window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Nissan Mitsubishi Sepakat Sama-Sama Produksi Mobil Kecil Listrik, Bakal Dipasarkan Secara Global

Wilko · 7 Jun, 2021 15:00

Kolaborasi Nissan Mitsubishi

Mitsubishi Motor Corporation (MMC) dan Nissan Motor Corporation Ltd telah sepakat tergabung dalam NMKV Corporation Ltd sejak Juni 2011. Kolaborasi ini untuk membangun kemitraan bersama dalam membangun mobil yang bisa saling berbagi platform atau model.

Kedua perusahaan membentuk usaha patungan 50/50 persen untuk menciptakan Kei Car atau mobil mini untuk pasar di Jepang. Kemitraan yang kini berusia satu dekade itu, telah menghasilkan berbagai kei car yang terkenal di negara Sakura tersebut.

Kolaborasi ini terbukti sukses. Dan untuk meneruskannya Nissan-Mitsubishi kembali menggelontorkan dana sebesar 1,2 juta Yen untuk membangun 4 kei car baru. Nantinya semua mobil kecil ini akan dijual oleh masing-masing otoritas.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga : Kekurangan Chip Semikonduktor, Nissan, Suzuki dan Mitsubishi Kurangi Produksi di Jepang, Thailand dan Indonesia

Kei Car Nissan

Nissan sukses dengan model Kei Car di Jepang

Empat Kei Car Nissan-Mitsubishi Sukses di Jepang

Keempat kei car itu adalah Nissan Roox dan Nissan Dayz, sementara Mitsubishi sudah mememiki dua model lainnya yakni eK Space dan eK X Space.

Menariknya empat kei car ini tak hanya mendapat sambutan hangat dari masyarakat Jepang, tetapi juga berhasil meraih penghargaan sebagai "K Car of the Year" pada ajang Car of the Year Jepang 2020-2021.

Kolaborasi mereka tak hanya akan berhenti pada penghargaan. Kabar terbaru, kedua raksasa otomotif Jepang ini akan membangun kei car versi listrik, yang menjadi bagian dari usaha patungan tersebut.

Mitsubishi Kei Car

Dua Kei Car Mitsubishi yang sukses di Jepang

Rencana Buat Kei Car Listrik Hasil Kolaborasi

Pabrik Mizushima Mitsubishi telah menginvestasikan sekitar 8 miliar Yen untuk mempercepat produksi mobil yang juga disebut EV Kei. Sementara itu, NMKV akan terus memperkuat daya saing domestik Nissan dan Mitsubishi Motors dengan merencanakan pembangunan produk baru melalui manajemen proyek bersama

Presiden NMKV Junichi Endo mengatakan mereka berencana membangun kendaraan mini sebagai mobil nasional Jepang. Dengan menggunakan kelebihan teknologi yang dimiliki masing-masing merek, hal ini diyakini akan sangat menarik.

"NMKV akan menggabungkan hal terbaik dari Nissan-Mitsubishi untuk menciptakan kendaraan yang menarik sebagai mini vehicle nasional Jepang. Ke depan, kedua perusahaan akan terus memperkuat sumber kekuatan mereka, kemampuan manufaktur Jepang, dan kolaborasi lintas perusahaan dan lintas fungsi untuk mempromosikan manufaktur kendaraan yang lebih baik melalui kerja tim aliansi,” kata Junichi Endo, mengutip Autoindustriya, Senin (07/06/2021).

Baca juga : Nissan Ariya Limited Edition Resmi Meluncur di Jepang, Harganya Tembus Rp1 Miliar

Nissan-Mitsubishi Collaboration

Kolaborasi Nissan Mitsubishi dengan NMKV

Ingin Pasarkan Kei Car Juga ke Negara Lain

Keunggulan yang dimiliki oleh aliansi Nissan-Mitsubishi ini, nampaknya tidak hanya akan berkibar di rumah sendiri. Dengan NMKV yang memiliki segalanya, produk kei car mereka diyakini juga diminati di luar negeri. 

Kondisi ini membuat Nissan dan Mitsubishi mulai berpikir untuk merentangkan sayapnya lebih jauh dan mulai mengembangkan pembangunan kei car dalam batch berikut tak hanya untuk Jepang secara ekslusif tetapi juga kei car untuk negara lain.

Negara yang mulai menunjukan ketertarikannya adalah Filipina karena mereka menganggap kai car ini sangat rasional untuk mendukung transportasi ibu kotanya.

Baca juga : Pengguna Xpander Berharap Mitsubishi Xpander Hybrid Segera Direalisasikan, Harganya Jangan Lebih dari Rp500 Juta

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil