Nissan Terra Tak Lagi Ada di Daftar Model Nissan Indonesia, Apakah Akan Berganti Model?

Dhoni · 25 Feb, 2021 13:38

Nissan Terra yang bersaing di segmen Sport Utility Vehicle (SUV) Ladder Frame, bersama Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport memang penjualannya belum sesuai harapan. Secara total, Nissan Terra hanya terjual 770 unit mobil dari awal tahun hingga akhir Oktober 2020. Apakah ini yang menjadi penyebab Nissan Terra menghilang dari line up Nissan Indonesia?

Nissan Terra Tak Lagi Ada di Daftar Model Nissan Indonesia, Apakah Akan Berganti Model? 01

Nissan Terra tak lagi tersedia di pasar Indonesia

Nissan Terra dianggap sebagai perpaduan dari ketangguhan Nissan Terano dan kenyamanan Nissan Patrol. Meski platform yang digunakan Nissan Terra berasal dari platform Nissan Navara sehingga dari segi disain rangka, mesin hingga lainnya memiliki kesamanaan. Nissan Terra dianggap sangat cocok dengan karakter di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Namun tampaknya Nissan mengalami kesulitan untuk menjadikan Nissan Terra dapat bersaing kuat dengan rival-rivalnya di Tanah Air, sehingga angka penjualannya tak memuaskan. Meski belum dapat dipastikan apakah hal ini yang membuatnya tidak lagi masuk dalam jajaran model yang dijual oleh PT Nissan Motors Distributor Indonesia, namun kenyataannya, nama Nissan Terra memang tidak tercantum pada situs NJKB-Samsat DKI Jakarta untuk tahun 2021, termasuk pada lampiran Permendagri No. 1 Tahun 2021 tentang tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor.

Baca juga: Bermimpi? Nissan Terra 2021 Ingin Kalahkan Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Nissan Terra Tak Lagi Ada di Daftar Model Nissan Indonesia, Apakah Akan Berganti Model? 01

Kabin Nissan Terra cukup leluasa untuk 7 orang penumpang

PT Nissan Motors Distributor Indonesia sepertinya lebih memilih fokus pada penjualan tipe SUV lainnya. Model SUV dari Nissan yang masih dhadirkan terdiri dari Nissan Magnite, Nissan X-Trail dan Nissan Kicks e-Power.

Tentang hilangnya SUV ladder frame andalan Nissan dari line up model Nissan di Indonesia, ada pendapat yang menyebutkan kemungkinan akan digantikan dengan versi facelift menjadi Nissan X-Terra yang beredar di Timur Tengah. Hal yang mungkin terjadi, namun kemungkinan besar paling cepat baru dihadirkan tahun 2022.

Nissan Terra Tak Lagi Ada di Daftar Model Nissan Indonesia, Apakah Akan Berganti Model? 02

Nissan X-Terra yang disebut-sebut akan menjadi pengganti Nissan Terra di 2022

Hal ini sesuai dengan perkiraaan bahwa Nissan Terra yang mengalami perubahan seperti versi di Timur Tengah diharapkan dapat memimpin penjualan di segmen SUV Ladder Frame. Selain dibekali mesin bensin 4-silinder segaris berkapasitas 2.500 cc dengan transmisi otomatis 7-percepatan, Nissan Terra facelift juga telah mengalami ubahan pada interiornya.

Nisan Terra yang beredar di Indonesia dibanderol dari harga Rp478,9 juta hingga Rp680 juta untuk tiga tipe berbeda.

Nissan Terra Tak Lagi Ada di Daftar Model Nissan Indonesia, Apakah Akan Berganti Model? 03

Nissan Terra Tak dijual lagi di Indonesia

Nissan Terra memiliki dimensi dengan panjang 4.895 mm, lebar 1.865 mm dan tinggi 1.835 mm, Nissan Terra mengunakan mesin diesel 4-silinder 2.5L  yang dapat menghasilkan tenaga maksimal 190 PS pada 3.600 rpm dengan torsi puncak 440 Nm pada 2.000 rpm.

Spesifikasi dan fitur yang ditawarkan Nissan Terra sebenarnya sangat menggoda dan mampu menantang rival terdekatnya seperti Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport. Jika memang model ini kemudian tidak lagi dijual, maka Nissan Terra bekas menjadi salah satu model yang layak diburu di pasar mobil bekas karena fungsionalitasnya.

Baca juga: Inginkan SUV Keluarga 7 Penumpang? Simak dulu kelebihan dan kekurangan Nissan Terra 2021

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Nissan Terra 2.5L 4x2 MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru