window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Pakai Fitur ADAS, Isuzu MU-X 2022 Raih Nilai Tertinggi Saat Diuji Tabrak

Prasetyo · 5 Okt, 2021 09:06

Crash Test Isuzu MU-X 2022

Isuzu MU-X 2022 baru saja dirilis di Filipina. Indonesia pun rencananya akan kedatangan generasi terbaru MU-X ini. Isuzu Indonesia sudah menjadwalkan jika MU-X terbaru akan diboyong di akhir tahun ini.

Seperti kita ketahui, Isuzu MU-X merupakan satu SUV ladder frame yang punya banyak peminat selain Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport. Tentunya kehadiran MU-X baru akan menambah sengit peta persiangan dengan kompetitornya tersebut.

Crash Test Isuzu MU-X 2022 -1

MU-X terbaru masuk Indonesia akhir 2021

Namun sebelum resmi dirilis, adabaiknay kita melihat bagiamana hasil tes tabrak Isuzu MU-X 2022. Karena belum lama ini beredar video yang memperlihatkan bagaimana hasil tes simulasi kecelakaan yang dilakukan oleh Australia NCAP (New Car Assessment Program). Sebuah badan resmi untuk melakukan pengetesan demi menilai sejauh mana mobi-mobil baru yang dipasarkan di sebuah kawasan Australia dan Selandia Baru, memenuhi unsur keselamatan bagi semua penumpang di dalamnya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Dalam uji tabrak Isuzu MU-X 2022 ternyata mampu memberikan nilai bintang lima. Sebuah pencapaian tertinggi dari setiap penilaian yag dilakukan oleh NCAP.

Baca juga : Keduluan Filipina, Ini Bocoran All New Isuzu MU-X Yang Akan Meluncur Akhir Tahun 2021

Mobil Hancur Tapi Penumpang Terlindungi Maksimal

Crash Test Isuzu MU-X 2022 -2

Uji tabrakan frontal

Beberapa pengujian dilakukan oleh pihak ANCAP, satu diantaranya tabrakan frontal dengan sebuah benda lain yang juga diberi empat roda. Disimulasikan sebagai kendaraan lain, MU-X lantas diluncurkan dengan kecepatan sekitar 64 km/jam.

Mobil ini pun menghantam benda beroda tersebut di bagian depan namun sedikit bergeser ke sisi pengemudi. Tak ayal bagian bemper alami rusak berat. Lampu utama pun terlihat lepas dari dudukannya. Sementara kap mesin ikut rusak cukup fatal. Bahkan sampai roda sebelah kanan depan pun terlihat bergeser posisinya akibat simulasi benturan ini

Crash Test Isuzu MU-X 2022 -3

Semua airbags langsung mengembang

Walau begitu, hanya sepersekian detik dari tubrukan, kantung udara di sisi penumpang depan langsung mengembang. Diikuti kantung udara pengemudi, dan side airbags yang melindungi seluruh kaca jendela mobil hingga ke penumpang belakang.

Jika diperhatikan, yang menarik adalah anak-anak yang duduk di bangku penumpang belakang terlihat tetap ada di posisinya. Hal ini bisa terjadi lantaran sabuk keselamatan mengencang otomatis sesaat setelah bagian depan mobil menabrak benda, padahal penumpang itu menggunakan child seat.

Baca juga : Isuzu MU-X Facelift 2022 Tetap Meluncur Akhir Tahun di Indonesia, Fiturnya Bikin Fortuner Minder

Bukan Pencapaian Terbaik Pertama Buat Isuzu MU-X

Crash Test Isuzu MU-X 2022 -4

Hasil terbaik bagi MU-X

Hasil crash test Isuzu MU-X yang mendapat bintang lima ternyata bukan kali ini saja terjadi. Sebab pencapaian terbaik juga diraih Isuzu MU-X generasi sebelumnya. Kala itu ANCAP pernah melakukan tes tabrak untuk MU-X di 2013. Dan hasilnya SUV ini mencapai hasil yang sangat memuaskan.

Sementara itu, Isuzu D-Max 2022 juga mendapatkan bintang lima dari pengujian yang dilakukan pihak ASEAN NCAP. Dari pengujian tingkat keselamatan untuk penumpang dewasa (Adult Occupation Protection) versi pick up kabin ganda dari MU-X ini mencetak poin 30,36 dari nilai tertinggi 36 poin untuk tes ini. Sementara untuk uji keselamatan penumpang anak kecil, MU-X mendpaat poin 44,37 dari nilai tertinggi 49 poin.

Isuzu MU-X 2022 Dibekali Fitur Keselamatan ADAS

Crash Test Isuzu MU-X 2022 -5

Fitur ADAS sudah jadi standar di MU-X terbaru

Pencapaian hasil terbaik tes tabrak ini merupakan bukti penggunaan berbagai fitur keselamatan yang bekerja optimal. Hal tersebut karena Isuzu MU-X terbaru sudah dilengkapi paket intelligent safety system dengan Advance Driving Assistant System (ADAS).

Karena itulah mobil ini juga punya fitur lane departure warning, adaptive cruise control, automatic emergency braking, rear cross traffic alert, blind spot monitoring, hingga pedal misapplication mitigation.

Baca juga : Mending Pilih Isuzu MU-X i-Series Daripada Toyota Fortuner 2.4 G, Harga Lebih Murah Rp43 Jutaan!

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Isuzu MU-X 4X4 MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil