window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Nissan Evalia Vs Daihatsu Gran Max Bekas di Harga Rp60 Jutaan, Unggul Mana?

Enda · 27 Agu, 2021 13:30

Nissan Evalia Vs Daihatsu Gran Max Bekas di Harga Rp60 Jutaan, Unggul Mana? 01

Nissan Evalia vs Daihatsu Gran Max

Selang lima tahun peluncuran Daihatsu Gran Max, Nissan Indonesia pada 2012 meluncurkan Nissan Evalia. Kehadirannya untuk turut serta meramaikan pasar otomotif Tanah Air yang fokus bermain di segmen MPV terjangkau berpenampilan boxy.

Mengetahui harga bekas Nissan Evalia lansiran awal, MPV ini kini dibandrol mulai dari Rp60 jutaan. Dengan harga bekas yang sepadan, sebagai alternatif terdapat Daihatsu Gran Max besutan 2008.

Baik antara Nissan Evalia dengan Daihatsu Gran Max, mana yang paling unggul dari segi spesifikasi serta kenyamanan dan keamanan berkendara?

Baca juga: Daihatsu Gran Max Pick Up 1.3 Vs 1.5, Mana yang Cocok Untuk Bisnis?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tampilan Nissan Evalia Lebih Menggoda Dibanding Daihatsu Gran Max

Nissan Evalia Vs Daihatsu Gran Max Bekas di Harga Rp60 Jutaan, Unggul Mana? 01

Nissan Evalia terlihat lebih dinamis

Sebelum mengulas jauh lebih dalam dari keduanya, baiknya kita bahas dari segi tampilannya terlebih dahulu. Seperti yang bisa dilihat, menurut kami Nissan Evalia ini memiliki bentuk yang lebih dinamis dan atraktif bila dibandingkan dengan rival terdekatnya tersebut.

Pada wajah, mobil ini menganut grill V-Motion khas Nissan saat ini dengan kesan yang lebih aerodinamis. Pada bagian sampingnya, bentuk mobil ini terlihat berkarakter dengan tingkat visibilitas pengemudi dan penumpang yang lebih baik.

Hal tersebut dikarenakan kaca samping bagian depannya dibuat melebar. Menengok bagian belakang, meskipun mobil ini berpenampilan boxy, nyatanya pintunya bagasinya tersebut dibuat sedikit membulat untuk menyesuaikan gaya bahasa desain yang dianutnya.

Nissan Evalia Vs Daihatsu Gran Max Bekas di Harga Rp60 Jutaan, Unggul Mana? 02

Tampilan Daihatsu Gran Max terkesan lebih sederhana

Melihat Daihatsu Gran Max, bagi kami tampilan luar mobil ini secara keseluruhan terkesan lebih sederhana dibandingkan Evalia. Seperti yang bisa kalian tengok, bagian depannya ini memiliki bonnet yang lebih pendek dari Nissan Evalia dengan dipadukannya grill pipih berbentuk horizontal disertai lampu utama berbentuk kotak.

Menilik bagian samping daripada mobil ini, terkesan biasa saja layaknya mobil MPV dengan tampilan kotak. Begitupun pada buritannya, Daihatsu Gran Max terlihat simpel tidak banyak diaplikasikannya gaya bahasa desain yang futuristik.

Bicara ukuran, Nissan Evalia sendiri memiliki panjang 4.440 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.850 mm. Sedangkan Daihatsu Gran Max mempunyai panjang 4.045 mm, lebar 1.665 mm dan tinggi 1.900 mm.

Interior Daihatsu Gran Max Kalah Mewah dari Nissan Evalia

Nissan Evalia Vs Daihatsu Gran Max Bekas di Harga Rp60 Jutaan, Unggul Mana? 03

Interior Nissan Evalia lebih mewah

Menengok bagian dalam, Nissan Evalia memiliki interior yang dibungkus dengan bahan material yang terbilang cukup baik sertak busa jok yang terasa lebih tebal. Dengan begitu menjadikan mobil ini tidak terkesan murah meskipun harganya terjangkau.

Pada tampilan dashboardnya tersebut dibuat lapang dengan tetap memperhatikan kesan dinamis dan ergonomis. Kalian juga bisa menemukan beberapa kotak penyimpanan barang serta cup holder pada mobil ini guna meletakan minuman agar tidak mudah tumpah.

Nissan Evalia Vs Daihatsu Gran Max Bekas di Harga Rp60 Jutaan, Unggul Mana? 04

Bagian dalam Daihatsu Gran Max terkesan sederhana

Melihat sisi interior Daihatsu Gran Max, interior mobil ini bagi kami terkesan sederhana. Seperti yang bisa dilihat, tampilan dashboardnya tersebut terlihat simpel dan lapang namum tetap terasa ergonomis bagi beberapa orang yang pernah mencicipinya.

Lapisan dalam yang didominasi dengan warna hitam pada mobil ini ditujukan agar tidak mudah membuatnya terlihat kotor. Namun, kekurangan ada pada jok yang terasa tipis sehingga membuat beberapa penggunannya mudah lelah ketika berkendara cukup lama.

Baca juga: Ini 5 Keunggulan Daihatsu Luxio Yang Layak Jadi Mobil Andalan Bisnis Travel

Adu Fitur Unggulan Nissan Evalia Vs Daihatsu Gran Max, Mana yang Paling Lengkap?

Nissan Evalia Vs Daihatsu Gran Max Bekas di Harga Rp60 Jutaan, Unggul Mana? 05

Mengetahui fitur unggulan yang ada di Nissan Evalia, mobil keluarga ini sudah berhasil diaplikasikan Head Unit with DVD, AM/FM Radio, USB, and AUX, layar LCD 10" Roof Monitor, 4 Speakers, Color MID, Power Door Lock, Front Power Windows, Tray Table with Cup Holders, Lower and Upper Glovebox dan Center Console Box.

Selain itu juga terdapat 2nd Row Center Arm Rest, 1st Row and 2nd Row Seat Folding and Reclining, 3rd Row Tip-Up Foldable Seat, Leather Seat, serta Rear AC vent.

Untuk fitur keselamatanya sudah mendapatkan Rear Parking Sensors, EPS, Driver Airbag, ABS, EBD, Brake Assist, Keyless Entry, Alarm System dan terakhir I-Key System.

Oh iya, sebagai tambahan, kaca spion di bagian samping untuk pengaturannya bisa dilakukan secara otomatis menggunakan tombol  didalamnya.

Nissan Evalia Vs Daihatsu Gran Max Bekas di Harga Rp60 Jutaan, Unggul Mana? 06

Melihat Daihatsu Gran Max, mobil penumpang yang sanggup diisi hingga 9 penumpang sekaligus ini berhasil tersematkan Head Unit single din AM/FM Radio, USB, and AUX, MID, Cup Holders, Lower and Upper Glovebox dan Center Console Box.

Pada baris pertamanya sudah menganut sistem pengaturan Sliding Seat, serta AC vent di bagian depan. Untuk mengatur kaca spionya sendiri masih manual dan menaikan serta menurunkan kaca menggunakan model engkol.

Bicara fitur keselamatannya, Gran Max hanya mengandalkan 3-point ELR Seat Belt yang didukung oleh sistem pengereman cakram di bagian depan disertai Drum Brake pada roda belakangnya.

Daihatsu Gran Max Sudah Menggunakan Per Keong

Nissan Evalia Vs Daihatsu Gran Max Bekas di Harga Rp60 Jutaan, Unggul Mana? 07

Nissan Evalia memakai per daun di roda belakang

Demi menunjang kenyamanan berkendara, pada bagian roda depan Daihatsu Gran Max sudah menggunakan suspensi berjeniskan Mac Pherson Struts dengan per keong dan stabilizer.

Sementara pada bagian belakang menggunakan suspensi 5-link, rigid-axio dengan per keong yang disinyalir mampu memanjakan penumpang belakang.

Berbeda halnya Nissan Evalia, mobil ini memakai suspensi berjeniskan MacPherson Strut with Stabilizer di bagian depan serta Smart Comfort Suspension System (per daun) di roda belakangnya.

Sedikit menarik kesimpulan, bagi kami ayunan supensi yang dihasilkan Nissan Evalia terasa lebih empuk meskipun bagian belakangnya menggunakan per daun.

Kekedapan Suara Nissan Evalia Lebih Unggul?

Nissan Evalia Vs Daihatsu Gran Max Bekas di Harga Rp60 Jutaan, Unggul Mana? 08

Nissan Evalia dirasa lebih kedap suara dari Daihatsu Gran Max

Bicara kekedapan suara, Nissan Evalia jauh lebih unggul dibandingkan Daihatsu Gran Max. Hal ini dikarenakan peredam yang digunakan Evalia lebih tebal. Dengan begitu suara gaya gesek antara permukaan ban dengan aspal serta suara berisik kendaraan lain dari bagian luar mampu diredam lebih baik.

Daihatsu Gran Max Hadir dengan Dua Pilihan Mesin

Nissan Evalia Vs Daihatsu Gran Max Bekas di Harga Rp60 Jutaan, Unggul Mana? 09

Nissan Evalia hadir dengan satu pilihan mesin

Bicara soal jantung mekanis, Nissan Evalia dibekali dengan mesin yang cukup bertenaga yang juga sama persis digunakan Livina lama. Mesin berkodekan HR15DE Dual CVTV DOHC berkapasitas 1.5L 4-silinder segaris ini dapat menghasilkan tenaga 109 PS @5.600 rpm serta torsi maksimal 142 Nm @4.000 rpm.

Tenaga yang dihasilkan dari mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Untuk membuatnya dapat berjalan, putaran tenaga yang diatur menggunakan transmisinya tersebut kemudian ditranslasi melalui kedua roda didepannya (FWD).

Tidak seperti Evalia, Daihatsu Gran Max muncul dengan dua pilihan mesin, 1.3L dan 1.5L. Varian 1.3L diketahui memakai mesin K3-DE DOHC 4-silinder segaris 16 Valve 1.298 cc yang mampu memuntahkan tenaga 88 PS 6.000 rpm dengan torsi maksimal hingga 114 Nm @4.400 rpm.

Daihatsu Gran Max bermesin 1.5L diketahui menggunakan mesin 3SZ-VE, DOHC 16 Valve 4-silinder segaris 1.495 cc dengan teknologi Fuel Injection VVT-i yang sama persis digunakan oleh Luxio dan Terios lama. Secara data, mesin ini mampu melecutkan tenaga maksimal sampai 97 PS @6.000 rpm serta torsi 134 Nm @4.400 rpm. 

Baik mesin 1.3L dan 1.5L dikawinkan transmisi manual 5-percepatan yang kemudian disalurkan ke penggerak roda belakang (RWD).

Kesimpulan

Menarik kesimpulan berdasarkan ulasan dua model MPV keluarga berpenampilan boxy di atas dengan harga bekas yang bersaing, Nissan Evalia jauh lebih unggul baik dari segi spesifikasi, kenyamanan serta keamanan berkendara.

Disisi lain, Evalia hadir dengan opsi transmisi matic yang mana mesinnya diletakan di bagian depan mobil sehingga sangat cocok dignakan sebagai mobil keluarga.

Tidak seperti Daihatsu Gran Max, jantung pacunya ditanamkan di bawah kabin antara baris pertama dan baris kedua yang tentunya mengurangi rasa nyaman berkendara akibat hawa panas yang ditimbulkan.

Walaupun demikian, Daihatsu Gran Max dianggap unggul dibandingkan Nissan Evalia ketika melewati medan berkontur serta perbukitan berkat penggerak roda belakang yang dianutnya.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Nissan Evalia, Mobil Keluarga dengan Harga Terjangkau

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Daihatsu Gran Max MB 1.3 D FH

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil