Pantaskan Toyota Kijang Innova Sandang Gelar ‘King of MPV’

Dhoni · 15 Okt 2020 03:15

Sukses bertarung dalam penjualan di kelas MPV, Toyota akan kembali meluncurkan Kijang Innova facelift 2021 pada hari ini, tentunya menjadi strategi tersendiri dalam pertahankan tahtanya sebagai ‘King of MPV’ dalam keberhasilannya merebut pasar otomotif.

Padahal di tengah pandemi Covid-19 hingga rumor pajak 0% untuk pembelian mobil baru, Toyota All New Kijang Innova cukup sukses melakukan penjualan.

Dengan line up Toyota All New Kijang Innova yang terdiri dari varian G, Q, V dan Venturer  telah terjual hingga Agustus 2020 (data Gaikindo) mencapai 17.621 unit. Hal ini membuat Kijang Innova yang tersedia dalam mesin bensin maupun diesel dengan transmisi manual dan matic, termasuk MPV sukses dalam melakukan penjualan.

No Varian Jumlah
1 Kijang Innova tipe G (6 varian) 10.941 unit
2 Kijang Innova tipe Q (2 varian) 7 unit
3 Kijang Innova tipe V (5 varian) 4.552 unit
4 Kijang Innova Venturer (5 varian) 1.773 unit

Memang jika dibandingkan penjualan tahun lalu yang sesuai data Gaikindo masih cukup jauh. Secara data dari Gaikindo untuk tahun 2019, Kijang Innova berhasil terjual sebanyak 52.981 unit dan mengantarkan mobil MPV ini berada diurutan ketujuh dari deretan mobil terlaris selama 2019, seperti pada tabel berikut:

No Merek dan Tipe jumlah
1 Toyota Avanza 86.374 unit
2 Honda Brio 70.344 unit
3 Mitsubishi Xpander 62.666 unit
4 Toyota Rush 61.569 unit
5 Toyota Calya 54.549 unit
6 Suzuki Carry: 53.192 53.192 unit
7 Toyota Kijang Innova 52.981 unit

Namun yang harus diperhatikan, hanya Toyota Kijang Innova yang berhasil masuk 10 besar sebagai kendaraan MPV menengah (bukan LMPV) dan layak mendapat julukuan ‘King of MPV’.

Keberhasilan ini membuktikan, nama besar Toyota Kijang sebagai kendaraan keluarga dengan 7 bangku di Indonesia masih cukup berpengaruh. Bahkan dapat dikatakan, Toyota Kijang Innova memiliki konsumen tersendiri. Walau sebenarnya, secara persaingan di segmen MPV masih tergolong sepi.

Padahal dari segi harga, Kijang Innova dibanderol mulai dari 236 jutaan hingga 428 jutaan membuatnya lebih tinggi dari Wuling Cortez. Namun mobil andalan dari negeri Tiongkok ini masih sulit mendekati dari penjualan Kijang Innova hingga periode 1 tahun 2020. Selama kurun waktu Januari – Agustus 2020, Wuling Cortez hanya terjual 535 unit (data Gaikindo).

Kehadiran Toyota Kijang Innova facelift 2021 yang akan segera diluncurkan oleh pihak PT Toyota Astra Motor (PT TAM), tentu dinantikan oleh para konsumen pencinta Toyota Kijang Innova. Terlebih lagi, sejak diluncurkan pada 2004 Kijang Innova baru mengalami sekali mengalami evolusi.

Ubahan yang paling signifikan pada Toyota Kijang Innova 2015 adalah sisi eksterior dengan penggunaan lampu facelift seperti pada umumnya ubahan penampilan mobil saat itu. Memang bagian interior hingga mesin mengalami penyegaran.

Yang menjadi pertanyaan terkait dengan peluncuran Toyota Kijang Innova versi 2021,  apakah singgahsana sebagai ‘King of MPV’ tetap dikuasai oleh Toyota Kijang Innova?

Tapi pastinya, PT TAM sedang mengejar target penjualan Toyota Kijang hingga 2 juta unit hingga akhir tahun 2021. Sejak diperkenalkan tahun 1977 hingga Agustus 2020, Toyota Kijang (termasuk Kijang Innova) telah terjual 1.931.380 unit di Indonesia.

 

Komentar

Mobil Terbaru