Pakai Transmisi Manual, Seberapa Irit Konsumsi BBM Toyota Avanza 1.3 G?

Yongki Sanjaya · 4 Okt, 2021 14:00

Pakai Transmisi Manual, Seberapa Irit Konsumsi BBM Toyota Avanza 1.3 G? 01

Toyota Avanza sukses menjadi mobil terlaris di Indonesia selama bertahun-tahun. MPV ini jadi favorit karena memiliki durabilitas dan efisiensi bahan bakar terbaik. Dari sekian banyak model, Toyota Avanza bermesin 1.3 liter dengan transmisi manual jadi yang paling dicari karena konsumsi BBM yang irit.

Toyota Avanza dipersenjatai mesin berkapasitas 1.3 liter dan 1.5 liter. Masing-masing pilihan mesin memiliki konsumsi BBM yang berbeda-beda. Kalau tak butuh 'kemewahan' dan tenaga superior, Avanza 1.3 liter kami rasa juga sudah cukup untuk kebutuhan harian. 

Memang, mesin 1.300 cc ini tenaganya pas-pasan dan tidak terlalu besar. Ditambah lagi dengan teknologi VVT-i di mesin Avanza bertujuan supaya menghemat BBM. Pemakaian transmisi manual bisa menekan konsumsi bahan bakar melalui metode eco driving.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Baca juga:

5 Fakta Toyota Avanza 2022 yang Siap Meluncur Akhir Tahun 2021

Penjualan Toyota Veloz GR Limited Terseok, Avanza 2022 Lebih Ditunggu

Rp180 Jutaan Pilih Toyota Avanza 2021 atau Toyota Sienta 2018? Ini Jawabannya!

kamu bisa mengatur perpindahan giginya sendiri. Dengan begitu, beban kerja mesin juga bisa seefisien mungkin. Misalnya kalau transmisi otomatis berpindah sendiri di batas putaran 3.000 rpm, untuk transmisi manual kita bisa melakukannya di putaran 2.000-2.500 rpm. 

Toyota Avanza 1.300 cc, pakai mesin berkode 1NR-FE. Pabrikan triple elips membekali teknologi Dual VVT-i dan DOHC. Di atas kertas, mesin tersebut bisa mengluarkan tenaga maksimum mencapai 96,5 ps pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 125 Nm di 4.000 rpm. Lantas seberapa irit mobil ini? 

Cara Menghitung Konsumsi BBM Toyota Avanza 1.3 G

Pakai Transmisi Manual, Seberapa Irit Konsumsi BBM Toyota Avanza 1.3 G? 01

Umumnya, ada dua cara untuk mengukur tingkat konsumsi BBM suatu kendaraan. Pertama, dengan melakukan perjalanan rute pendek dengan lalu lintas ramai, atau biasa disebut rute dalam kota. 

Pada rute ini transmisi gigi yang digunakan sering naik turun dan kecepatan mobil yang cenderung berubah-ubah. Mobil sering melakukan stop and go karena situasi kepadatan di jalan raya dan lampu lalu lintas.

Sedangkan cara yang kedua yaitu rute panjang jarak jauh atau rute luar kota. Di rute ini, putaran gigi relatif tinggi dan kecepatan kendaraan relatif lebih stabil. Mobil yang cruising di kecepatan tinggi di putaran mesin stabil malah tidak membebankan kinerja mesin.

Range Konsumsi BBM Toyota Avanza 1.3 G dengan Transmisi Manual

Pakai Transmisi Manual, Seberapa Irit Konsumsi BBM Toyota Avanza 1.3 G? 02

konsumsi BBM Avanza bermesin 1.300 cc dengan transmisi manual, sangatlah efisien. Mobil ini mampu menghasilkan konsumsi BBM mencapai kisaran 13,5 km/liter sampai dengan 14,6 km/liter di rute perkotaan. Bagaimana dengan rute panjang seperti antar kota? 

Dengan rute jalan tol dan menjaga kecepatan di kisaran 80 km/jam, si mobil sejuta umat ini bisa mencapai rata-rata 18,4 km/liter. Kalau kecepatannya hanya di kisaran 60 km/jam, bisa tembus 22 km/liter. Irit sekali kan? 

Hal ini tak lepas dari transmisi manual 5-percepatan dipadu teknologi teknologi Dual VVT-i dan DOHC. Karakter mesin lebih bertenaga di putaran atas namun tetap efisien saat pemakaian dalam kota. 

Toyota Avanza 1.3 G dengan Transmisi Manual, Jadi Tipe yang Paling Oke?

Pakai Transmisi Manual, Seberapa Irit Konsumsi BBM Toyota Avanza 1.3 G? 03

Toyota Avanza 2021 bermesin 1.300 cc hadir dalam 2 tipe yaitu tipe E dan tipe G. Sebagai informasi, tipe E adalah tipe paling bawah yang kemudian ada tipe G diatasnya. Menurut kami, tipe 1.3 G dengan transmisi manual adalah pilihan yang cukup rasional. 

Sebagai informasi, Avanza 1.3 G manual menjadi tipe terlaris tahun lalu. Wajar saja, tipe ini punya fitur yang lumayan banyak dan harganya masih tetap terjangkau. 

Pada sisi eksterior, Avanza 1.3 G MT sudah dilengkapi fitur lampu kabut, spion dengan LED, velg alloy berwarna silver 14 inci, handle pintu pintu sewarna bodi, side body moulding, spoiler belakang dengan lampu, wiper belakang, sensor belakang, talang air, serta antena shark fin. 

Interiornya juga nggak terlalu sederhana walau juga tak mewah dengan kombinasi kombinasi hitam, silver, dan beige. Joknya masih fabric warna gelap dan sudah dibekali double blower untuk penyejuk di baris kedua dan ketiga. 

Kelengkapan fitur pada interiornya antara lain:

AC digital

Tombol audio di setir

6 speaker

Tilt steering 

Pengaturan spion elektrik dengan retract

Head unit layar sentuh

Power outlet baris depan dan tengah

USB port baris belakang

Konsol boks tengah

Handgrip model fix

Lampu iluminasi konsol tengah.

Harga Murah, Fitur Keselamatan Toyota Avanza 1.3 G MT Cukup Melimpah

Toyota Avanza 1.3 G MT dijual dengan harga Rp206,7 juta. Harga tersebut cukup terjangkau mengingat fitur keselamatan yang dimiliki lumayan banyak. Toyota Avanza 1.3 tipe G sudah dilengkapi fitur keamanan dan keselamatan antara lain:

Seatbelt 3-titik tiap baris

Seatbelt reminder

Kunci immobilizer

Rem Anti-lock Braking System (ABS)

Rem Electronic Brake-force Distribution (EBD)

Dual SRS airbags

Child lock

Kunci dengan alarm

Auto door lock by speed

Jok ISOFIX

Kesimpulan

Kalau kamu mencari low MPV yang cukup terjangkau, irit, bisa muat banyak penumpang, fitur oke, jawabannya si Avanza 1.3 G MT ini. Mungkin kamu yang masih sangat pemula perlu adaptasi dengan transmisi manual. Awalnya sih sedikit merepotkan, tapi kalau sudah terbiasa maka kamu bisa berkendara eco driving.

Kelebihan lain mobil dengan transmisi manual ialah biaya perbaikannya lebih murah. Kita cukup dibebankan biaya ganti kampas kopling kalau aus beserta jasa. Kalau pakai transmisi matic, kamu perlu rutin kuras oli transmisi tiap 20 ribu kilometer, dan perlu overhaul kalau transmisi mengalami masalah. 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Avanza 1.3E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru