Nyaman di Kabin, Ini Beda Berkendara Toyota Alphard dan Meredes-Benz Vito

Bent Aulia · 10 Agu, 2020 19:00

Nyaman di Kabin, Ini Beda Berkendara Toyota Alphard dan Meredes-Benz Vito 01

Segmen van premium semakin meriah setelah Mercedes-Benz memperbarui Vito di awal tahun 2020. Harga Toyota Alphard yang dibanderol Rp1 miliar bersaing dengan Vito seharga Rp939 jutaan. Harga yang tak begitu jauh berbeda, rasa berkendara kedua van premium ini cukup berbeda.

Toyota Alphard

Mengendarai Toyota Alphard 2020 tentu saja tak kalah dengan van premium lainnya. Kursi jok dan setir bisa diatur untuk mendapatkan posisi berkendara yang lebih baik. Belum lagi jendela depan yang lapang membuat visibilitas di dalam mobil sangat luas.

Toyota Alphard memiliki total 3 varian. Harga Toyota Alphard berkisar dari Rp 1,04 Milyar hingga Rp 1,95 Milyar. Ini merupakan harga mobil Alphard tahun 2020. Saudara Toyota Alphard yang juga merupakan mobil terkenal, yakni Toyota Vellfire.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Mobil Toyota Vellfire ini hanya memiliki 1 varian saja. Harga Toyota Vellfire ini hanya dibanderol dengan biaya sebesar Rp 1,19 Milyar. Harga Vellfire ini sama dengan harga Alphard 2.5 G AT yang berada dipertengahan dari varian mobil Toyota Alpard.

Nyaman di Kabin, Ini Beda Berkendara Toyota Alphard dan Meredes-Benz Vito 01

Mesin Toyota Alphard menggunakan 2.5L bertenaga maksimal 178 hp atau mesin 3.5L bertenaga 296 hp. Tentu saja dengan harga yang lebih tinggi. Namun ketika dibawa di jalanan perkotaan, Alphard bisa berakselerasi dengan baik dengan mesin yang responsif.

Nyaman di Kabin, Ini Beda Berkendara Toyota Alphard dan Meredes-Benz Vito 02

Melalui transmisi CVT, tenaga disalurkan ke roda depan sehingga tidak ada tenaga yang terbuang. Sistem penggerak ini sangat baik ketika dibawa di kota yang penuh kemacetan. Tapi membuat kekuatan mobil ini ketika mendaki berkurang.

Rasa berkendara Toyota Alphard terbantu setelah mendapatkan beberapa fitur berkendara. Seperti Pre-Collision System, Lane Departure Alert with Steering Control, dan Adaptive Cruise Control. Toyota Alphard juga menawarkan Vehicle Stability Control yang memberikan stabilitas ketika berkendara.

Nyaman di Kabin, Ini Beda Berkendara Toyota Alphard dan Meredes-Benz Vito 03

Beberapa kekurangan dari rasa berkendara pada kabin Toyota Alphard terlihat dengan dimensinya yang cukup tinggi, sehingga body roll masih terasa. Walaupu bisa diredam sehingga tidak terlalu goyang. Alphard masih enak dibawa bermanuver dengan radiur putar 5.7 meter.

Mercedes-Benz Vito

Mercedes-Benz hadir di segmen van premium dengan nama Vito. Hadir dalam varian Tourer, Vito memiliki dimensi yang lebih besar dibandingkan Alphard. Nyaman di dalam kabin, tapi pengendaraannya perlu lebih berhati-hati. Apalagi dengan radius putar mencapai 7.6 meter.

Nyaman di Kabin, Ini Beda Berkendara Toyota Alphard dan Meredes-Benz Vito 04

Vito sudah dibekali dengan mesin bertenaga besar. Mesin 4-silinder bertenaga turbo mampu menghasilkan tenaga hingga 211 hp serta torsi puncak 350 Nm, jauh lebih besar dibandingkan Alphard. Vito bahkan bisa mencapai 210 km/jam dengan mudah.

Nyaman di Kabin, Ini Beda Berkendara Toyota Alphard dan Meredes-Benz Vito 05

Untuk mobil sekelas van premium yang menawarkan kenyamanan bagi penumpang belakang, fitur untuk berkendara memang tak lebih banyak dibandingkan MPV atau SUV. Head unit masih biasa, yaitu 2DIN dan belum mendapatkan fitur layar sentuh.

Mengingat Vito baru saja mendapatkan facelift di awal tahun 2020, van premium Mercedes-Benz -Class in memiliki berbagai fitur baru nan canggih. Diantaranya sistem pengereman ABS+EBD+BA, Vehicle Stability Control, Crosswind Asisst, hingga Hill Start Assist.

Nyaman di Kabin, Ini Beda Berkendara Toyota Alphard dan Meredes-Benz Vito 06

Kemewahan dan kenyamanan di dalam kabin masih sama dengan pendahulunya, Suspensi multi-link di depan dan belakang memberikan rasa nyaman bagi pengemudi hingga penumpang di belakang. Berkendara di malam hari dibantu dengan lampu depan berteknologi LED Intelligent Light System yang lebih baru.

Kesimpulan

Baik mobil Toyota Alpard maupun Vito, kedua mobil memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Toyota Alphard yang kompak membuatnya lebih gesit dibandingkan Vito. Namun, Mercedes-Benz V-class dibantu dengan mesin yang bertenaga serta sistem suspensi yang nyaman bagi pengemudi dan berkendara.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Bent Aulia

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Alphard 2.5 X A/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru