window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Nissan Terra Facelift Muncul di Jalanan Filipina, Apa Indonesia Bakal Kebagian Lagi?

Adit · 6 Agu, 2021 16:00

Belum resmi meluncur di Asia Tenggara, penampakan Nissan Terra fcelift sudah terpergok tengah mengaspal di jalan. Kejadian ini tepatnya di Filipina, sehingga mengindikasikan bahwa SUV ladder frame tersebut juga bakal meluncur di sana dalam waktu dekat.

Nissan Terra Facelift Muncul di Jalanan Filipina, Apa Indonesia Bakal Kebagian Lagi? 01

Credit: Autoindustriya

Nissan Terra facelift sejatinya juga bakal meluncur di negara ASEAN lainnya, bila tak ada aral melintang pada 19 Agustus mendatang dijadwalkan bakal dirilis di Thailand. Sementara di Indonesia, perwakilannya lewat Nissan Motor Distribution Indonesia (NMDI) belum bersedia mengungkapnya. 

Nah balik lagi ke Nissan Terra Filipina, yang menarik adalah wujudnya tanpa selubung kamuflase khas mobil baru. Terlebih bagian pelatnya menggunakan identitas bertuliskan Terra bukan nomor seperti mobil lain. 

Nissan Terra Facelift Muncul di Jalanan Filipina, Apa Indonesia Bakal Kebagian Lagi? 02

Perbedaan Nissan Terra facelift dan pre-facelift. 

Wujud mobilnya persis serupa Nissan X-Terra yang terlebih dulu meluncur di Timur Tengah pada akhir tahun lalu. Nissan X-Terra atau Terra facelift merupakan 1 dari 12 mobil baru yang akan diluncurkan sampai November 21 dalam proyek Nissan Next: From A to Z. Itulah makanya Nissan Terra yang baru debut 2018 langsung disegarkan 2 tahun kemudian supaya unsur barunya kuat, dan siap bersaing dengan kompetitornya.  

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Nissan Terra Facelift Si Penantang Fortuner dan Pajero Sport Siap Meluncur, Kapan Comeback ke Indonesia?

Keseluruhan tampilan Terra coba direvisi oleh desainer Nissan. Dari depan housing lampunya dibuat lebih pipih dan sekarang mengadopsi LED serta pakai alis daytime running light (DRL) baru. Bagian grille dirombak sedikit lebih besar, tapi tetap kuat bahasa desain V-motion dan kini pakai 4 bilah horizontal. 

Adapun bagian lampu kabut memiliki ornamen vertikal mengikuti lekukan bumper yang tegas sehingga mencirikan SUV yang gagah. Tak lupa, dia juga sudah dilengkapi underguard silver agar karakter petualangnya kuat. Sebelumnya Nissan Terra belum dipasang komponen tersebut.

Nissan Terra Facelift Muncul di Jalanan Filipina, Apa Indonesia Bakal Kebagian Lagi? 01

Bagian belakang Nissan Terra facelift ada komponen yang nyeleneh. dok. Autoindustriya

Lanjut ke samping ubahan yang terlihat minim. Paling kentara adalah 'sepatunya' pakai desain velg baru palang 6, yang boleh dibilang mengingatkan velg Honda BR-V. 

Baca juga: Perbedaan Nissan Terra 2021 dengan Model Sekarang, yang Baru Lebih Menarik?

Ada bagian di Nissan Terra facelift yang kurang enak dilihat

Tak cukup merombak tampang, Nissan juga merevisi tampilan buritan. Paling signifikan adalah spoiler yang lebih besar dan housing lampu yang berubah, serta penyematan underguard guna menyesuaikan bagian depan. Sayangnya ada satu bagian yang kurang sedap dipandang dari bagian belakang Nissan Terra yang dijual di Filipina. 

Nissan Terra Facelift Muncul di Jalanan Filipina, Apa Indonesia Bakal Kebagian Lagi? 02

Lengkungan chrome yang tampak aneh

Model terbaru ini tak lagi menggunakan aksen krom yang diletakkan di tengah mengapit kedua lampu belakangnya. Komponen kromnya itu berpindah di bagian bawah kaca pintu bagasi, bentuknya melengkung seakan sebagai sambungan lampu belakangnya. Ibarat wajah, ada pore pack yang ditempel di hidung. 

Desain interior Nissan Terra facelift yang berubah  

Interior juga tampak berubah tak lagi mirip SUV kabin ganda Nissan Navara. Dari foto bocoran dashboard-nya yang dulu terkesan konvensional jadi lebih modern karena desainnya minimalis. Lingkar kemudi juga pakai model flat bottom yang punya rancangan khas Nissan terbaru. 

Nissan Terra Facelift Muncul di Jalanan Filipina, Apa Indonesia Bakal Kebagian Lagi? 03

Desain dashboard Nissan Terra facelift. dok. Autoindustriya

Pada Nissan Terra facelift bagian interiornya pakai dua warna yang kontras. Kisi-kisi AC lebih kecil ronggannya, kemudian terdapat pengaturan AC kenop putar di bawah head unit layar sentuh 9 inci. Konsol tengah juga ikut berubah ternyata, cluster tuas transmisi menyambung dengan cup holder dan konsol boks. 

Bocoran mesin Nissan Terra 

Meskipun untuk pasar Thailand mendapat jantung mekanis baru berupa mesin diesel 2.300 cc twin turbo, untuk pasar Filipina kabarnya akan tetap menggunakan dapur pacu lama. Berupa mesin YD25DDTi 2.500 c turbo bertenaga 188 dk dan torsi 450 Nm. 

Nissan Terra Facelift Muncul di Jalanan Filipina, Apa Indonesia Bakal Kebagian Lagi? 04

Bisa saja Nissan mempertahankan mesin lama yang digunakan Nissan Terra

Bagaimana Nissan Terra di Indonesia? Opsi mesin lawas berpeluang besar tetap dipertahankan umpama NMDI berencana menjualnya lagi. Sebab jantung mekanis tersebut lebih familiar dan sekelas dengan kompatriotnya di sini yakni Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport.

Baca juga: Nyaris Terlupakan, Ini 5 Keunggulan Nissan Terra yang Lebih Baik dari Toyota Fortuner

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Nissan Terra Upcoming 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil