window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Pakai Nama yang Mirip, DFSK Bakal Labrak Wuling Mini EV Tahun Depan

Prasetyo · 31 Des, 2021 09:00

Pakai Nama yang Mirip, DFSK Bakal Labrak Wuling Mini EV Tahun Depan 01

Dongfeng Fengguang Mini EV
  • Fengguang Mini EV akan diluncurkan tahun depan
  • Ini adalah mobil listrik mungil dari DFSK
  • Harganya diprediksi setara Wuling Mini EV

Suksesnya Wuling Mini EV sepertinya mengganggu banyak pabrikan otomotif lain. Tak terkecuali mereka sesama produsen asal Cina.

Setelah Chery yang sudah menghadirkan QQ Ice Cream yang jelas langsung berhadapan dengan Wuling Hongguang Mini EV, maka tahun depan dipastikan bakal ada satu pesaing baru lagi.

Pakai Nama yang Mirip, DFSK Bakal Labrak Wuling Mini EV Tahun Depan 02

Calon pesaing baru Wuling Mini EV

Adalah Fengguang Mini EV, sebuah mobil listrik mungil dari Dongfeng (DFSK). Awalnya mobil ini disebut sebagai Dongfeng Sokon Candy, namun sekarang sudah siap untuk diproduksi dan dilakukan rebadge. Dari namanya saja sudah jelas kalau DFSK Fengguang Mini EV akan berhadapan langsung dengan Wuling Mini EV.

Dikutip dari Autohome, Jumat (31/12/2021), DFSK Fengguang Mini EV dijadwalkan rilis secara resmi pada kuartal pertama 2022. Pihak pabrikan bahkan sudah menyiapkan beberapa varian yang disesuaikan dengan kebutuhan berbeda para penggunanya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga : Nih Penantang Kuat Wuling Mini EV di Indonesia, Harga dan Spesifikasi Mirip

Eksterior DFSK Fengguang Mini EV Lebih Banyak Lekukan

Pakai Nama yang Mirip, DFSK Bakal Labrak Wuling Mini EV Tahun Depan 01

Mobil listrik mungil dari DFSK

Jika membandingkan dengan Hongguang Mini EV atau Chery QQ Ice Cream, maka Fengguang tampil cukup berbeda. Desainnya punya garis yang lebih tajam dengan pahatan yang cukup tegas.

Pada lampu depan misalnya, terlihat berbentuk persegi kemudian diapit gril model tiga dimensi yang juga punya sudut lancip. Hal senada juga terlihat dari aksen hitam di bagian bemper depannya. 

Pakai Nama yang Mirip, DFSK Bakal Labrak Wuling Mini EV Tahun Depan 02

Logo kotak-kotak kecil membentuk huruf E di gril depan

Untuk logo yang tersemat di tengah gril juga berfungsi sebagai lokasi pengisian daya listrik, mirip yang diterapkan pada Wuling.

DFSK Siap Saingi Wuling Mini EV

Perbandingan Dimensi
  Fengguang Mini EV Wuling Mini EV
Panjang 2.995 mm 2.917 mm
Lebar 1.495 mm 1.493 mm
Tinggi 1.640 mm 1.621 mm
Jarak sumbu roda 1.960 mm 1.940 mm

Tampilan samping mobil ini, konsep desain kotak persegi berukuran kecil adalah yang dilakukan pabrikan. Menyasar mobil berdimensi mikro, ukuran mobil ini ternyata masih lebih besar dari Wuling Mini EV.

Pakai Nama yang Mirip, DFSK Bakal Labrak Wuling Mini EV Tahun Depan 03

Tampak belakang Fengguang Mini EV

Baca juga : Tak Mau Kalah dari Wuling Mini EV, Ini Calon Mobil Listrik Murah DFSK

Mobil listrik mungil DFSK lebih panjang 78 mm, lebih lebar 2 mm serta lebih tinggi 19 mm. Padahal mobil ini sama-sama mampu menampung 4 penumpang. Dengan bodi lebih besar, seharusnya Fengguang menyajikan ruang kabin lebih lapang dibanding Wuling.

Bakal Masuk Indonesia Juga?

Pakai Nama yang Mirip, DFSK Bakal Labrak Wuling Mini EV Tahun Depan 04

Wuling Mini EV siap dipasrkan di Indonesia tahun depan

Dari segi sumber tenaga belum ada informasi lengkap yang terkuak. Pihak pabrikan cuma merilis jika mobil ini akan dibekali motor elektrik bertenaga 36 PS. Sedangkan daya jelajah baterainya juga belum diketahui, namun baterai yang akan digunakan berjenis lithium iron phosphate.

Jika DFSK mau menyaingi Wulig, maka Fengguang Mini EV harus bisa menempuh jarak minimal 170 km dalam sekali isi daya baterai. Sementara harganya juga tidak boleh lebih mahal dari Rp80 jutaan.

Nah kalau Wuling Motors juga sudah berniat memasakan Hongguang Mini EV di Indonesia, bukan tak mungkin DFSK pun memboyong mobil listirk murah ini ke Tanah Air.

Baca juga : Jajal Wuling Mini EV di Indonesia, Mungil dan Gak Butuh Bensin, Tapi Berapa Harganya?

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2021 Wuling Mini EV Upcoming Version

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia