window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Nissan Grand Livina dan Toyota Avanza, Mana MPV Lawas Terbaik?

Samuel Tito · 23 Okt, 2020 12:00

Nissan Grand Livina dan Toyota Avanza, Mana MPV Lawas Terbaik? 01

Secara historis, Toyota Avanza mengalami persaingan yang sengit pada tahun 2007, setelah sejak tahun 2003 tanpa pesaing yang berarti. Saat itu, untuk pertama kalinya Nissan meluncurkan Multi Purpose Vehicle (MPV) rendah terbarunya, Nissan Grand Livina. Kedua mobil tersebut bersaing menjadi yang terlaris di pasar otomotif Indonesia.

Nissan Grand Livina dinilai berhasil mengacaukan Avanza kala itu. Namun seiring berjalannya waktu, Avanza menunjukkan taringnya dan berhasil merajai pasar mobil. Dari segi spesifikasi kedua mobil ini memang bisa diadu, baik dari segi fitur, fungsionalitas, dan kemampuannya. Selain itu, dari data Gaikindo, kedua mobil tersebut juga masuk dalam kategori yang sama yakni low MPV.

Toyota Avanza dan Nissan Grand Livina, sebenarnya kedua tipe mobil ini diimpikan oleh banyak keluarga. Alasannya karena, kedua mobil ini mampu memuat lebih banyak penumpang dengan dukungan 7 tempat duduk. Kedua mobil ini menyasar level pasar yang sama yaitu low-end dan dijual dengan harga yang tidak berjauhan - meski harga Nissan Grand Livina lebih mahal.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Meski banyak orang mengikuti tren dalam menentukan pilihan dalam membeli mobil. Dan tidak sedikit pula yang memperhatikan faktor lain diantaranya kenyamanan dan efisiensi bahan bakar. Menurut trend, Toyota Avanza sudah tidak perlu ditanyakan lagi, sudah dikenal luas sebagai mobil sejuta umat.

Nah untuk itu, Anda mungkin perlu membaca beberapa pertimbangan berikut ini agar tidak salah memilih kendaraan keluarga yang paling tepat untuk Anda! Nah kedua mobil ini sedang diadu spesifikasi, mana yang lebih unggul?

Dari segi eksterior, Avanza memiliki ukuran yang lebih tinggi dari Livina, namun panjang Livina lebih unggul dari Avanza. Angkanya, Avanza memiliki panjang 4.190 mm, lebar 1.660 mm, dan tinggi 1.695 mm. Sedangkan Nissan Grand Livina memiliki panjang 4.485 mm, lebar 1.700 mm, dan tinggi 1.595 mm.

Dimensi Toyota Avanza
P x L x T 4.190 x 1.660 x 1.695 mm
Jarak Poros Roda 2.655 mm
Dimensi Nissan Grand Livina
P x L x T 4.485 x 1.700 x 1.595 mm
Jarak Poros Roda 2.600 mm

Interior Nissan Grand Livina dan Toyota Avanza

Nissan Grand Livina dan Toyota Avanza, Mana MPV Lawas Terbaik? 01

Untuk interiornya, Nissan Grand Livina bisa dikatakan lebih nyaman dari pada Avanza. Pasalnya, penempatan konfigurasi jok yang disediakan Nissan membuat penumpang depan dan pengemudi semakin nyaman saat berkendara. Di kursi baris kedua, MPV berusia sebelas tahun ini memiliki sandaran tangan jika digunakan untuk 2 penumpang dan kursi baris ketiga bisa dilipat dengan permukaan datar.

Fitur hiburan kedua mobil ini sama-sama menggunakan audio head unit dengan layar sentuh DVD, CD, MP3, koneksi radio (untuk Avanza bisa disambungkan ke AUX, Bluetooth dan iPod). Selain itu, dua varian tertinggi MPV tersebut memiliki fitur New Rear Seat Entertainment untuk penumpang baris kedua dan ketiga.

Mesin Nissan Grand Livina dan Toyota Avanza

Soal dapur pacu, Toyota Avanza hadir dengan dua pilihan, yakni 4 silinder 1.3L dan 4 silinder 1.5L. Sedangkan untuk Nissan Grand Livina, pada awalnya pihak Nissan Indonesia menghadirkan dua pilihan mesin, yakni mesin 1.5L dan mesin berkapasitas 1.8L. Namun pada 2014, Nissan sempat menghentikan produksi Nissan Grand Livina bermesin 1.8L.

Mesin Toyota Avanza

Tipe

1NR-VE 1.3L 16V DOHC Dual VVT-i

2NR-VE 1.3L 16V DOHC Dual VVT-i

Isi Silinder

1.329 cc

1.496 cc

Tenaga Maksimum

95 hp @ 6.000 rpm

102.5 hp @ 6.000 rpm

Torsi Maksimum

120 Nm @ 4.200 rpm

136 Nm @ 4.200 rpm

Transmisi

4-percepatan otomatis dan 5-percepatan manual

Sistem Penggerak

Rear-wheel-drive

Mesin Nissan Grand Livina

Tipe

1.5L HR15DE Twin VTC DOHC

1.8L MR18DE Twin VTC DOHC

Isi Silinder

1498 cc

1798 cc

Tenaga Maksimum

107 HP @6000 rpm

126 HP @5200 rpm

Torsi Maksimum

148 Nm @4400 rpm

174 Nm @4800 rpm

Transmisi

5-Speed M/T (1.5), 6-speed M/T (1.8), 4-Speed A/T (Prefacelift), CVT (Facelift)

Sistem Penggerak

Penggerak Roda depan (FWD)

Efisiensi Bahan Bakar Nissan Grand Livina dan Toyota Avanza

Nissan Grand Livina dan Toyota Avanza, Mana MPV Lawas Terbaik? 02

Pilihan efisiensi bahan bakar harus menjadi pertimbangan pertama dalam membeli kendaraan, karena ini akan berkaitan dengan perhitungan pengeluaran bulanan Anda. Misalnya, orang mungkin menganggap kendaraan ekonomis jika jam pemakaian kendaraannya tinggi.

Nissan Grand Livina merupakan kendaraan yang mengadopsi penggerak roda depan (FWD), hal ini tentunya memiliki efisiensi yang lebih baik dalam penggunaan bahan bakar alias lebih irit. Sebaliknya, Toyota Avanza mengadopsi sistem penggerak roda belakang (RWD). Mobil yang menggunakan sistem penggerak roda belakang bisa lebih boros bahan bakar, karena penyaluran tenaga dari mesin masih harus melalui proses yang lebih lama.

Dengan masih pakai teknologi penggerak roda belakang, maka Toyota Avanza memiliki sudut elevasi / sudut putar roda yang lebih lebar. Hal itu membuat Avanza dapat bermanuver lebih mudah terutama di jalan yang sempit, dibandingkan dengan mobil penggerak roda depan seperti Nissan Grand Livina.

Selain itu, keunggulan sudut putar roda yang lebih besar pada Avanza juga memberikan keunggulan kemudahan saat parkir di area sempit, baik parkir arallel maupun parkir serial.

Kenyamanan Penumpang Nissan Grand Livina dan Toyota Avanza

Nissan Grand Livina dan Toyota Avanza, Mana MPV Lawas Terbaik? 03

Masih membahas tentang penggerak roda. Faktor ini juga sebenarnya menyangkut pada faktor kenyamanan, selain efisiensi bahan bakar. Mobil yang menggunakan FWD juga lebih nyaman dibandingkan dengan mobil yang menggunakan RWD, hal ini dikarenakan sistem distribusi tenaga yang masuk ke roda belakang dapat menimbulkan efek getaran yang tinggi, terlebih jika terdapat masalah seperti keausan.

Sementara itu, masalah suspensi juga menjadi faktor utama dari segi kenyamanan. Meski sama-sama keluaran Avanza dan Nissan Grand Livina menggunakan monoshock, namun kaki-kaki Avanza lebih lantang dibandingkan Nissan Grand Livina.

Dengan demikian penumpang Avanza akan merasa melompat-lompat jika mengikuti jalan yang berlubang. Intinya, Nissan Grand Livina menjanjikan kenyamanan yang lebih lembut bagi penumpangnya, termasuk karena memiliki ground clearance yang lebih rendah (tinggi dari permukaan tanah). Ground clearance yang lebih rendah juga mempengaruhi kestabilan kendaraan pada kecepatan tinggi (mobil balap selalu lebih rendah dari aspal).

Namun kelemahan mobil dengan guncangan yang lebih lembut dan ground clearance yang rendah adalah pada saat melewati jalan yang kurang baik dan berlubang lebih dalam, karena dapat menyebabkan body mobil macet jika terjadi benturan atau benturan dengan benturan. jalan.

Percepatan Nissan Grand Livina dan Toyota Avanza

Namun mobil yang mengadopsi penggerak roda belakang memiliki akselerasi yang lebih cepat dan kuat, terutama jika dijalankan di area yang penuh tanjakan atau pegunungan. Untuk urusan ini, Nissan Grand Livina harus rela mengakui kehebatan Toyota Avanza.

Sedangkan jika Anda berada di jalanan kota dengan jalanan datar, mungkin Toyota Avanza akan disepelekan oleh penggemar Nissan Grand Livina dalam hal kenyamanan berkendara.

Fitur Keamanan Nissan Grand Livina dan Toyota Avanza

Nissan Grand Livina dan Toyota Avanza, Mana MPV Lawas Terbaik? 04

Berbicara soal fitur keselamatan, kedua jenis mobil ini memang didesain cukup aman. Hal ini terutama karena keduanya dilengkapi dengan Anti Break System (ABS), yaitu sistem pengaman yang menjaga roda agar tidak terus menerus memberikan traksi saat pengereman, dan mencegah kunci berbahaya pada roda.

Kedua merk mobil ini juga telah dilengkapi dengan fitur anti tabrakan yaitu besi pengekang bodi agar pengemudi dan penumpang terlindungi jika terjadi benturan samping. Untuk fitur airbag, dua tipe terbaru sudah ada.

Perawatan Nissan Grand Livina dan Toyota Avanza

Toyota merupakan salah satu pabrikan mobil Jepang yang sudah sangat populer di Indonesia, dan sudah memiliki jaringan bengkel yang tersebar luas di seluruh Indonesia. Dengan cara ini, saat Anda melakukan perjalanan jauh, bengkel lebih mudah dijangkau, sehingga Anda akan merasa lebih aman dan nyaman.

Avanza juga dikenal lebih murah dari segi biaya perawatan, sehingga Avanza bisa menjadi pilihan mobil bagi anda yang lebih mementingkan biaya perawatan.

Ini mungkin juga yang menjadi alasan para pelaku bisnis rental lebih memilih Toyota Avanza sebagai pilihan utama armadanya dari sektor mobil MPV. Lebih banyak taksi menggunakan Avanza. Karena perawatannya lebih murah, mungkin pengusaha ini mengira akan mendapat untung lebih tinggi dengan Avanza.

Purnajual Nissan Grand Livina dan Toyota Avanza

Jika dilihat dari sisi purnajual, pasti Avanza punya harga jual kembali paling tinggi. Seperti kita ketahui bersama, Avanza adalah mobil sejuta umat yang paling diminati.

Kesimpulan

Tidak ada yang lebih sempurna tentunya ada kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kami kembali kepada Anda untuk menentukan kendaraan mana yang terbaik untuk Anda.

Sebagai contoh; Jika Anda ingin memilikinya untuk Anda sendiri dan tidak berpikir untuk menjualnya kembali, seperti kecepatan + kelincahan mengemudi, seperti kenyamanan, Anda lebih mobile di daerah datar, anggaran Anda longgar, dan Anda menginginkan mobil yang lebih hemat bahan bakar. Nissan Grand Livina mungkin lebih cocok untuk Anda. .

Atau jika Anda mengira suatu saat akan menjualnya kembali, seringkali melalui daerah pegunungan, tanjakan, jalan rusak, jalan yang padam, dan lebih mementingkan biaya perawatan, Toyota Avanza bisa jadi pilihan Anda.

Samuel Tito

Automotive writer who cover in-depth reports in an easy-to-understand for the readers

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Nissan Livina E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil