window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Nissan Caravan 2022, Pesaing Utama Toyota Hiace yang Kini Fiturnya Makin Lengkap

Evan · 22 Okt, 2021 09:08

Nissan Caravan 2022, Pesaing Utama Toyota Hiace yang Kini Fiturnya Makin Lengkap 01

Toyota Hiace identik digunakan sebagai kendaraan antar jemput travel. Punya jurus utama kabin yang luas dan mesin tangguh, Hiace kelihatan tidak punya lawan sepadan. Meski Hyundai menyertakan H-1 sebagai lawan utama, tetap saja penjualannya kalah jauh.

Padahal jika melihat negara asal Hiace, ada juga satu nama lain yang juga bermain di kelas yang sama, yakni Nissan Caravan. Mobil yang dikenal di pasar Asia Tenggara sebagai NV350 Urvan ini memang sudah lama jadi musuh utama Hiace. 

Baru-baru ini Caravan dapat penyegaran dari sisi eksterior dan juga interiornya, makin nyaman bagi penumpang untuk perjalanan jauh. Yuk kita cek satu-persatu apa saja bedanya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });
Harga Nissan Caravan 2022
Caravan Wagon 2WD Rp507 Juta
Caravan Microbus 2WD Rp465 Juta
Caravan ProStyle 2WD Rp407 Juta
Caravan Multi-bed 2WD Rp457 Juta
Caravan Transporter 2WD Rp441 Juta

Baca juga: Nissan Leaf Bakal Berubah Wujud Jadi Crossover Listrik Mulai Tahun 2025

Hadir Dalam Tiga Model, Eksterior Makin Tampil Kekinian

Nissan Caravan 2022, Pesaing Utama Toyota Hiace yang Kini Fiturnya Makin Lengkap 01

Nissan Caravan Facelift

Nissan menghadirkan Caravan dalam lima pilihan jenis, mulai dari Transporter sebagai mobil Blindvan, Multi Bed bagi ingin memiliki bagasi dan penumpang, model Microbus yang jadi angkutan dan tipe ProStyle yang datang dalam akomodasi lima seater serta bagasi.

Nissan Caravan 2022, Pesaing Utama Toyota Hiace yang Kini Fiturnya Makin Lengkap 02

Tipe Microbus, saingan Hiace

Khusus untuk model NV350 Urvan yang kemungkinan jadi calon lawan Hiace di Tanah Air, ada juga opsi Hi roof agar ruang kepala makin luas.

Nissan Caravan 2022, Pesaing Utama Toyota Hiace yang Kini Fiturnya Makin Lengkap 03

Fascia dengan ciri khas Nissan modern

Bicara soal tampilan luar, Nissan Caravan versi facelift punya muka depan menyesuaikan bahasa desain Nissan masa kini, lewat gril model V-Motion yang sudah dual tone.

Nissan Caravan 2022, Pesaing Utama Toyota Hiace yang Kini Fiturnya Makin Lengkap 04

Sudah LED projector di tipe termahal

Bempernya juga model baru, dilengkapi desain layaknya huruf X dengan sedikit bukaan intake kisi-kisi udara.

Nissan Caravan 2022, Pesaing Utama Toyota Hiace yang Kini Fiturnya Makin Lengkap 05

Nissan Caravan Tipe Wagon

Sisi kiri kanan ada foglamp dan sensor parkir terintegrasi jadi satu housing. Di tipe termahal proyektor LED jadi standar.

Nissan Caravan 2022, Pesaing Utama Toyota Hiace yang Kini Fiturnya Makin Lengkap 06

Tipe Microbus hanya punya pintu samping

Bagian samping dan belakang termasuk minim ubahan dari sebelumnya. Masih mengandalkan bentuk bodi yang mengotak serta sedikit lekukan.

Lampu stoplamp sekarang punya motif desain baru lebih modern, ditambah area kaki-kaki terlihat lebih berisi karena pakai pelek baru.

Baca juga: Perbandingan Nissan Terrano vs Daihatsu Taft Hiline, Mana Jip Off Road Paling Perkasa?

Bisa Menampung Hingga 18 Orang

Nissan Caravan 2022, Pesaing Utama Toyota Hiace yang Kini Fiturnya Makin Lengkap 07

Versi paling mewah hanya lima seater

Berbeda dari Hiace yang pengaturan kursinya terbatas, Caravan justru punya beragam konfigurasi agar menyesuaikan keinginan konsumen. Paling sedikit bisa mengakomodasi lima orang dengan nyaman dan bagasi yang luas.

Nissan Caravan 2022, Pesaing Utama Toyota Hiace yang Kini Fiturnya Makin Lengkap 08

Konfiugrasi hingga 18 kursi

Jika mau mengangkut penumpang sebanyak-banyaknya, ada pilihan 8, 11, 15, hingga 18 kursi sekaligus. Jumlah ini lebih banyak dari Hiace yang terbatas hanya 11, 15, dan 18 kursi.

Nissan Caravan 2022, Pesaing Utama Toyota Hiace yang Kini Fiturnya Makin Lengkap 09

Ubahan menyasar beberapa bagian 

Karena bukan merupakan All New, beberapa bagian di interior Caravan terasa sedikit ketinggalan jaman, khususnya di bagian dashboard.

Meski begitu insinyur Nissan telah berusaha sebaik mungkin menyembunyikan umur asli generasi ini yang sudah ada sejak 2012, dengan merubah warna interior jadi full hitam, serta kombinasi lis warna tembaga dan black piano di beberapa area.

Nissan Caravan 2022, Pesaing Utama Toyota Hiace yang Kini Fiturnya Makin Lengkap 10

Ada opsi kursi angkot juga

Setirnya juga punya desain mirip kepunyaan X-trail yang flatbottom di bagian bawah. Sedangkan panel instrument sendiri ikut dirombak, jadi makin intuitif dan punya MID TFT 5 inci yang lengkap dengan berbagai informasi perjalanan.

Beberapa fitur standar Nissan Caravan di tipe tertinggi antara lain Keyless Entry, Start-Stop Engine, Climate Control AC, Steering Switch, Heater Seat, dan layar hiburan 8 inci.

Baca juga: Kelebihan dan Kelemahan Nissan X-Trail T31, SUV Andalan Polisi dan Militer

Mesin Diesel Paling Laris, Nissan Tetap Tawarkan Intelligent Mobility

Nissan Caravan 2022, Pesaing Utama Toyota Hiace yang Kini Fiturnya Makin Lengkap 11

Mesin diesel YD25DDTI 

Meski memiliki tiga opsi mesin sekaligus dengan dua bensin dan satu diesel, kebanyakan konsumen justru mengincar Caravan dengan mesin berbahan bakar solar. Selain lebih irit, tenaga dan torsinya juga lebih dari cukup untuk keadaan stop and go.

Nissan menyematkan mesin 2.5-liter diesel empat silinder turbo bertenaga 132 PS pada 3.200 rpm dan torsi maksimum 356 Nm di 1.400-3.200 rpm.

Tenaga dan torsi disalurkan ke roda belakang melalui dua pilihan transmisi, yakni otomatis 5 percepatan serta manual 5 percepatan.

Nissan Caravan 2022, Pesaing Utama Toyota Hiace yang Kini Fiturnya Makin Lengkap 12

Sistem keselamatan aktif ADAS turut hadir

Keselamatan juga jadi perhatian bagi Nissan, dimana Caravan versi penyegaran bakal dapat teknologi keselamatan aktif (ADAS) dalam paket Nissan Intelligent Mobility. 

Beberapa fitur yang ada termasuk antara lain Lane Departure Warning (LDW), Intelligent Emergency Brake, Intelligent Active Traction Control, Intelligent Hill Start Assist, dan Intelligent Around View Monitor. Fitur ini tentunya diluar keselamatan pasif yang sudah ada, layaknya Dual Airbags, ABS, EBD, dan BA.

Baca juga: Tengok Kelebihan dan Kekurangan Nissan Terrano, SUV Macho dengan Harga Bekas Terjangkau!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Toyota Hiace STD Manual

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil