window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Nissan Magnite Resmi Diperkenalkan, Mulai Mengaspal 2021

Joe · 24 Okt, 2020 16:30

Nissan Magnite Resmi Diperkenalkan, Mulai Mengaspal 2021 01

Nissan Magnite Resmi Diperkenalkan, Mulai Mengaspal 2021

Nissan Motor Corporation semakin memperkuat line upnya dengan menghadirkan mobil-mobil baru sesuai kenbutuhan masyarakat. Yang paling baru, Nissan memperkenalkan Sport Utility Vehicle (SUV) dengan bodi kompak yang diberi nama Nissan Magnite, Rabu (21/10/2020).

Hadirnya Nissan Magnite juga sebagai bukti keseriusan Nissan dalam menggarap proyek transformasi perubahannya yang sudah dicanangkan sejak beberapa waktu lalu. Terlebih hengkangnya Carlos Ghosn, mantan bos Nissan yang terjerat kasus dan menjadi buronan internasional.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kembali membahas mobilnya, pihak Nissan mengatakan kehadiran Nissan Magnite ini disesuaikan untuk masyarakat urban. Jadi cocok untuk dipasarkan di negara seperti India dan Indonesia.

Maka dari itu, meski didesain di Jepang, pengerjakaannya terinspirasi dari pasar masyarakat India sebagai proyeksi marketnya. Pihak Nissan juga mengatakan, nantinya Nissan Magnite akan dijual mulai tahun depan atau 2021.

Target pasar pertamanya adalah India. Tak heran jika desainnya berkiblat terhadap tren dan ketertarikan pasar Negeri Hindustan. Setelah India, baru Nissan Magnite akan dipasarkan ke negara-negara lain seperti Indonesia karena memang model ini merupakan model global.

Dimensi

Nissan Magnite Resmi Diperkenalkan, Mulai Mengaspal 2021 01

Salah patokan akan pasar India adalah dimensi Nissan Magnite. SUV berbodi mungil ini masuk dalam kendaraan sub 4 meter atau kendaraan dengan panjang kurang dari empat meter yang memang hanya memiliki dimensi yang kecil.

Hal tersebut guna memenuhi standar pajak di India  dimana kendaraan dengan ukuran di bawah empat meter mendapat pajak yang lebih ringan. Minimnya pajak tentu berpengaruh terhadap harga dan daya beli masyarakat urban.

Namun, belum jelas ukuran dimensinya secara spesifik berapa. Pihak Nissan hanya menyebutkan mobil ini akan masuk di kelas sub 4 meter yang artinya panjangnya kurang dari 4 meter dengan ground clearance 205 mm. Cukup tinggi di kelasnya.

Eksterior

Nissan Magnite Resmi Diperkenalkan, Mulai Mengaspal 2021 02

Membahas mobil baru seperti kurang afdol jika tak membahas tampilan luarnya. Seperti yang sudah Autofun sebutkan dalam foto-foto spyshot dan skema bangun rancangnya, Nissan Magnite terlihat cukup mirip dengan blueprint yang beredar di internet beberapa waktu lalu.

Dari tapilan depan, Nissan Magnite tak mengusung bahasa desain V-Motion yang merupakan gaya Nissan yang disematkan di mobil-mobil terbarunya.

Desain grille Nissan Magnite berbentuk hexagonal berkelir hitam dengan list krom di sekelilingnya. Malah mirip dengan desain Datsun yang masih satu perusahaan dengan merek Nissan. Lalu desain lampu depan terlihat garang yang terlihat seperti mata melotot.

Di bawahnya ada daytime running light (DRL) yang dapat berfungsi sebagai sein serta fog lamp kotak kecil di pojok bawah. Keseluruhan sistem pencahayaan lampu depan Nissan Magnite sudah menggunakan LED.

Lalu desain bumper depan juga dibuat mirip-mirip mobil SUV dengan material tahan benturan serta skid plate dengan warna silver. Tak hanya depan, di bagian samping juga menggunakan over fender berwarna hitam doff guna menegaskan gaya lintas alam ala SUV.

Pada bagian kaki-kaki, Nissan Magnite dibekali pelek berukuran 16 inci dengan desain unik mirip kipas. Kaca samping dibagi menjadi tiga bagian dengan kolom C begitu kecil malah terlihat seperti hiasan saja.

Lalu pada bagian atap dibalut warna hitam yang kontras dengan bodi. Kalau istilah zaman sekarang sih two tone yang mendompleng kesan sporty mobil ini. Ada pula roof rail dengan model jepit di atas dan antena.

Namun sayang, antena yang digunakan masih model tanduk dan bukan model sharkfin yang saat ini sedang ngetren di pasaran. Lanjut di bagian buritan, secara desain terlihat cukup dinamis menyesuaikan gaya fascianya.

Namun sayang, lampu belakang masih halogen. berbeda dengan bagian depan yang sudah full LED. Yang cukup menarik adanya wing berkelir hitam yang terlihat pas ukurannya dengan mobil serta adanya skid plate yang senada dengan bagian depan. Hal tersebut mendompleng gaya sporty pada SUV berukuran mini ini.

Interior

Nissan Magnite Resmi Diperkenalkan, Mulai Mengaspal 2021 03

Bagian kabin Nissan Magnite dibalut dengan material berwarna hitam dengan aksen krom di beberapa bagian. Seperti kisi-kisi AC, setir, hingga panel-panel pada pintu seperti gagang dan hand rest.

Yang cukup agresif adalah bentuk kisi-kisi ACnya yang berbentuk hexagonal yang sekilas mirip dengan gaya milik Lamborghini Urus. Senada dengan desain grille depannya.Kabin Nissan Magnite mampu  menanpung 5 orang penumpang.

Pihak Nissan menyebutkan settingan tempat duduk dibuat agak tinggi. Mungkin agar menyimpan legroom karena kaki penumpang tak terlalu menekuk dan pas saat diduduki. Nissan Magnite juga dibekali layar infotainment berukuran 8 inci yang bisa tekoneksi dengan Apple CarPlay dan Android Auto.

Di bawahnya ada AC control yang menggunakan model knob dengan informasi suhu ada di tengah knob dimana cara mengaturnya dengan diputar. Sedangkan pada intrument clusternya, ada layar 7 inci TFT yang menunjukkan informasi untuk pengemudi.

Fitur

Nissan Magnite Resmi Diperkenalkan, Mulai Mengaspal 2021 04

Salah satu yang membuat penasaran adalah, fitur apa yang bakal dibawa mobil sekecil ini?

Pihak Nissan memang belum membagikannya secara spesifik. Mungkin masih dalam proses penggodogan agar harga sesuai dengan pasar.Namun, pihak Nissan mengatakan, Nissan Magnite akan dibekali dengan layar 360 derajat yang tentunya sangat membantu pengendara saat parkir.

Lalu ada juga teknologi Hill Start Assist di mobil ini. Cukup jarang ditemukan untuk mobil di kelasnya. Selain itu, Nissan Magnite juga dibekali fitur keselamatan lain seperti rem ABS dan EBD, sensor parkir belakang, dual airbag system, hingga Vehicle Dynamic Control.

Mesin

Nissan Magnite Resmi Diperkenalkan, Mulai Mengaspal 2021 05

Nissan menghadirkan Magnite dengan patokan regulasi pajak di India  untuk sub 4 meter. Tak hanya dimensi mobil, kubikasi mesin pun berpengaruh dalam aplikasinya. Maka dari itu Nissan membekali SUV mungil ini dengan mesin bensin 1.000 cc turbocharged.

Tak disebutkan secara spesifik soal mesinnya. Namun, sepertinya mesin ini memiliki konfigurasi 1.000 cc tiga silinder yang ditawarkan dengan turbocharged untuk tipe tertinggi dan naturally aspirated untuk tipe di bawahnya.

Perkiraan sih tenaga untuk mesin dengan turbocharger dapat menyentuh angka 96 PS. Mesin tersebut akan ditawarkan dengan transmisi otomatis dan manual.Tak seperti rival-rivalnya yang hadir dengan varian mesin beragam, Nissan Magnite hanya hadir dengan varian mesin bensin. Tak ada pilihan mesin diesel seperti pada KIA Sonet.

Joe

Penikmat adrenalin tinggi melalui kendaraan yang fun to drive

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Nissan Kicks e-Power 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil