window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Pasang Extra Fan Mitsubishi Pajero Sport, Untuk AC Lebih Mudah Dingin dan Hindari Overheat

Evan · 29 Agu, 2021 08:30

Pasang Extra Fan Mitsubishi Pajero Sport, Untuk AC Lebih Mudah Dingin dan Hindari Overheat 01

Mitsubishi Pajero Sport merupakan SUV tangguh yang disukai pasar Indonesia. Bentuknya yang tinggi dan besar memberikan kesan macho dan garang. Tak ayal penjualannya pada kuartal pertama 2021 mengalahkan Toyota Fortuner walaupun hadir tanpa diskon PPnBM. Banyak konsumen loyal yang rela membayar lebih tanpa diskon karena percaya dengan ketangguhan dan durability Pajero Sport. Tetapi satu hal yang tidak diketahui orang banyak adalah mobil ini ternyata tidak memiliki extra fan bawaan.

Baca Juga:Mitsubishi Xpander 'Passion Red Edition' Meluncur di Thailand, Apa Saja Ubahannya?

Pasang Extra Fan Mitsubishi Pajero Sport, Sudah Ada Dudukan, Lubang Baut, dan Soket

Pasang Extra Fan Mitsubishi Pajero Sport, Untuk AC Lebih Mudah Dingin dan Hindari Overheat 02

Pajero Sport terbaru juga minus extra fan

Sejak generasi pertama diluncurkan pada tahun 2009 di Indonesia, Mitsubishi sengaja tidak memberikan extra fan. Hingga sekarang pun yang sudah memasuki generasi kedua, Mitsubishi belum juga memberikan alat ini. Maka dari itu ada banyak perusahaan aftermarket yang membuat extra fan plug and play bagi Pajero Sport.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Pasang Extra Fan Mitsubishi Pajero Sport, Untuk AC Lebih Mudah Dingin dan Hindari Overheat 01

Dudukan sudah ada

Hal yang menarik adalah meski tidak diberikan extra fan, namun dudukan, lubang baut, dan soket kabel untuk pasang extra fan Mitsubishi Pajero Sport sudah disediakan dari pabrikan. 

Padahal baik Pajero Sport yang dijual di beberapa negara lain seperti misalnya Australia punya dan menjadi standar di setiap varian. Di Indonesia sendiri semua seri Pajero Sport mulai dari GLS, Exceed, dan Dakar 4x2 tidak dilengkapi extra fan. Kecuali Pajero Sport tipe dakar 4x4 yang menjadi tipe termahal. 

Umur Mobil berpengaruh

Pasang Extra Fan Mitsubishi Pajero Sport, Untuk AC Lebih Mudah Dingin dan Hindari Overheat 02

Lebih dari satu dekade hadir

Tentu pabrikan sudah meriset terlebih dahulu apakah penggunaan extra fan perlu dan sesuai dengan kondisi Indonesia yang cukup panas. Selain itu kemampuan dari radiator dan kondensor sudah dianggap cukup oleh Mitsubishi ketika bekerja dengan hawa mesin yang panas. 

Namun umur mobil juga sangat berpengaruh dengan kerja radiator dan kondensor itu sendiri. Apalagi untuk Pajero Sport yang dibuat tahun 2009, sudah satu dekade alat-alat ini bekerja dan pasti mengalami penuruan kerja. Bisa dilihat dari Indikator suhu di speedometer saat macet maupun hembusan AC mobil yang dirasa kurang dingin. Jika terus dibiarkan akan membuat mobil mudah mengalami overheat, untuk itu rasanya perlu untuk pasang extra fan Mitsubishi Pajero Sport.

Baca Juga:Mitsubishi Siapkan Mobil Listrik Murah Rp260 Jutaan, Inikah Harga Xpander Hybrid?

Fungsi Extra Fan 

Pasang Extra Fan Mitsubishi Pajero Sport, Untuk AC Lebih Mudah Dingin dan Hindari Overheat 03

Contoh pemasangan extra fan

Padahal extra fan sendiri dibutuhkan untuk membantu kerja radiator dan kondensor agar bisa maksimal. Tambahan angin dari extra fan akan dengan cepat mendingkan coolant yang lewat melalui radiator ketika mesin bekerja. 

Hal yang sama juga berlaku bagi kondensor karena pembuangan panas dari extra fan membantu dalam mempercepat kondensasi freon menuju kabin mobil melalui AC mobil. Hal ini berimbas pada hembusan AC menjadi lebih dingin meski mengenderai mobil di siang hari yang panas dan kondisi jalanan macet.

Bagaimana Pasang Extra Fan Mitsubishi Pajero Sport?

Pasang Extra Fan Mitsubishi Pajero Sport, Untuk AC Lebih Mudah Dingin dan Hindari Overheat 04

Ada banyak jenis extra fan untuk Pajero Sport

Cara pemasangan extra fan pun cukup mudah, karena sudah ada dudukan yang diberikan dari Mitsubishi. Hanya perlu mengencangkan baut pada lubangnya, dan mencolokkan kabel ke soket extra fan ke soket yang telah tersedia.

Jangan lupa pasang relay dengan membuka penutup kotak sekring yang ada di bagian kiri mesin. Perhatikan bagian belakang kotak karena disitu Mitsubishi telah disiapkan diagram untuk proses pasang extra fan Mitsubishi Pajero Sport. Hidupkan mobil dan pastikan extra fan bekerja dengan baik. Apabila temperatur mesin tidak terlalu tinggi, extra fan akan mati.

Baca Juga:Edisi Khusus Rockford Fosgate Jadi Magnet Konsumen Beli Mitsubishi Xpander

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 AT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil