assist, yang menginformasikan pengemudi jika gaya berkendara mereka mendukung efisiensi bahan bakar. Daya tarik dihadirkan melalui iluminasi LED di panel instrumen. Ketika bersinar hijau maka kaki Anda mendukung penghematan.

Bertenaga pasti, tapi sebenarnya unit 1.800cc Honda berada pada level sedang. Sebagai gambaran, kompetitor dan alternatif lain dilengkapi dengan booster yang lebih baik. Sebut saja Kia Seltos yang mengusung mesin empat silinder turbo berkapasitas 1.400 cc dengan banderol harga yang lebih terjangkau. Torehan tenaganya bisa sampai 140 PS dan torsinya jauh lebih unggul di 242 Nm. Atau Toyota Corolla Cross, ekstraksi unit 1.800 cc mencapai 140 PS / 171,6 Nm. Pada titik ini, meski bertenaga, Honda tidak menunjukkan taringnya dalam hal potensi keuntungan yang menyembur.

Mesin Honda HR-V
Tipe Mesin 4 Silinder Segaris 16 Katup SOHC i-VTEC
Kapasitas 1,5 liter/1,8 liter
Power Output  

120 PS @ 6.600 rpm (1,5 liter)

139 PS @ 6.500 rpm (1,8 liter)

Torsi    

145 Nm @ 4.600 rpm (1,5 liter)

169 Nm @ 4.300 rpm (1,8 liter)

Eksterior Honda HR-V Atraktif

Mudah untuk mengenali Honda HR-V di kasta teratas. Diferensiasi yang paling jelas adalah penutup kelongsong dengan warna badan, bukan plastik hitam. Bedakan antara orang awam dengan yang mana keturunan sultan. Roda dua warna melengkapi HONDA HR-V Prestige yang mewah, mengadopsi desain palang lima yang mengipasi bak yang berisi membran baling-baling turbin.

Tak hanya kombinasi pakaian dan sepatu, Honda menambah komponen untuk menambah gengsi. Di atap ada sunroof panorama besar yang mendominasi kulit kepala. Lalu, mayoritas pencahayaan berisi sumber LED. Termasuk headlamp, DRL, sein, bahkan fog lamp berasal dari dioda yang menyala - sebagai informasi, lampu utama sudah dilengkapi fungsi auto leveling. Selanjutnya, LED juga menghiasi lampu kombinasi di bagian buntut.

Termasuk menambah kesan mewah, smart entry access juga masuk dalam daftar fitur. Cukup untuk menambah kepraktisan juga. Tanpa perlu interaksi jarak jauh, tombol pada pegangan pintu dapat ditekan untuk membuka kunci.

Fitur dan Kabin Honda HR-V Modern

Gaya interior diselaraskan dengan riasan eksterior melalui penggunaan material. Setidaknya bertebaran panel kulit atau sentuhan lembut saat memasuki kabin. Hal tersebut bisa dirasakan oleh bodi berkat jok kulit dan sentuhan lingkar kemudi pada balutan kulit. Temanya tetap gelap seperti varian lainnya. Meski begitu, Prestige memperkuat aura tersebut melalui penataan ornamen panel ivory yang lembut di dashboard dan door trim.

Meski sudah berkenalan sejak lama, fitur-fitur Honda HR-V di dalam kabin tidak bisa dibilang ketinggalan zaman. Misalnya penunjang berkendara, untuk menghidupkan mesin tinggal tekan tombol start / stop mesin. Kemudian saat sedang berkendara dan memasuki jalan bebas hambatan, beban pengemudi menjadi lebih ringan berkat adanya Cruise Control. Lainnya seperti layar digital kontrol iklim otomatis bersama dengan tombol layar sentuh (kapasitif) menambahkan fungsionalitas pintar.

Hiburan hadir dari head unit layar sentuh 8 inci, mengambang di tengah dasbor. Fungsinya cukup untuk mengakomodasi kebutuhan konektivitas saat ini. Kemampuan koneksi eksternal termasuk port USB, Aux, dan Bluetooth. Anda juga dapat mencerminkan ponsel cerdas Anda melalui Miracast. Begitu terkoneksi, fasilitas hiburan mampu mengoperasikan sejumlah aplikasi smartphone seperti YouTube hingga alat navigasi. Tidak hanya dikontrol dari sistem, set tombol audio di roda kemudi memudahkan penyetelan.

Keamanan Honda HR-V Lengkap

Mewakili varian termahal mungkin menambah harapan akan perangkat keamanan yang lengkap. Jika Anda berharap demikian, HONDA HR-V 1.8L Prestige tidak akan mengecewakan. Terlengkap. Secara spesifik, di lapisan atas menyediakan 6 titik perlindungan kantung udara.

Manuver juga punya penjagaan tersendiri. Ini adalah kombinasi strategis antara Motion Adaptive Power Steering (EPS) dan Vehicle Stability Assist (VSA). Keduanya bekerja sama untuk mengatasi selip saat menikung. VSA secara aktif meminimalkan gejala selip dari putaran roda, kemudian EPS memberikan bantuan dalam mengoreksi roda kemudi sesuai arah yang seharusnya - baik itu oversteer atau understeer terhadap angin dari samping (crosswind).

Memiliki handling guard seperti itu berarti tak perlu mempertanyakan keberadaan Anti-lock Braking System (ABS). Perangkat pengereman tersebut dipadukan dengan Electronic Brake Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA). Kemampuan manuver juga dipermudah untuk Hill Start Assist, Electronic Parking Brake, dan Auto Hold.

Komentar

Mobil Terbaru