Pahami Kelebihan dan Kekurangan Honda HR-V Sebelum Beli

Samuel Tito · 26 Okt, 2020 12:00

Pahami Kelebihan dan Kekurangan Honda HR-V Sebelum Beli 01

Bagi kalangan yang memiliki mobilitas dinamis sekelas eksekutif muda, mobil merupakan sesuatu yang wajib dimiliki sebagai penunjang mobilitas kerja. Selain digunakan untuk mobilitas kerja, mobil juga dinilai mampu merepresentasikan citra diri seseorang.

Karenanya, para eksekutif muda ini kerap memilih mobil dengan tampilan yang sporty dan elegan. Salah satu mobil yang sering diimpikan para eksekutif muda adalah Honda HR-V.

Dari sisi segmen atau klasifikasi, Honda HR-V masuk dalam jenis kendaraan crossover. Ciri Honda HR-V yang tampak jelas adalah memiliki tampilan mobil yang gagah, sporty dan elegan. Untuk Anda yang ingin membeli Honda HR-V ini, sebaiknya pahami dulu kelebihan dan kekurangan tentang mobil ini.  

Kelebihan Honda HR-V

Pahami Kelebihan dan Kekurangan Honda HR-V Sebelum Beli 02

Pertama tentang kelebihan Honda HR-V. Sejatinya memang mobil yang dirancang untuk 5 penumpang ini punya banyak kelebihan dibandingkan kekurangan.

Keunggulan pertama dari Honda HR-V adalah desainnya yang cukup sporty dan elegan. Pada bagian depan Honda HR-V hadir model gril berukuran besar dengan aksen krom. Ada aksen krom besar yang memanjang dari kiri ke kanan.

Di bagian tengah ada logo H. Soal lampu, Honda HR-V dilengkapi dengan lampu proyektor LED yang semakin mengedepankan kesan mewah. Di bagian bawah, terdapat DRL LED berwarna putih yang bisa berfungsi sebagai lampu senja dan kabut di malam hari.

Desain depan dan belakang mobil ini memang terlihat mewah, karena Honda HR-V menggunakan bahasa desain Stand Out Design untuk HR-V.

Interior Mewah

Interior mobil ini juga termasuk dalam kategori mewah dan elegan. Nuansa interior Honda HR-V, banyak kelir hitam. Dengan kombinasi aksen abu-abu di beberapa bagian dalam mobil ini. Material yang digunakan juga menggunakan bahan kulit, sehingga memberikan kenyamanan bagi penumpang maupun pengemudi sendiri.

Penataan jok pada bagian pengemudi juga terbilang lengkap, bisa disetel naik turun, tinggi rendah, hingga maju mundur. Desain jok depan dan belakang juga terlihat cukup sporty dengan beberapa bilah.

Varian Lengkap

Honda Indonesia menjual Honda HR-V dengan 5 varian yang bisa dipilih konsumen. Mulai dari HR-V tipe terendah S MT, lalu S CVT, E CVT, E CVT Special edition, dan tertinggi adalah HR-V 1.8 Prestige. Pilihan mesin pun ada dua. Mulai dari tipe S hingga E, pakai mesin berkapasitas 1.500 cc, 4 silinder. Sementara untuk tipe Prestige memakai mesin berkapasitas 1.800 cc, 4 silinder.

Dari segi harga, jelas semuanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Cek tabel harga dan spesifikasi di bawah ini.

Varian

Harga

Honda HR-V 1.5L S MT 

Rp 297.000.000

Honda HR-V 1.5L S CVT

Rp 307.200.000

Honda HR-V 1.5L E CVT

Rp 331.200.000

Honda HR-V E CVT 1.5 Spesial Edition (SC)

Rp 348.300.000

Honda HR-V 1.8L CVT Prestige

Rp 415.700.000

Spesifikasi Mesin Honda HR-V

Mesin Honda HR-V

 

Tipe Mesin

4 Silinder Segaris 16 Katup SOHC i-VTEC

 

Kapasitas

1,5 liter/1,8 liter

 

Power Output    

120 PS @ 6.600 rpm (1,5 liter)

139 PS @ 6.500 rpm (1,8 liter)

 

Torsi    

145 Nm @ 4.600 rpm (1,5 liter)

169 Nm @ 4.300 rpm (1,8 liter)

 

Dimensi Honda HR-V

Pahami Kelebihan dan Kekurangan Honda HR-V Sebelum Beli 03

Kendati memiliki perbedaan pada mesin, namun semua varian Honda HR-V tersebut memiliki dimensi yang sama. Jadi tidak ada yang berbeda antara varian terbawah hingga varian teratas.

Honda HR-V memiliki dimensi panjang 4.294mm, lebar 1.772 mm dan tinggi 1.580 mm.  Dengan jarak sumbu roda 2.610 mm, Honda HR-V termasuk ke dalam ukuran mobil kompak yang cukup bisa diandalkan.

Apalagi untuk berkendara di jalanan Ibukota yang padat dan punya karakter jalan sempit di beberapa wilayah.  

Dimensi Honda HR-V
Panjang 4.294 mm
Lebar 1.772 mm
Tinggi 1.580 mm
Wheelbase 2.610 mm

Honda HR-V Kaya Akan Fitur

 

Pahami Kelebihan dan Kekurangan Honda HR-V Sebelum Beli 04

Seperti terlihat alam table harga, sebenarnya Honda HR-V dianggap terlalu mahal untuk suatu mobil crossover. Namun, bagi sebagian orang harga bukanlah menjadi alasan utama. Karena para pembeli Honda HR-V ini, dinilai orang yang mampu dan paham kualitas suatu mobil Honda. Apalagi bagi kaum-kaum eksekutif muda yang sarat akan gengsi.

Saat ini konsumen otomotif Indonesia sudah cukup banyak mengenal produk yang akan dibelu. Jadi sudah banyak yang mementingkan fitur pada mobil, daripada sekedar penampilannya saja.

HANDLING
Suspensi Depan MacPherson Strut
Suspensi Belakang H-Shape Torsion Beam
Rem Depan Ventilated Disc
Rem Belakang Solid Disc
Ukuran Ban 215/55 R17

Kekurangan Honda HR-V

Salah satu kekurangan sebenarnya dari Honda HR-V adalah dari segi harga. Menurut kami harga yang ditawarkan Honda Indonesia cukup mahal untuk sebuah mobil crossover. Jika dibandingkan dengan beberapa mobil sekelasnya, Honda HR-V memiliki harga yang cukup mahal.

Honda HR-V Relatif Mahal

Harga Honda HR-V termahal sudah mencapai Rp 400 jutaan. Sedangkan salah satu crossover yang ada di Indonesia yakni Chevrolet Trax memiliki harga yang jauh di bawah Honda HR-V.

Memang pada tahun 2020 Chevrolet tidak akan lagi menjual mobil di Indonesia karena sudah menyatakan akan hengkang dari Indonesia. Namun kami merasa harga Honda HR-V di Indonesia cukup mahal untuk ditawarkan kepada masyarakat Indonesia.

Suspensi Keras

Pahami Kelebihan dan Kekurangan Honda HR-V Sebelum Beli 05

Kekurangan lain yang sering terjadi pada Honda HR-V adalah masalah suspensi yang dirasa cukup keras. Masalah suspensi ini masih bisa diatasi dengan mengganti suspensi baru atau dengan perangkat aftermarket.

Belum lagi soal kualitas buruk Honda pada beberapa varian mobilnya. Tentunya masalah ini bisa menjadi momok bagi mereka yang ingin membeli mobil baru khususnya Honda HR-V. Saat baru diluncurkan, Honda HR-V sempat dilanda masalah kualitas bahan yang kurang baik yang sering dialami konsumen.

Semoga masalah ini tidak lagi menimpa Honda HR-V terbaru. Karena produsen mobil harus memikirkan kualitas material dari mobil yang mereka jual. Jangan jual mobil dengan harga mahal, tapi kualitas bahannya dilupakan. Konsumen nantinya akan memilih dan memikirkan kembali untuk membeli atau menyarankan untuk membeli produk tersebut.

Komentar