window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Nyetir ke Lokasi Bukber Saat Bulan Ramadan, Jangan Sampai Emosi di Jalan!

Prasetyo · 26 Mar, 2023 10:04

Nyetir ke Lokasi Bukber Saat Bulan Ramadan, Jangan Sampai Emosi di Jalan! 01

Pada awal bulan Ramadan, bukber atau buka puasa bersama jadi kegiatan yang kerap dilakukan masyarakat Indonesia. Tujuannya pun beragam, mulai dari sekedar menjaga hubungan kekeluargaan dengan teman atau relasi bisnis, sampai berbagi dengan golongan kaum yang kurang mampu. 

Hanya saja, seringkali lokasi bukber jauh dari rumah atau kantor sehingga wajib mengemudi mobil menuju ke sana. Dan sering kali, menjelang jam buka puasa, jalanan menjadi lebih macet dari biasanya sehingga harus disiasati.

Nyetir ke Lokasi Bukber Saat Bulan Ramadan, Jangan Sampai Emosi di Jalan! 02

Buka puasa bersama di bulan Ramadan juga jadi tradisi di Indonesia

Baca juga: 7 Cara Aman Berkendaran Melewati Underpass, Hati-Hati Ada yang Parkir Seperti di Depok

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

"Kegiatan bukber atau buka bersama merupakan momen untuk silaturahmi dengan keluarga, sahabat, dan relasi bisnis. Namun, lokasi acara yang jauh atau kondisi jalan macet jelang waktu berbuka membutuhkan perhitungan supaya dapat sampai lokasi tepat waktu," jekas Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000 melalui keterangan tertulisnya.

Nah ia pun memberikan beberapa tips saat harus berkendara di bulan Ramadan untuk menuju lokasi bukber.

1. Istirahat yang Cukup

Nyetir ke Lokasi Bukber Saat Bulan Ramadan, Jangan Sampai Emosi di Jalan! 01

Pastikan selalu konsentrasi saat berkendara

 

Puasa dapat membuat seseorang cepat lelah dan emosi saat berkendara. Diperlukan istirahat yang cukup agar tetap dalam kondisi fisik dan mental yang baik. Lebih lagi bila bukber dilakukan setelah bekerja seharian.

2. Persiapkan Kendaraan yang Dipakai

Nyetir ke Lokasi Bukber Saat Bulan Ramadan, Jangan Sampai Emosi di Jalan! 02

Lakukan perawatan supaya kendaraan selalu prima

Persiapkan pula kondisi mobil supaya tidak mengalami masalah di jalan. Pastikan AC mobil berfungsi normal supaya suasana di dalam kabin terasa sejuk dan nyaman. Periksa tekanan angin ban sesuai rekomendasi pabrikan. Cek pula cairan kendaraan penting yang dapat mengganggu perjalanan jika habis atau rusak.

Baca juga: 5 Tingkah Pengemudi Mobil Berbahaya di Jalan, yang Waras Ngalah

3. Datang Lebih Awal

Nyetir ke Lokasi Bukber Saat Bulan Ramadan, Jangan Sampai Emosi di Jalan! 03

Jelang waktu berbuka jalanan biasanya lebih macet

Wajib mempertimbangkan jarak kantor ke lokasi bukber dan rute yang akan dilalui. Kalau terlalu jauh atau berisiko macet, ada baiknya datang lebih awal. Anda dapat tetap melanjutkan pekerjaan yang belum selesai disana sambil menunggu waktu berbuka puasa.

4. Waspada Serangan Kantuk

Nyetir ke Lokasi Bukber Saat Bulan Ramadan, Jangan Sampai Emosi di Jalan! 04

Saat puasa biasanya mudah ngantuk

Saat berpuasa, hal yang sering terjadi adalah serangan kantuk di siang hari. Untuk menghindarinya, jangan menyetel suhu AC mobil terlalu dingin yang dapat menambah rasa kantuk. Perhatikan pula makanan dan minuman yang dikonsumsi saat sahur supaya cukup energi untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

5. Kendalikan Emosi di Jalan

Nyetir ke Lokasi Bukber Saat Bulan Ramadan, Jangan Sampai Emosi di Jalan! 05

Tetap tenang hadapi kemacetan

Saat puasa, godaan emosi cenderung meningkat lantaran rasa lapar pada tubuh. Selain itu, tingkat emosi yang tinggi juga membuat tubuh lebih cepat membakar kalori sehingga cepat lelah atau lemas. Jaga emosi saat berkendara dan tidak terpancing provokasi pengguna jalan lain yang melanggar aturan lalu lintas.

6. Pilih Rute Perjalanan

Nyetir ke Lokasi Bukber Saat Bulan Ramadan, Jangan Sampai Emosi di Jalan! 06

Gunakan peta digital untuk hindari kemacetan

Atur waktu berkendara dan pilih rute yang tidak melalui daerah rawan macet ketika menuju tempat bukber. Hindari lokasi keramaian seperti pasar atau mal. Manfaatkan peta digital untuk membantu mencari rute terbaik. Jangan pergi mendekati Maghrib karena biasanya jalanan jauh lebih macet.

Baca juga: Alami Kondisi Darurat di Jalan Tol, Ini 5 Hal yang Harus Dilakukan

7. Siapkan Bekal Buka Puasa di Dalam Mobil

Nyetir ke Lokasi Bukber Saat Bulan Ramadan, Jangan Sampai Emosi di Jalan! 07

Siapkan air mineral jika harus berbuka di jalan

Tidak ada salahnya membawa bekal buka puasa di dalam mobil. Sehingga, kalau belum sampai lokasi bukber, dapat buka puasa di perjalanan. Sediakan air mineral yang tidak terlalu panas atau dingin. Hindari makanan yang getas dan mudah berantakan saat digigit karena akan membuat kabin kotor.

Mudah bukan, selamat berpuasa ya!

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil