window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Pakai Matic, Ini Tips Mobil LCGC Seperti Daihatsu Ayla Bisa Perkasa di Tanjakan Panjang

Yongki Sanjaya · 8 Des, 2021 17:00

Pakai Matic, Ini Tips Mobil LCGC Seperti Daihatsu Ayla Bisa Perkasa di Tanjakan Panjang 01

Tak semua kota besar di Indonesia berada di dataran rendah, karena seperti di Semarang, Bandung, Malang kondisinya berbukit. Kamu yang ingin memiliki LCGC jangan khawatir, karena sebenarnya mobil seperti Daihatsu Ayla dan sejenis tetap bisa melewati tanjakan panjang tanpa kendala walau mobil tersebut pakai transmisi matic dan berpenggerak roda depan. 

Mobil jenis LCGC atau city car umumnya digunakan pada kawasan jalan perkotaan yang kondisi medannya relatif rata. Kemampuan FWD dan transmisi otomatis jadi sangat optimal di jalan perkotaan. Saat melewati jalur pegunungan, banyak penggunanya mengalami kesulitan saat akan melewati tanjakan panjang. 

Kami pun melakukan eksperimen dengan memakai Daihatsu Ayla 1.2 dengan transmisi otomatis. Dalam eksperimen ini, kami ingin mengetahui seperti apa dampaknya kalau pakai mode D dan bagaimana kalau kita berpindah ke gigi yang lebih rendah. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Pakai Matic, Ini Tips Mobil LCGC Seperti Daihatsu Ayla Bisa Perkasa di Tanjakan Panjang 01

Sebenarnya, pabrikan mobil yang sudah kawakan seperti Daihatsu atau Toyota sudah mempersiapkan dan memperhitungkan kemampuan mobil dengan kondisi jalan raya di berbagai kota. Artinya, LCGC yang mesinnya cuma 1.200 cc pun bisa tetap mampu melewati jalan raya menanjak khas Indonesia. 

Berdasarkan pengalaman kami, berkendara di jalan pegunungan jadi lebih praktis dengan transmisi otomatis. Buat kalian yang masih pemula dan khawatir melorot di tanjakan, kami berikan trik mudahnya. 

Mobil Lewat Jalur Tanjakan, Optimalkan Pilihan Gigi di Transmisi Matic

Pakai Matic, Ini Tips Mobil LCGC Seperti Daihatsu Ayla Bisa Perkasa di Tanjakan Panjang 02

Kalau kalian berkendara dengan transmisi manual, pasti akan langsung menurunkan gigi ke posisi rendah saat melewati tanjakan yang cukup panjang. Cara yang sama juga perlu dilakukan saat  memakai mobil dengan transmisi otomatis. 

Dalam eksperimen kali ini, kami mencoba jalur yang terkenal punya tanjakan panjang yaitu ruas jalan utama antara kota Batu sampai Malang via Dinoyo. Pada beberapa titik, seringkali terjadi sedikit kemacetan dan antrian sehingga kemampuan transmisi otomatis konvensional 4-percepatan akan cukup diuji. 

Karakteristik transmisi otomatis di mode D-4 pada Daihatsu Ayla atau Toyota Agya ini akan selalu memposisikan gigi pada putaran yang paling ekonomis. Artinya, posisi gigi akan berada cukup tinggi. 

Pakai Matic, Ini Tips Mobil LCGC Seperti Daihatsu Ayla Bisa Perkasa di Tanjakan Panjang 03

Buat kaum hawa, berkendara di tanjakan dengan mode D seperti ini jelas akan riskan karena harus sering kickdown supaya ECU memindahkan gigi ke posisi lebih rendah. Sistem kopling dan fluida dalam transmisi otomatis dipaksa bekerja keras sehingga membuat kampas kopling cepat aus dan oli transmisi juga kualitasnya lekas jelek. 

"Mobil ada yang P, R, N, D, 3, 2 tapi nggak ada 1 kayak di Ayla atau Agya. Biasanya tipe transmisi seperti itu dilengkapi gigi 1 dan 2 secara manual. Pada saat kita melaju di D, percepatan otomatis berlangsung dari gigi 1-4, kalau di posisi ke-3 atau overdrive dibatasi hingga di 3, dan kalau di 2 hanya dibatasi di 2," jelas Hermas Efendi Prabowo, Pemilik Bengkel Worner Matic melalui videonya di akun YouTube Worner Matic. 

Berdasarkan hasil uji coba kami, mobil akan ngeden bila memaksakan transmisi terus di posisi D. Kalaupun kita melakukan kickdown, respon mesin dan transmisi juga agak lemot. Jelas bikin kerepotan saat harus menyalip banyak truk yang merayap di jalan menanjak dari Malang ke Batu. 

Lincah Berpindah Gigi, Bikin Mobil Matic Tetap Responsif di Tanjakan

Pakai Matic, Ini Tips Mobil LCGC Seperti Daihatsu Ayla Bisa Perkasa di Tanjakan Panjang 04

Untuk kalian yang berdomisili di wilayah Jawa Timur dan pernah berkunjung ke kota Batu, jelas tidak asing dengan kondisi jalan yang tanjakannya cukup panjang namun relatif lurus. Situasi ini akan cukup menyiksa transmisi otomatis bila berkendara di posisi D. 

Dari pengalaman kami beberapa waktu lalu, ketika harus menyalip truk yang berjalan lambat di jalan menanjak seperti itu, memindahkan tuas transmisi matic ke gigi 2 jadi solusi yang tepat. Daihatsu Ayla pun bisa tetap lincah dan responsif seperti menyalip di jalan perkotaan. 

Tak perlu harus berhenti saat pindah gigi, kita bisa langsung pindahkan ke posisi 2 asalkan mobil masih melaju dengan kecepatan di bawah 40 km/jam. Transmisi akan tertahan di posisi 2 sehingga kita punya tenaga dan torsi cukup untuk overtaking. 

"Pada saat kita jalan menanjak dan menikung, kalau di D agak menyulitkan. Karena saat kita melaju di tanjakan butuh torsi dan power yang lumayan supaya bisa melewati tanjakan dengan ringan," jelas Hermas dalam videonya. 

Kalau sekiranya kondisinya cukup lengang dan tanjakannya agak landai, kita bisa memposisikan tuas transmisi di gigi 3. Posisi ini memungkinkan transmisi bekerja dari gigi 1 sampai 3 sehingga laju mobil bisa lebih cepat. 

Pakai Matic, Ini Tips Mobil LCGC Seperti Daihatsu Ayla Bisa Perkasa di Tanjakan Panjang 05

Secara performa, LCGC dengan transmisi matic memang tidak seimpresif versi transmisi manual atau mobil dengan kapasitas mesin lebih besar. Tapi kami rasa kemampuannya sudah cukup untuk kondisi berkendara sehari-hari. 

"Kalau kickdown akan terjadi shifting ke 3 atau 2 tergantung pedal yang kita injak tapi berkendara jadi tidak nyaman dan ajrut-ajrutan. Karena itu pada waktu tertentu kita perlu memindah tuas dari D ke 2 supaya kita bisa melewati tanjakan itu. Pakai gigi 2 supaya kita bawanya nyaman, mobil nggak terlalu berat beban, mobil dapat torsi yang enak," begitu penjelasan dari Hermas yang memang ahlinya transmisi otomatis. 

Dari eksperimen yang kami lakukan, saat menghadapi antrian di jalan menanjak, posisi transmisi matic di gigi 2 pun membuat mobil tidak lemot. Kita tinggal main gas-rem saja sehingga sangat praktis. Walau Ayla memakai FWD, akselerasi awal bisa tetap bertenaga bila posisi transmisinya tepat. 

"Pada saat kita memindah tuas D ke 2, tidak perlu harus berhenti dulu, jalan aja seperti biasa. Hanya saja saat kita pindah tuas dari D ke 2 disarankan kecepatan tidak lebih dari 40 km/jam," tutur Hermas. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Daihatsu Ayla 1.0L 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil