window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Nissan March vs Mitsubishi Mirage Bekas, Mana City Car 1.200 Cc Paling Komplit Dari Fitur dan Performa?

Yongki Sanjaya · 14 Feb, 2023 14:00

Nissan March vs Mitsubishi Mirage Bekas, Mana City Car 1.200 Cc Paling Komplit Dari Fitur dan Performa? 01

Bicara soal city car, kini pamornya semakin tersisih sejak pemerintah semakin menggencarkan segmen Low Cost Green Car (LCGC). Meskipun bukan pilihan populer, tapi city car bekas seperti Nissan March atau Mitsubishi Mirage punya pesona tersendiri.

Alasannya, mobil jenis city car yang tak mendapat keringanan pajak PPnBM punya fitur yang lebih proporsional ketimbang versi LCGC. Sebagai informasi, baik Mirage atau March berhenti dijual pada kurun waktu 2018. Secara spesifikasi, keduanya mengusung konfigurasi yang mirip yaitu 1.200 cc 3-silinder.

Baca juga:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sebelum lebih jauh membahas kelebihan masing-masing, kita coba bandingkan harga bekasnya untuk keluaran 2017. Nissan March 2017 termurah dijual seharga Rp96 juta hingga Rp129 juta. Sementara untuk Mitsubishi Mirage pasarannya Rp103 juta. Bedanya tipis, cuma Rp7 juta untuk harga termurahnya.

Dengan harga sedikit lebih mahal, apakah Mirage lebih oke dari March atau malah sebaliknya? Mari kita bandingkan kelebihan Nissan March dan Mitsubishi Mirage bekas.

Nissan March Bekas, City Car Imut dengan Fitur Impresif

Nissan March vs Mitsubishi Mirage Bekas, Mana City Car 1.200 Cc Paling Komplit Dari Fitur dan Performa? 01

Bagi kalian yang mencari mobil mungil dengan kenyamanan oke dan performa tak mengecewakan, Nissan March harus masuk dalam daftar incaran. Tampilan yang membulat, imut-imut, serta minim sudut membuat March cukup disukai kalangan perempuan. 

Jangan underestimate soal jenis mesinnya, karena  Nissan March 1.2L didukung mesin HR12DE yang juga jadi sumber tenaga di balik kap milik Datsun GO dan GO+. Mesin 3-silinder, 1.198 cc dengan daya maksimal 76 PS pada 6.000 rpm. 

Menariknya March 1.2L punya torsi puncak sama seperti 1.5L yaitu sebesar 104 Nm pada 4.000 rpm. Tersedia pilihan manual 5-speed atau otomatis konvensional 4-speed.

Kabin yang Luasnya Proporsional Dengan Fitur Oke

Nissan March vs Mitsubishi Mirage Bekas, Mana City Car 1.200 Cc Paling Komplit Dari Fitur dan Performa? 02

Sebagai city car, Nissan March tergolong punya dimensi yang pas. March 1.2L punya ukuran (PxLxT) 3.780 x 1.665 x 1.525 mm  dengan wheelbase di angka 2.440 mm. Nissan March sanggup membawa dua orang penumpang dewasa di belakang tanpa masalah pada ruang kaki dan kepala. Bagian interior cukup berkelas dengan dominasi warna hitam dan aksen silver. 

Fitur multimedia di mobil ini cukup menarik karena didukung layar sentuh 7 inci yang punya banyak fungsi dan koneksi: ada dukungan Apps, Mirroring, Bluetooth, CD/DVD player, USB, HDMI dan banyak lagi fitur lainnya. Kontrol audio juga bisa dilakukan dari lingkar kemudi khusus varian tertinggi XS.

Kelengkapan Fitur di Nissan March 1.2 Bekas

Nissan March vs Mitsubishi Mirage Bekas, Mana City Car 1.200 Cc Paling Komplit Dari Fitur dan Performa? 03

Masih soal fitur, untuk perlindungan dari sisi keselamatan pun juga cukup baik. Tersedia dua SRS airbags, rem ABS+EBD+BA, sensor parkir 4 titik, ISOFIX + tether. Sementara itu fitur keamanan hanya berupa alarm tanpa immobilizer. 

Pada sisi eksterior, tipe 1.2 kelengkapannya beda tipis dengan versi 1.5. Pengaturan spion sudah elektrik tapi versi 1.2 tidak mendapat fitur electric retract. Lebih lanjut, tipe 1.2 mendapat fitur foglamp hanya di tipe XS. 

Mitsubishi Mirage Bekas, Lebih Mahal Performa Lebih Oke

Nissan March vs Mitsubishi Mirage Bekas, Mana City Car 1.200 Cc Paling Komplit Dari Fitur dan Performa? 04

Bila mencari city car yang penampilannya netral ke segala segmen, Mirage ini cocok sebagai pertimbangan. Desainnya elegan karena dilengkapi dengan muffler cutter dengan lapisan chrome, berikut front body kit yang membuatnya tampil gagah. Spion mobil ini juga didukung spion lipat otomatis dengan lampu sein untuk memberikan kesan aman.

Pada model facellift pertama di 2015, Mitsubishi coba merombaknya sedikit lebih sporty. Modelnya jadi memiliki lubang grille, bumper baru dengan tambahan ornamen krom serta plastik trim hitam. 

Nissan March vs Mitsubishi Mirage Bekas, Mana City Car 1.200 Cc Paling Komplit Dari Fitur dan Performa? 05

Sama-sama bermesin 1.200 cc, Mirage dibekali mesin 3A92 12-valve MIVEC 1.193 cc, yang memproduksi tenaga 77,5 PS dan torsi 100 Nm. Tak heran jika Mirage cukup disukai oleh jiwa-jiwa muda karena tenaganya yang lebih oke.

Secara dimensi, mobil ini panjangnya yaitu 3.710 mm, lebar 1.665 mm dan tinggi 1.510 mm dengan wheelbase 2.450 mm. Untuk pengemudi dan penumpang depan punya ruang kaki yang cukup lapang, sementara ruang belakang tidak terlalu istimewa. 

Interior Mitsubishi Mirage, Elegan dengan Fitur yang Standar

Nissan March vs Mitsubishi Mirage Bekas, Mana City Car 1.200 Cc Paling Komplit Dari Fitur dan Performa? 06

Mitsubishi Mirage punya penampilan yang netral ke segala segmen usia dan gender. Mitsubishi Mirage menawarkan tampilan interior yang lebih kalem dengan aksen hitam. 

Fiturnya oke tapi kurang istimewa, berbekal pengaturan AC sudah digital dan head unit in-dash radio-CD yang belum layar sentuh. Untungnya, pengaturan audio dan beberapa fungsi bisa dilakukan melalui tombol di setir.

Kelengkapan Fitur Pendukung di Mitsubishi Mirage

Pada sisi eksterior, Mitsubishi Mirage sudah didukung foglamp dengan DRL plus daytime running light. Lebih jauh, fitur keselamatannya sudah pakai Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), dual SRS airbags, sensor parkir, Eco Indicator, dan tombol starter pada tipe Exceed.

Kesimpulan

Melihat kelengkapan fitur yang tersedia di kedua mobil, sebenarnya tak berbeda signifikan. Masing-masing punya keunggulan tersendiri yang tak dimiliki oleh lawannya. Sebagai contoh, Mirage unggul dari sisi performa dan desain yang lebih ideal untuk segala kalangan namun fiturnya kalah menarik.

Sebaliknya, March punya fitur yang lebih menyenangkan untuk kenyamanan berkendara. Tenaganya juga hanya kalah tipis bila dibandingkan Mirage. Mungkin yang jadi pertimbangan beli atau tidak yaitu soal desain yang girly. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Nissan March 1.2L MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil