Pabrik Honda Odyssey Ditutup Tahun Depan, Pertanda Discontinue?

Prasetyo · 19 Jun, 2021 08:00

Honda Odyssey 2021 JDM

Honda sebelumnya pernah mengumumkan bahwa mereka akan menyederhanakan lini produknya. Salah satu caranya adalah dengan tidak lagi melanjutkan pengembangan serta produksi untuk model-model tertentu.

Kini sebuah laporan dari Nikkei Asia menulis, jika Honda akan menutup pabrik di Sayama, dekat Tokyo, Jepang, mulai Maret 2022. Langkah tersebut dalam upaya untuk menyederhanakan model produksi mereka di masa mendatang.

Pabrik Honda

Salah satu pabrik Honda di Jepang

Perlu diketahui, pabrik Sayama ini merupakan basis pembuatan Honda Legend sedan, Honda Clarity fuel-cell, dan Honda Odyssey untuk pasar domestik. Menurut keterangan pejabat Honda, perusahaan menutup pabrik itu untuk memangkas lineup produk mereka demi mengurangi biaya produksi secara keseluruhan.

Baca juga : Harga Lebih Murah, Honda Odyssey 2021 Jadi Alternatif Menarik Daripada Toyota Alphard

Honda Odyssey Akan Disuntik Mati?

Yang cukup menarik dari penutupan pabrik Sayama adalah mengenai nasib Honda Odyssey. Apakah itu artinya MPV mewah Honda itu tak akan lagi ada generasi berikutnya?

Honda Odyssey 2021

Honda Odyssey juga cukup favorit di Indonesia

Honda belum menjawab tentang hal ini. Namun dapat dipastikan pabrik Honda Odyssey di Amerika Utara tetap berporduksi normal. Yang ditutup hanyalah pabrik untuk Odyssey yang dijual lokal di Jepang (Japanese Domestic Market).

Namun apakah Honda Odyssey versi Amerika akan jadi model global yang nantinya juga dijual di Asia termasuk Indonesia? Honda lagi-lagi belum memberikan keterangan.

Harga Honda Odyssey 2021

Harga Honda Odyssey 2021 di Indonesia Rp 800 jutaan

Di Indonesia, sampai saat ini PT Honda Prospect Motor (HPM) masih menjual Honda Odyssey 2021. Harganya dipatok Rp 888 juta on the road Jakarta.

Baca juga : Hyundai Staria Datang, MPV Korea Bisa Menggoda Mantan Pemakai Honda Odyssey?

Dalam Upaya Menuju Kendaraan Tanpa Emisi Seluruhnya

Selain demi penyederhanaan produk dan efisiensi biaya, penutupan pabrik ini juga lantaran Honda akan fokus menjual kendaraan listrik tanpa emisi di tahun 2040.

Honda Legend 2021

Sedan Legend juga dipangkas oleh Honda

Sedikit mundur ke belakang, pada April 2021 lalu, pabrikan Jepang itu sudah secara resmi mengumumkan bahwa mereka hanya akan menjual kendaraan listrik di tahun 2040. Demi mencapai tujuan ini, Honda akan menjalin kemitraan dengan banyak pihak.

Untuk pasar lokal, Honda berencana memperkenalkan Kei-Car elektrik pertamanya di tahun 2024. Pada tahun yang sama, Honda juga sudah merencanakan menjual mobil listrik ukuran besar di Amerika Utara.

Honda N-One EV

N-One salah satu Kei-Car terbaru Honda

Di Cina lebih masif lagi. Sebab produsen mobil berlogo "H" itu akan meluncurkan setidaknya 10 model EV (Electric Vehicle) dalam lima tahun ke depan. Yang pertama akan berjenis SUV dimana prototipe konsepnya dijadwalkan mendebut tahun 2022.

Baca juga : New Honda Odyssey 2021 Hadir dengan Honda SENSING, Rival Toyota Alphard Ini Makin Mewah dan Tampan

 

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Honda Odyssey 2.4L

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru