Pakai Mesin Serupa, Ini Rahasia Tarikan Toyota Avanza Veloz Lebih Nendang Dibanding Toyota Rush!

Enda · 25 Mei, 2021 08:00

Pakai Mesin Serupa,  Ini Rahasia Tarikan Toyota Avanza Veloz Lebih Nendang Dibanding Toyota Rush! 01

Toyota Rush vs Toyota Avanza Veloz

PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku agen pemegang merek kendaraan Toyota di Tanah Air memperkenalkan Toyota Avanza Veloz sebagai varian paling mewah dari keluarga Avanza yang bermain di segmen Low MPV. Bicara mengenai produk Low SUV-nya, pabrikan otomotif berlogokan tiga oval ini mempunyai Toyota Rush yang juga diketahui sebagai produk flagship rebadge dari Daihatsu Terios. Baik Veloz atau Rush pakai mesin yang sama. 

Mengetahui harga terbaru Toyota Avanza Veloz saat ini melansir dari situs resminya, Low MPV andalan Toyota ini ditawarkan mulai dari Rp212.9 juta hingga Rp235.3 juta. Bila melihat harga baru Toyota Rush, mobil ini dipatok dari harga Rp240.5 juta sampai dengan Rp260.8 juta.

Baca juga: Kenapa Toyota Avanza Selalu Laris Manis, Apa Sih yang Bagus Dari Mobil Itu?

Toyota Avanza Veloz dan Toyota Rush Sama-sama Menawarkan Mesin 1.500 Cc

Pakai Mesin Serupa,  Ini Rahasia Tarikan Toyota Avanza Veloz Lebih Nendang Dibanding Toyota Rush! 02

Mesin 1.5L 2NR-VE Toyota Avanza Veloz dan Toyota Rush

Toyota Avanza Veloz yang hingga kini masih diproduksi dan dijual oleh TAM, ditawarkan dengan dua pilihan mesin, yaitu 1.3L dan 1.5L. Namun pada ulasan kali ini, kami lebih fokus terhadap varian mesin berkubikasi 1.500 cc yang digunakannya oleh kedua varian teratas Avanza Veloz serta seluruh tipe Toyota Rush.

Bicara soal jantung pacu, baik Toyota Avanza- Veloz ataupun Toyota Rush sama-sama dibenamkan mesin yang sama, yaitu; 2NR-VE, 4 Cylinder In Line, 16 Valves, DOHC, Dual VVT-i 1.496 cc yang dapat merilis tenaga hingga 104 PS @6.000 rpm dengan torsi maksimal 136 Nm @4.200 rpm yang ditranslasi ke sistem penggerak roda belakang, Rear Wheel Drive (RWD).

Keduanya Menggunakan Jenis Transmisi yang Sama

Pakai Mesin Serupa,  Ini Rahasia Tarikan Toyota Avanza Veloz Lebih Nendang Dibanding Toyota Rush! 03

Transmisi otomatis Toyota Rush

Sebelum mentranslasi putaran mesin yang dihasilkan melalui penggerak roda belakangnya, putaran mesin pada Toyota Avanza Veloz maupun Toyota Rush ini diatur lebih dulu menggunakan transmisi manual 5-percepatan serta otomatis 4-percepatan dengan model yang sama.

Dimana keduanya memiliki perbandingan rasio sebagai berikut:

Gigi Rasio Transmisi Manual 5-percepatan Toyota Avanza Veloz dan Toyota Rush
Keterangan Angka

Gear Ratio 1st

3.769

Gear Ratio 2nd

2.045

Gear Ratio 3rd

1.376

Gear Ratio 4th

1.000

Gear Ratio 5th

0.838

Gear Ratio Reverse

4.128

Gear Ratio Final

4.875

 

Gigi Rasio Transmisi Otomatis 4-percepatan Toyota Avanza Veloz dan Toyota Rush
Keterangan Angka

Gear Ratio 1st

2.731

Gear Ratio 2nd

1.526

Gear Ratio 3rd

1.000

Gear Ratio 4th

0.696

Gear Ratio 5th

-

Gear Ratio Reverse

2.290

Gear Ratio Final

5.125

Tenaga Toyota Avanza Veloz Lebih Responsif Dibandingkan Toyota Rush Berdasarkan ‘Power to Weight Ratio’

Pakai Mesin Serupa,  Ini Rahasia Tarikan Toyota Avanza Veloz Lebih Nendang Dibanding Toyota Rush! 04

Toyota Avanza Veloz punya tenaga lebih responsif dari Toyota Rush

Menggunakan jenis mesin yang sama, bukan berarti tenaga yang dihasilkan akan tetap sama ketika mobil melaju di atas aspal. Performa mesin kendaraan tidak hanya dilihat dari tenaga dan torsi yang dihasilkan dari mesin itu saja. Setidaknya terdapat istilah power to weight ratio (PWR).

Baca juga: Selisih Rp40 Jutaan, Ini Perbedaan All New Toyota Rush dengan All New Daihatsu Terios

Penjelasan secara singkat, power to weight ratio merupakan pengukuran kinerja mesin secara keseluruhan. Untuk dapat menghitungnya, kalian bisa menggunakan cara membagi tenaga yang dikeluarkan dengan bobot kendaraan tersebut (PS/kg). Tentunya dengan metode seperti ini untuk mengetahui besaran angka rasio berat mobil terhadap tenaga.

Dari sisi rasio tenaga terhadap bobot kendaraan (power to weight ratio), Toyota Avanza Veloz 1.5L memiliki berat kendaraan mencapai 1.085 kg. Yang mana bila ditarik kesimpulan rasio tenaga dan bobot yang dihasilkan sebesar 0,095 PS/kg atau 95 PS/ton. Sedangkan untuk rasio torsi terhadap bobot, Toyota Avanza Veloz memiliki catatan angka 0,125 Nm/kg atau 125 Nm/ton.

Di lain sisi, Toyota Rush diketahui mempunyai berat kendaraan mencapai 1.270 kg. Mengetahui berapa besaran angka rasio tenaga terhadap bobot kendaraan, Low SUV andalan TAM ini memiliki angka mencapai 0,081 PS/kg atau 81 PS/ton. Sedangkan untuk rasio torsi terhadap bobot, Toyota Rush ini mampu memperoleh catatan angka 0,107 Nm/kg atau 107 Nm/ton.

Toyota Rush Kaya Fitur Keselamatan Berkendara

Pakai Mesin Serupa,  Ini Rahasia Tarikan Toyota Avanza Veloz Lebih Nendang Dibanding Toyota Rush! 05

Fitur keselamatan Toyota Rush lebih lengkap

Sebagai informasi, Toyota Rush mempunyai fitur keselamatan yang lebih baik dari Avanza Veloz. Dimana fitur berupa dual SRS Airbag, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA) dan Emergency Brake Signal (EBS) ini dapat memberikan perlindungan lebih baik kepada setiap orang yang berada didalamnya. Lainnya, varian teratas Toyota Rush juga mendapat tambahan empat buah airbag di bagian sampingnya dan secara keseluruhan terdapat enam buah kantung udara. 

Melihat fitur keselamatan pada Toyota Avanza Veloz, mobil ini berhasil mendapatkan rear parking camera, sensor parking, front passenger seat belt warning, 3-points seatbelt, side impact beam dual SRS Airbags, Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake Distribution (EBD).

Toyota Rush Hadir dengan Varian TRD Sportivo

Pakai Mesin Serupa,  Ini Rahasia Tarikan Toyota Avanza Veloz Lebih Nendang Dibanding Toyota Rush! 06

Varian Toyota Avanza Veloz

Masih melansir situs resminya, Toyota Avanza Veloz saat ini ditawarkan dalam empat varian, 1.3 M/T, 1.3 A/T, 1/5 M/T dan 1.5 A/T. Sama-sama dihadirkan dengan empat varian, tipe untuk Toyota Rush yaitu; G M/T, G A/T, TRD Sportivo M/T dan TRD Sportivo A/T.

Kesimpulan

Memiliki bobot yang lebih ringan hanya 1.085 kg, tak ayal membuat tarikan Toyota Avanza Veloz terasa lebih yahut bila dibandingkan tenaga yang diperoleh Toyota Rush dengan menggunakan mesin yang sama. Tidak hanya berpengaruh terhadap tenaga, torsi yang didapatkan Toyota Avanza Veloz juga terasa lebih responsif pada tarikan awalnya.

Apabila kalian suka akan gaya berkendara yang lebih cepat, Toyota Avanza Veloz bisa menjadi pilihan saat ini. Namun jika kalian lebih memperhatikan faktor keselamatan, memiliki tampilan yang lebih macho dan sporty, Toyota Rush bisa jadi pilihan yang tepat.

Baca juga: Deretan Low SUV 7-Seater Terlaris Selama April 2021, Toyota Rush Masih Betah di Posisi Pertama

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Avanza Veloz 1.3 MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru