window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Pasti Masuk Indonesia, Mahindra Thar Cocok Jadi Alternatif Murah Suzuki Jimny?

Enda · 5 Okt, 2021 13:00

Pasti Masuk Indonesia, Mahindra Thar Cocok Jadi Alternatif Murah Suzuki Jimny? 01

Mahindra Thar dipastikan akan tiba di Tanah Air

SUV B-segment jenama India, Mahindra Thar, pertama kali diperkenalkan di negara asalnya pada awal Oktober 2020. Sebagai calon rival Suzuki Jimny, Thar yang juga bergaya boxy dikabarkan juga akan tiba di Tanah Air.

“Mahindra Thar pasti masuk Indonesia tapi kami belum bisa bicara kapan. Sekarang ini terlambat karena permintaan di India banyak,” ujar salah satu sumber terpercaya kami yang tidak ingin disebutkan namanya.

Bicara mengenai harga bandrolnya, saat diluncurkan pertama kali mobil SUV kompak ini ditawarkan seharga 9,80 lakh rupee sampai dengan 12,49 lakh rupee atau sekitar Rp199 juta hingga Rp253 juta setelah dirupiahkan.

Tampilan Mahindra Thar Terinspirasi dari Jeep Wrangler?

Pasti Masuk Indonesia, Mahindra Thar Cocok Jadi Alternatif Murah Suzuki Jimny? 02

Tampilan depan Mahindra Thar terinspirasi dari Jeep Wrangler yang dijual untuk pasar Australia

Mengenai tampilan, SUV tangguh asal Negeri Bollywood ini memiliki bentuk eksterior dan interior yang mirip dengan salah satu SUV asal Negeri Paman Sam, yakni Jeep Wrangler yang dijual untuk pasar Australia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Seperti yang bisa dilihat, pada tampilan eksterior mobil ini memiliki garis lekuk yang kaku dan tajam. Pada bagian fascia, Mahindra Thar disematkan dengan lampu model bulat yang dipadukan grille berbentuk vertikal serta bumper yang kokoh dengan tambahan fog lamp di ujung bumpernya.

Pasti Masuk Indonesia, Mahindra Thar Cocok Jadi Alternatif Murah Suzuki Jimny? 01

Lampu sinyal berbelok untuk bagian depannya sendiri diletakan di fender yang sejajar dengan lampu utamannya. Menengok bagian samping, mobil ini juga terlihat mirip dengan Jeep Wrangler yang mana mempunya bentuk kaku, dengan tambahan over fender, foot step, serta penggunaan velg R18 berkelir silver yang dibungkus dengan ban berprofil 255/65. Untuk bagian atap, serta pilar B hingga C nya mendapat sentuhan warna hitam yang terkesan begitu sporty.

Pasti Masuk Indonesia, Mahindra Thar Cocok Jadi Alternatif Murah Suzuki Jimny? 02

Tampilan belakang Mahindra Thar

Bergeser ke bagian buritan, Mahindra Thar memperoleh bumper dengan tampilan kokoh serta stoplamp reflektor dengan pencahayaan berteknologi LED. Untuk ban cadangannya sendiri diletakan menempel tepat di tengah pintu bagasinya.

Pasti Masuk Indonesia, Mahindra Thar Cocok Jadi Alternatif Murah Suzuki Jimny? 03

Mahindra Thar mengimplementasikan desain kaku namun terkesan kokoh pada tampilan interiornya

Beranjak ke bagian dalam, nuansa interior mobil ini juga bisa dibilang masih terinspirasi dari Jeep Wrangler yang terlihat kaku namun tetap menampilkan kesan kokoh. Dimana dashboardnya ini menggunakan model bertumpuk dengan tambahan grip pada penumpang bagian depan guna memberikan daya cengkram disaat melewati jalan berkontur. Beberapa tombol pengaturannya juga diletakan secara ergonomis pada center cluster tepat di bawah louver AC dengan bentuk bulat.

Baca juga: Punya Bentuk yang Aneh, Mahindra Bolero Maxitruck Rupanya Ungguli Mitsubishi L300 Angkut Hasil Pertanian

Di bagian pengemudi, kalian bisa menemukan tampilan instrument cluster berpenampilan sporty dengan lingkaran merah yang dipadukan layar MID untuk mengetahui status dan informasi kendaraan. Lingkar kemudi daripada Mahindra Thar ini menggunakan model 4-spoke yang dilengkapi dengan beberapa tombol pengaturan yang langsung dihubungkan dengan sistem infotaiment layar sentuh yang telah mendukung konektivitas Andorid Auto, Apple CarPlay, USB dan navigasi. Pada sisi sebelah kanan setir, kalian juga bisa menemukan beberapa tombol pengaturan yang berfungsi untuk menjalankan beberapa fitur serta mengatur informasi pada layar MID.

Dimensi Mahindra Thar Lebih Besar dari Suzuki Jimny

Pasti Masuk Indonesia, Mahindra Thar Cocok Jadi Alternatif Murah Suzuki Jimny? 04

Jika dalam waktu dekat Mahindra Thar dijual secara resmi di Tanah Air, bisa dipastikan mobil ini akan berhadapan langsung dengan Suzuki Jimny secara segmen.

Bicara dimensi, Mahindra Thar memiliki panjang 3.985 mm, lebar 1.855 mm dan tinggi 1.844 mm serta wheelbase 2.450 mm. Mengetahui dimensi yang dimiliki Suzuki Jimny, secara data di atas kertas mobil ini mempunyai panjang 3.645 mm, lebar 1.645 mm, tinggi 1.725 mm serta jarak sumbu roda 2.250 mm.

Melihat daripada keduanya, dapat ditarik kesimpulan bahwa Mahindra Thar ini memiliki dimensi yang lebih besar secara keseluruhan. Memiliki dimensi yang lebih besar, tentunya akan berpengaruh dengan luasnya ruang pada kabin.

Perbandingan dimensi Mahindra Thar vs Suzuki Jimny
Keterangan Mahindra Thar Suzuki Jimny
Panjang 3.985 mm 3.645 mm
Lebar 1.855 mm 1.645 mm
Tinggi 1.844 mm 1.725 mm
Wheelbase 2.450 mm 2.250 mm

Mahindra Thar Mendapat Fitur Unggulan dengan Kualitas Jempolan

Pasti Masuk Indonesia, Mahindra Thar Cocok Jadi Alternatif Murah Suzuki Jimny? 05

Mengetahui fitur unggulan yang ada pada Mahindra Thar, menurut data yang kami terima melalui situs resmi di negara asalnya mobil ini berhasil tersematkan Tilt Adjuster Steering Wheel, Steering Mounted Audio & Phone Controls, Cruise Controls, Tip & Slide Mechanism in Co-Driver Seat, Height Adjuster Driver Seat, dan USB Charging Port.

Selain itu kalian juga dapat menemukan Central Locking, Remote Keyless Entry, Rear Demister, Illuminated Key Ring, Manual Day-Night IRVM, HVAC, Electrically Operated HVAC Controls, Adventure Statistics, Adventure Connect, TPMS, Tyre Direction Monitoring System, BlueSense App Connectivity, Follow-Me-Home, Voice Commands, serta ORVM Adjustment.

Baca juga: Bukan Buat Offroad, Suzuki Jimny 2021 Ini Malah Diubah Jadi Warung Kopi Keliling

Fitur Keselamatan Mahindra Thar Cukup Lengkap

Pasti Masuk Indonesia, Mahindra Thar Cocok Jadi Alternatif Murah Suzuki Jimny? 06

Fitur keselamatan Mahindra Thar cukup lengkap

Mengenai fitur keselamatan, Mahindra Thar berhasil tersematkan ESP with Roll-over Mitigation, ABW with EBD & Brake Assist, Dual Airbags, Seat Belt Reminder, ISOFIX, Snow Chain Provision for Tyres, Speed Sensing Front Door Locks, Panic Braking System, Anti-Theft Alarm, Vehicle Over-speed Warning, Passanger Airbag Deactivation Switch, Parking Sensor, Brake Locking Differential dan Two Hitch Protection.

Mahindra Thar Ditawarkan Dua Pilihan Mesin dengan Penggerak 4x4

Pasti Masuk Indonesia, Mahindra Thar Cocok Jadi Alternatif Murah Suzuki Jimny? 07

Mesin Mahindra Thar

Urusan jantung pacu, pabrikan sendiri membenamkan Mahindra Thar dengan dua pilihan mesin, yaitu 2.0L bensin dan 2.2L diesel turbocharger.

Secara data, mesin diesel berkodekan mHawk 130 yang digunakannya ini memiliki kapasitas 2.184 cc dengan menghasilkan tenaga 133 PS @3.750 rpm serta torsi puncak 300 Nm @1.600-2.800 rpm.

Sedangkan varian bensinnya dibenamkan mesin mStallion 150 TGDi berkubikasi 1.997 cc yang mana mampu melecutkan tenaga 153 PS @5.000 rpm dengan torsi @300 Nm @1.250-3.000 rpm.

Pasti Masuk Indonesia, Mahindra Thar Cocok Jadi Alternatif Murah Suzuki Jimny? 08

Agar membuatnya dapat berjalan, baik varian diesel mapun diesel Mahindra Thar ini ditawarkan dua pilihan transmisi, yaitu manual 6-percepatan dan otomotis 6-percepatan.

Oh iya, agar lebih mudah dalam menakhlukan medan off-road, Mahindra Thar dilengkapi dengan penggerak empat roda (4WD) yang dikendalikan secara manual dengan high-Low Reduction Gear.

Baca juga: Transmisi Bisa Macet Tiba-Tiba, Suzuki Indonesia Umumkan Recall Jimny

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Mahindra Scorpio Pikup Single Cab

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil