window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Nissan Perkenalkan Z Proto, Ini Dia Mobil Baru Penerus Sportcar Z Series

Joe · 18 Sep, 2020 05:40

Nissan Perkenalkan Z Proto, Ini Dia Mobil Baru Penerus Sportcar Z Series 01

Nissan Perkenalkan Z Proto, Ini Dia Mobil Baru Penerus Sportcar Z Series

Setelah membocorkan berbagai teaser ke publik, Nissan Motor Corporation akhirnya memperkenalkan sportcar model terbarunya yang diberi nama dengan Nissan Z Proto pada Rabu, 19 September 2020.

Petunjuk mengenai bakal lahirnya mobil yang mengusung nama Z series yang merupakan line up sportcar dari Nissan yang cukup melegenda ini pada Mei 2020 lalu.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Hal tersebut ditunjukkan melalui sebuah video berjudul "Nissan A-Z" yang diunggah melalui akun Youtube resminya.

Melanjutkan kiprah dari Nissan Fairlady 240Z, Nissan Fairlady 280ZX, Nissan 300ZX, sampai Nissan 370Z yang diperkenalkan pada akhir 2008 silam, Nissan Z Proto akan menjadi Nissan Z series generasi kedelapan yang mengaspal.

CEO Nissan, Makoto Uchida menyebutkan, Nissan Z Proto lahir sebagai mobil sport yang modern, namun pada saat bersamaan mobil ini mengusung warisan Z series yang sudah berkiprah sejak 50 tahun lalu.

"Nissan Z series lahir sebagai mobil sport murni. Mobil ini mewakili semangat Nissan," ujarnya melalui siaran resmi yang diunggah melalui situs resmi Nissan.

Bisa dibilang sih, kelahiran generasi kedelapan Nissan Z Proto ini menjadi penanda golden anniversary Nissan Z series di jagat otomotif dunia.

Nissan Perkenalkan Z Proto, Ini Dia Mobil Baru Penerus Sportcar Z Series 01

Makoto Uchida juga menambahkan, tak hanya mengusung semangat Nissan untuk terus menghasilkan mobil yang sporty namun juga bagikan dari proyek Nissan NEXT.

"Nissan Z Proto adalah model kunci dalam rencana transformasi Nissan NEXT kami, dan ini adalah bukti kemampuan kami untuk melakukan apa yang tidak berani dilakukan orang lain, dari A hingga Z. Sebagai penggemar Z series, saya dengan senang hati mengumumkan bahwa Z berikutnya datang," lanjut Makoto Uchida.

Dibuat dan dikembangkan oleh tim desain di Jepang, Nissan Z Proto menawarkan desain eksterior yang segar dan menarik dengan siluet yang menunjukkan rasa hormat terhadap model aslinya.

Dimensinya pun mungil mirip Z series sebelumnya. Panjang mobil ini hanya 4.382 mm dengan lebar 1.850 mm dan tinggi 1.310 mm.

Mobil yang diperkenalkan mengusung warna kuning cerah sebagai bentuk penghargaan untuk skema cat yang populer pada generasi pertama Z dan 300ZX, dan digabungkan dengan paduan skema warna two tone beratap hitam.

Kesan retro juga diperlihatkan dari desain utamanya yang mengikuti root dari Z series lainnya yang minim lekukan tajam dan tampil dinamis.

Seperti yang diperlihatkan pada desain lampu depan teardrop-shaped serta bentuk kap mesin yang mirip dengan Nissan Fairlady 240Z yang laris manis di tahun 1970-an.

Nissan Perkenalkan Z Proto, Ini Dia Mobil Baru Penerus Sportcar Z Series 02

Meski begitu, fascia mobil ini juga memperlihatkan gaya kekinian yang ditunjukkan pada penggunaan LED berbentuk huruf C di tepi atas dan bawah.

Lalu grillenya berbentuk kotak dengan warna hitam seperti ada lubang besar di wajahnya.

Lanjut ke bagian kaki-kaki, Nissan Z Proto menggunakan pelek 19 inci yang dibalut dengan ban bertuliskan namanya.

Sedangkan bagian buritan, Nissan Z Proto mengadopsi desain bodi dari Nissan 300ZX yang juga diaplikasikan pada lampu belakangnya.

Desainnya mungkin retro dengan bentuk kotak dan terbungkus material berkelir black smoke, namun dengan penggunaan LED lampu belakangnya terkesan berkilau.

Diffuser belakang menggunakan warna hitam agar senaga dengan atap dan nampak ada knalpot double muffler di kanan dan kirinya.

Meski lips bumper depan dan berlakang serta side skirt desainnya simpel, namun part tersebut terbuat dari karbon fiber lho bos.

Kesan retro ternyata tak hanya ditunjukkan dari tampilan luar, namun juga interiornya dengan perbaduan warna hitam beraksen kuning yang ada di kursinya.

Lihat saja, ada tiga indikator analog terdapat di dashboard yang membuatnya terlihat klasik.

Meski begitu tetap saja, Nissan menyematkan perangkat modern di sana dengan head unit 2DIN di panel tengah dan layar panel instrument digital berukuran 12,3 inci.

Informasi yang ditunggu-tunggu dari mobil ini tak lain adalah performanya.

Mengenai dapur pacu, Nissan belum memberikan spesifikasi sepenuhnya mengenai Nissan Z Proto.

Nissan Perkenalkan Z Proto, Ini Dia Mobil Baru Penerus Sportcar Z Series 03

Mobil ini akan menggunakan mesin V6 twin turbo dan transmisi manual 6 percepatan meski belum diketahui berapa kubikasinya.

Maka dari itu belum ada informasi lebih lanjut mengenai performa dan sistem kerjanya.

Yang jelas, Nissan Z Proto bukanlah mobil protoripe namun sudah desain final.

Jadi secara tampilan model produksi massalnya akan seperti ini.

Joe

Penikmat adrenalin tinggi melalui kendaraan yang fun to drive

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil