window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Nyerah Kelamaan Tunggu Inden, Pemesan Toyota Raize Beralih ke Daihatsu Rocky

Prasetyo · 31 Mei, 2021 10:40

Toyota Raize GR Sport TSS

Kehadiran Toyota Raize sungguh menggoda konsumen di Indonesia. Apalagi jika mendapatkan unit di bulan Mei, Toyota Raize harganya terpotong relaksasi PPnBM 0%.

Tak heran kondisi ini menyebabkan jumlah pesanan SUV compact anyar itu membumbung tinggi. Namun imbas dari kondisi ini adalah waktu menunggu (inden) agar konsumen bisa benar-benar memiliki kendaraan tersebut jadi lebih panjang dibanding kondisi normal.

Toyota Raize Harga

Unit tertentu indennya sampai tahun depan

Bahkan beberapa dealer Toyota ada yang menyebut jika antrian inden untuk Toyota Raize tipe tertentu bisa mencapai 9 bulan. Itu artinya, jika ada yang memesan Raize di bulan Juni 2021, maka unitnya baru tiba ke tangan konsumen pada Maret tahun depan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga : Diskon PPnBM Hangus Karena Inden 9 Bulan, Kia Sonet Alternatif Keren Selain Toyota Raize TSS

Inden Toyota Raize Terlalu Lama, Konsumen Kecewa

Melihat kenyataan seperti ini, ternyata sedikit banyak memunculkan rasa kekecewaan dari konsumen Toyota Raize itu sendiri. Komentar rasa kecewa ini ramai diunggah di media sosial Facebook Group Toyota Raize & Daihatsu Rocky Indonesia.

Nyerah Kelamaan Tunggu Inden, Pemesan Toyota Raize Beralih ke Daihatsu Rocky 01

Misalnya komentar yang diungkapkan akun @Ivan Rakhmadi: "bener bener nih ye yg TSS gada kabar".

Komentar bernada serupa juga diutarakan akun @Andre Young. Ia menulis: "Saya sudah SPK Raize TSS two tone di auto2000 pas awal launching, dibilang Juni/Juli sudah dapet unit. Ehh, kemaren sy ditelpon salesnya katanya saya juga kena ikut inden 7-9 bulan dengan alasan pabrik sementara hold produksi varian TSS karena kekurangan chip semikonduktor yang emang dipake untuk sistem TSS-nya. Lalu saya diarahkan untuk ambil yang non TSS..... Jadinya agak gimana gitu".

Lalu komentar lainnya juga muncul dari akun @Jaesen Wijaya. "Klo yang inden 9bln bs jadi gak dpt sama sekali diskon ppnbm".

Calon Pembeli Toyota Raize Berpaling ke Daihatsu Rocky

Daihatsu Rocky ASA

Ada konsumen Raize yang beralih ke Daihatsu Rocky

Semakin panjangnya antrian inden Toyota Raize ternyata membuat sebagian peminatnya berpaling. Apalagi kalau bukan ke kembaran produk ini, yaitu Daihatsu Rocky.

Misalnya yang diungkapkan akun @Grey. "Ane yg non TSS aja dibatalin SPK nya sama dealernya, tapi gpp udah dapat rocky dengan pengembalian SPK raize full".

Warna Daihatsu Rocky

Inden Daihatsu Rocky dijanjikan tak selama Raize

Lantas ada juga beberapa member grup tersebut yang menanyakan cara pembatalan SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) untuk Toyota Raize. "kemarin saya ud buat perjanjian kalo ga dpt ga dpt unit bulan mei panjar balik 100%" sebut @Richard Yovann.

Baca juga : Daripada Beli Toyota Raize 2021, Duit Rp250 Jutaan Kenapa Nggak Beli Toyota Fortuner Bekas?

Inden Toyota Raize 9 Bulan, Daihatsu Rocky Cuma Sebulan

Menanggapi fenomena ini kami mencoba mengkonfirmasi ke pihak dealer Daihatsu. Dan ternyata kondisi tersebut diamini tenaga penjual dari merek Jepang itu.

"Ada sih 1-2 orang yang ngaku awalnya pesan Raize tapi karena kelamaan jadi dia beli Rocky," ucap satu tenaga penjual Daihatsu yang kami hubungi.

Daihatsu Rocky Interior

Toyota Raize vs Daihatsu Rocky hanya beda fitur

Ia menuturkan keputusan untuk pindah dari Toyota kemudian memilih Daihatsu Rocky jelas kembali pada pilihan konsumen tersebut. "Karena sebenarnya Raize dan Rocky kan beda. Jadi mereka mau pilih yang mana terserah mereka," ucap si sales.

Namun dirinya menjelaskan, masalah inden yang terlalu panjang, sampai saat ini tidak terjadi pada Daihatsu Rocky. Sebab paling lama kata dia, inden Daihatsu Rocky hanya berkisar 1 bulan.

Baca juga : Sekarang Lebih Baik Beli Daihatsu Rocky Daripada Toyota Raize! Ini Alasannya

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil