window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Pakai Standar Terbaik di Dunia, Toyota Raize Fiturnya Sesuai Protokol EURO NCAP?

Yongki Sanjaya · 24 Mei, 2021 19:00

Pakai Standar Terbaik di Dunia, Toyota Raize Fiturnya Sesuai Protokol EURO NCAP? 01

Dalam memproduksi sebuah model kendaraan, pabrikan mobil tentu akan menyertakan fitur keselamatan yang akan melindungi saat terjadi kecelakaan. Parameter yang menjadi standar ialah pengujian dalam New Car Assessment Program. Setiap regional memiliki standar pengujian tersendiri, dimana Eropa melalui Euro NCAP standarnya paling tinggi di dunia. 

Euro NCAP dibentuk pada tahun 1996 di Belgia dan uji keselamatan pertama dilakukan pada 1997. Melalui pengujian ini, Euro NCAP akan memberikan skor berupa bintang untuk setiap mobil yang lulus pengujian. 

Pakai Standar Terbaik di Dunia, Toyota Raize Fiturnya Sesuai Protokol EURO NCAP? 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Semakin banyak jumlah bintang tentunya mobil tersebut memiliki tingkat keselamatan yang lebih baik. Dengan teknologi otomotif yang cukup maju, Euro NCAP punya parameter yang cukup rumit dalam menentukan standar keselamatan pada kendaraan. Tidak cuma harus punya fitur keselamatan yang melimpah, namun juga perlu melindungi semaksimal mungkin supaya minim cidera. 

Baca juga:

Lupakan Inden Toyota Raize GR Sport TSS Selama 9 Bulan, Masih Banyak Varian Lainnya yang Layak Kalian Pilih!

Sekarang Lebih Baik Beli Daihatsu Rocky Daripada Toyota Raize! Ini Alasannya

Toyota Raize vs Toyota Kijang Innova Bekas 2016 di Harga Rp 200 Jutaan, Pilih yang Mana?

Bagi kalian, seberapa penting sih hasil uji tabrakan dari Euro NCAP sebagai pertimbangan waktu beli mobil? Dari ulasan ini kamu bisa memahami seberapa penting fitur keselamatan yang ada di mobil baru. 

Euro NCAP, Standar Keselamatan yang Ketat dan Paling Aman di Dunia

Pakai Standar Terbaik di Dunia, Toyota Raize Fiturnya Sesuai Protokol EURO NCAP? 01

Dengan kemajuan teknologi, produsen mobil di Eropa berusaha merancang kendaraan yang punya standar keselamatan terbaik. Walaupun harganya 'murah' tapi fiturnya tidak murahan, karena memang kualitasnya lebih baik dari mobil merek Jepang. 

Standar dari Euro NCAP ini cukup ketat dan sangat tinggi, tujuannya untuk menyeleksi mobil baru supaya layak jual di Eropa. Sebuah mobil wajib lulus uji tabrak yang meliputi  uji tabrak samping, uji tabrak depan, keselamatan penumpang dewasa, keselamatan penumpang anak-anak,   keselamatan pejalan kaki, serta uji fitur keselamatan aktif pasif. 

Tidak heran kalau mobil yang juga dipasarkan di Eropa dianggap sebagai yang paling aman karena telah lulus uji tabrak Euro NCAP sebelum bisa dijual kepada konsumen. Fakta ini setidaknya dapat membantu kamu mencari mobil yang punya value for money dari sisi fitur safety. 

Parameter Pengujian di EURO NCAP, Seberapa Detil?  

1. Adult Occupant Protection

Pakai Standar Terbaik di Dunia, Toyota Raize Fiturnya Sesuai Protokol EURO NCAP? 02

Adult Occupant Protection merupakan pengujian yang fokus pada dampak benturan pada orang dewasa. Parameter ini tidak cuma jadi standar di Eropa melainkan juga di Asia mobil bikinan Jepang dan Korea. 

Pengujian ini meliputi uji benturan frontal, dampak lateral, dan whisplash atau cedera leher. Skor yang diberikan setelah pengujian, mengidentifikasikan kemampuan mobil dalam melindungi pengemudi dan penumpang dewasa. Dalam pengujian ini akan menilai kekuatan 
konstruksi utama pada kabin mobil, jok berikut sandaran kepala dan seat belt, serta kinerja airbag.

2. Child Occupant Protection

Pakai Standar Terbaik di Dunia, Toyota Raize Fiturnya Sesuai Protokol EURO NCAP? 03

Hampir serupa dengan poin pertama di atas, Child Occupant Protection memiliki tiga aspek penting yang harus dipenuhi. Pertama yaitu perlindungan keselamatan ketika uji benturan frontal dan lateral. Kedua adalah kemampuan mobil untuk mengakomodasi jok khusus anak atau car seat. Terakhir yaitu setiap mobil harus memfasilitasi pengait ISOFIX pada jok yang aktif dalam posisi apapun.

Pada 2020 lalu, parameter Euro NCAP diperbaharui pengujian dengan menambahkan beberapa tes baru yang lebih ketat. Terdapat simulasi tabrakan langsung dengan pengemudi mobil lain, yang bertujuan untuk menilai perlindungan yang diberikan mobil terhadap kedua pengemudi.

Dalam parameter Adult Occupant Protection dan Child Occupant Protection juga dilakukan pengujian tambahan soal kemungkinan benturan di antara penumpang dan pengemudi yang berisiko menyebabkan cedera. 

Fitur Mantap yang Berikan Perlindungan Optimal Sesuai Standar Euro NCAP

 

Tidak cuma fitur keselamatan pasif saja yang masuk parameter pengujian di Euro NCAP, namun juga fitur keselamatan aktif untuk melindungi pengguna jalan lainnya. Sebuah kendaraan harus bisa meminimalisir risiko cidera orang lain yang jadi potensi korban kecelakaan seperti pejalan kaki, pengendara sepeda atau objek hidup yang bisa tertabrak.

Pengujian ini menilai risiko cedera pada kepala, panggul, dan kaki pejalan kaki atau orang yang berisiko menjadi korban. Mobil dengan sistem Emergency Brake yang baik mampu mengenali objek manusia di luar kendaraan. Fitur itu akan memiliki nilai lebih baik dalam pengujian ini.

Fitur Safety Assist, Mulai Naik Daun Sejak Kedatangan Daihatsu Rocky dan Toyota Raize

Pakai Standar Terbaik di Dunia, Toyota Raize Fiturnya Sesuai Protokol EURO NCAP? 04

Dengan standar tinggi yang diterapkan oleh konsumen di Eropa, tentu mutu mobil yang dijual di benua biru haruslah punya kualitas yang baik. Melihat kemajuan benua biru, produsen mobil Jepang berusaha mengejar ketertinggalannya terutama di mobil yang harganya cukup terjangkau.

Dalam Euro NCAP memiliki parameter pengujian Safety Assist, untuk menilai keaktifan fitur keselamatan canggih yang disematkan pada sebuah mobil. Fitur keselamatan aktif membantu pengemudi dan penumpang untuk menghindari atau mengurangi dampak dari kecelakaan. 

Pengujian ini dilakukan dengan skenario berkendara normal dan kecelakaan nyata, sehingga bisa menilai seberapa responsif sistem komputer dalam membantu pengemudi mengendalikan mobil.

Untuk sistem keamanan yang ditawarkan pada Daihatsu Rocky 2021 di Indonesia, yaitu Advanced Safety Assist (A.S.A) hanya terdiri dari 6 fitur yaitu terdiri dari Pre-collision Warning, Pre-Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, Lane Departure Warning, terakhir Lane Departure Prevention.

Raize GR Sport yang didukung Toyota Safety Sense (TSS) memiliki fitur lebih banyak, antara lain Lane Departure Assist with Steering Control, Pedal Misoperation Control, Pre-collision System, Front Departure Alert, Rear Cross Traffic Alert plus Blind Spot Monitoring dan Adaptive Cruise Control.

Namun demikian, Raize ini belum melakukan pengujian Euro NCAP untuk pasar Eropa. Sejauh ini Raize telah lulus dengan skor terbaik dari Japan NCAP yang meraih bintang lima. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil