window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Pelan-pelan Harga Suzuki Baleno Naik Terus, Apa Saja Kelebihannya?

Samuel Tito · 14 Sep, 2020 19:00

Pelan-pelan Harga Suzuki Baleno Naik Terus, Apa Saja Kelebihannya? 01

Suzuki Baleno hatchback versi terbaru, tepatnya edisi tahun 2020 baru saja diluncurkan dengan harga yang hanya lebih mahal dari versi sebelumnya. Lalu apa saja perubahan Suzuki Baleno terbaru ini dengan selisih harga yang lumayan dari versi sebelumnya?

Perubahan ini disebut facelift, atau sekedar mengubah penampilan yang sifatnya kosmetik. Jadi bisa dibilang perubahan Suzuki Baleno Hatchback 2019 tidak signifikan. Tampaknya perubahan tersebut dimaksudkan untuk membedakan antara versi terbaru dengan versi lama, sehingga ada nilai kebaruan yang bisa dibanggakan konsumen saat membeli model terbaru.

Di Indonesia, New Suzuki Baleno tersedia dalam dua varian, yakni Suzuki Baleno M/T dan Suzuki Baleno A/T. Harga Suzuki Baleno berkisar dari Rp 230 juta hingga Rp 242 jutaan. Ini merupakan harga Baleno 2020. Saudara New Baleno dari pabrikan yang sama, yakni Suzuki Ignis. Mobil Suzuki Ignis memiliki total 4 tipe. Harga mobil Suzuki Ignis terbaru berkisar dari Rp 170 juta hingga Rp 200 juta. Ini merupakan harga Ignis 2020. Konsumen juga bisa melihat harga promo Suzuki Ignis dan mobil Suzuki Indonesia lainnya di situs otomotif.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Berikut ini adalah daftar perubahan pada New Suzuki Baleno terbaru:

Desain Grill Baru

Pelan-pelan Harga Suzuki Baleno Naik Terus, Apa Saja Kelebihannya? 01

New Suzuki Baleno Hatchback Facelift Grill 2020 lebih besar dari versi sebelumnya, dengan aksen krom yang lebih tipis di bagian bawah gril. Namun, dari segi bentuk panggangan sebenarnya tidak banyak berubah.

Desain Bumper Depan Baru

Perubahan paling signifikan ada pada bumper depan yaitu housing fog lamp yang menjadi sangat besar dengan ornamen honeycom yang senada dengan gril radiator. Selain itu, terdapat pula aksen diffuser yang berbentuk seperti tiga lapis dengan bagian atas berbentuk panah dengan balutan warna hitam piano dan dua lapis warna bodi di bagian bawah.

Sisi positifnya, desain ini membuat wajah New Baleno terlihat lebih sporty. Namun pemiliknya harus menjaga agar bagian plastik ini tetap terlihat baru dengan rajin memolesnya dengan plastik gloss hitam. Kami memperkirakan, suku cadang tersebut akan terlihat kusam saat mobil sudah tua, karena karakter plastiknya yang mudah kabur seiring bertambahnya usia.

Lampu Utama dengan LED Projector

Lampu utama Suzuki New Baleno Hathback 2020 telah mendapat peningkatan dengan hadirnya Lampu Kepala Proyektor LED, sehingga intensitas cahayanya lebih terang dari sebelumnya.

Desain Spoke Wheel

Pelan-pelan Harga Suzuki Baleno Naik Terus, Apa Saja Kelebihannya? 02

Di bagian samping, yang terlihat benar-benar baru adalah desain velg yang lebih sporty. Ini perubahan paling positif yang terlihat pada Suzuki Indonesia mobil New Baleno Facelift ini.

Pelapis Warna Ganda Hitam-Biru

Pelan-pelan Harga Suzuki Baleno Naik Terus, Apa Saja Kelebihannya? 03

Di bagian interior, ubahan memberi rasa baru disematkan pada upholstery dan door trim yang diberi kain biru. Sehingga tampilan kursi dan doortrim menjadi dual-tone.

Warna Baru - Metalik Magma Grey

Pelan-pelan Harga Suzuki Baleno Naik Terus, Apa Saja Kelebihannya? 04

Yang juga baru dari New Baleno Hatchback Facelift 2020 adalah pilihan warna baru berupa abu-abu metalik atau Metallic Magma Grey. Warna ini tergolong elegan dan terlihat mewah, cocok untuk yang ingin tampil anggun dan maskulin.

Dari segi mesin, Suzuki tidak mengubah mesin hatchback ini, masih dengan mesin sebelumnya berkode K14B 1400 cc 4 silinder dengan tenaga 92PS dan torsi maksimal 130 Nm yang disalurkan melalui transmisi manual 5 percepatan atau 4 silinder. -kecepatan otomatis.

Menurut klaim PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), ubahan Baleno Hatchback terbaru ini ditujukan untuk memberikan tampilan yang lebih premium sehingga menambah kebanggaan pada urban yang dinamis.

PT SIS telah menjuluki Suzuki New Baleno Hatchback Facelift 2020 sebagai 'The Complete Hatchback', atau hatchback lengkap. Karena memberikan gaya modern, fitur melimpah, kenyamanan dan kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya.

Berikut Harga Suzuki Baleno Hatchback facelift:

  • Baleno Hatchback MT: Rp230 juta
  • Baleno Hatchback AT: Rp 242,5 juta.

Kelebihan Kekurangan Suzuki Baleno Hatchback Indonesia

Awal Suzuki Baleno Hatchback terbaru tiba di Indonesia pada tahun 2017, tepatnya diluncurkan di ajang GIIAS 2017. Namun sebenarnya hatchback Suzuki ini sudah memiliki debut global yang cukup lama. Apa saja kelebihan dan kekurangan dari hatchback Suzuki Baleno Indonesia ini? Mari kita ulas satu per satu.

Baleno awalnya merupakan sedan kecil yang bersaing dengan Toyota Vios dan Honda City secara global. Namun, versi sedannya tidak terlalu sukses. Alih-alih merilis facelift atau versi generasi baru, ternyata Suzuki justru mengubah segmen Baleno menjadi hatchback kompak.

Hatchback Baleno ini mengisi celah antara Suzuki Splash dan Swift. Alasan itu mengapa mobil ini dijual dengan harga yang cukup kompetitif yaitu sekitar Rp200 Jutaan. Berikut ulasan detail mengenai kelebihan dan kekurangan Suzuki Baleno Hatchback:

Kelebihan Suzuki Baleno

Harga Terjangkau

Varian Harga
Suzuki Baleno M/T Rp 230.000.000
Suzuki Baleno A/T Rp 242.500.000

Dari segi dimensi dan fitur, Suzuki Baleno Hatchback bersaing ketat dengan hatchback kompak seharga hampir Rp300 juta. Namun ternyata harga Baleno termahal ternyata hanya berkisar Rp242,5 juta. Artinya Suzuki Baleno memiliki nilai uang yang tinggi. Apalagi bagi konsumen yang bisa mengabaikan beberapa kekurangannya.

Kualitas Eksterior Baik

Suzuki memang membuat mobil dengan kualitas perakitan dan bahan yang cukup bagus. Sehingga kualitas build eksterior terlihat rapi dan interior terasa cukup mewah. Meski tidak sebagus mobil Eropa, setidaknya dibandingkan dengan hatchback kecil seperti Honda Brio, Toyota Etios Valco, atau Daihatsu Sirion, Baleno Hatchback terasa lebih mewah.

Lampu Modern

Lampu Projector HID - Headlamp Baleno Hatchback sudah menggunakan proyektor HID, sehingga terlihat modern dan tentunya kualitas pencahayaannya akan lebih baik dari lampu halogen biasa. Untuk sebuah mobil seharga Rp200 jutaan, lampu proyektor HID terasa sangat mewah.

Fitur Positioning LED DRL: Lampu depan Suzuki Baleno juga terintegrasi dengan LED positioning. Lampuitu akan menyala pada siang hari saat mesin dihidupkan. Lampu ini sama dengan yang ada di Suzuki Ignis. Sehingga tampilan hatchback Baleno terlihat modern.

Lampu Belakang LED: Lampu belakang Suzuki Baleno juga LED, jadi terlihat bagus saat dinyalakan. Lampu sein LED pada kaca spion - Tak ketinggalan housing spion juga sudah dipersenjatai dengan LED sehingga memberikan kesan mobil yang mahal.

Penampilan Eksterior Baleno Berkarakter

Desain muka Suzuki Baleno Hatchback memiliki ciri khas sehingga mudah dikenali. Perihal selera desain suatu obil memang tergantung pada konsumen. Bisa berbeda-beda dan tidak sama, itu pun termasuk dalam menilai desain Suzuki Baleno terbaru ini.

Fitur rem ABS, EBD dan BA

Fitur rem Baleno Hatchback terbilang cukup lengkap untuk mobil di Indonesia, karena sudah terdapat Antilock Braking System (ABS), Electric Brake Distribution (EBD) dan Brake Assistance (BA). Dimana kompetitor baru hanya memiliki ABS dan EBD.

Sistem Operasi Tanpa Kunci

Tombol mesin start-stop - Menghidupkan dan mematikan mesin hanya dengan membawa remote dan menekan tombol start-stop. Smart Keyless Entry - memudahkan untuk membuka pintu mobil Suzuki Balenohanya dengan melepas remote kunci, membuka pintu tanpa harus menekan tombol remote. Pintu bisa langsung dibuka dengan menekan tombol kecil di pegangan pintu.

Koneksi Bluetooth

Head unit pada hatchback ini mendukung konektivitas dengan smartphone yang juga didukung tombol telephony steering switch. Sehingga pengemudi dapat berbicara di telepon dengan menghubungkan ke sistem audio mobil.

Kabin Lega

Kabin hatchback Baleno cukup lega, bahkan sangat lega, baik di ruang kaki maupun di ruang kepala. Untuk orang dengan tinggi 180 cm, dengan jok pengemudi yang ideal untuknya, ia masih mendapat ruang kaki yang cukup luas di belakang jok pengemudi. Dimensi mobil ini adalah 3.995 x 1.745 x 1.510 mm untuk panjang x lebar x tinggi.

Area Bagasi

Dengan dimensi panjang 3.995 mm dan jarak sumbu roda 2.520 mm, memungkinkan banyak ruang bagasi untuk ukuran mobil Suzuki Baleno hatchback kompak, yaitu 355 liter.

Ground Clearance Tinggi

Ground clearance terendah untuk Suzuki Baleno hatchback adalah 170 mm. Itu lebih tinggi dari hatchback kompak lainnya seperti Toyota Yaris dan Honda Jazz. Atau hatchback kecil seperti Honda Brio atau Daihatsu Sirion. Sehingga hatchback Baleno ini memiliki daya jelajah yang baik.

Fitur Kemudi/Setir Teleskopik

Pengaturan kemudi juga sangat mendukung kenyamanan pengemudi. Ketinggian roda kemudi dapat disesuaikan dengan tilt steering, dan dapat digerakkan maju mundur dengan kemudi teleskopik. Sehingga pengemudi bisa mendapatkan posisi mengemudi yang paling nyaman.

Ada Pengatur Tinggi Kursi Pengemudi

Selain tilt dan telescopic pada mobil Baleno , posisi mengemudi yang paling sesuai dengan postur tubuh masing-masing pengemudi juga bisa didapat dengan mengatur ketinggian jok pengemudi.

Kursi Semi-Bucket

Kenyamanan pengemudi dan penumpang diutamakan oleh para desainer Baleno dengan jok yang tebal, empuk dan dengan desain semi bucket. Sehingga posisi jok penumpang terjaga dengan bentuk sandaran dan jok yang seperti memeluk badan dari belakang.

AC Digital + Pemanas

Mobil-mobil terbaru Suzuki semakin modern dengan panel AC digital dan otomatis. Hebatnya, AC tidak hanya AC, tapi juga heater yang bisa menghangatkan ruangan saat cuaca dingin. Fitur ini juga terdapat pada Suzuki Ignis.

Empat Sensor Parkir di Belakang

Pelan-pelan Harga Suzuki Baleno Naik Terus, Apa Saja Kelebihannya? 05

Suzuki Baleno Hatchback yang dijual di Indonesia juga dilengkapi dengan sensor parkir 4 titik pada bumper belakang. Sehingga pengemudi tidak perlu khawatir bagian belakang mobil sering terbentur benda keras saat parkir.

Arm Rest untuk Pengemudi

Tutup ruang penyimpanan di konsol tengah juga berfungsi sebagai sandaran tangan bagi pengemudi. Covernya juga nyaman untuk disentuh karena dibalut bahan kulit. Desainer Baleno sepertinya mengutamakan kenyamanan pengemudi.

MID Multi-Warna Menarik

Multi Information Display (MID) Baleno hatchback terlihat sangat modern dengan multi warna, tidak monokrom seperti kebanyakan mobil lain. Cluster meter juga terlihat modern dengan kombinasi warna cerah yang kontras. dipadukan dengan warna ambiem biru.

Hemat Bensin

Konsumsi bahan bakar hatchback Baleno diukur melalui uji termodinamika dari Motor & Propulsion Technology Center di Center for Motor Thermodynamics & Propulsion Technology (BT2MP). Hasilnya Baleno tipe manual mampu menempuh jarak 22,17 km / liter, sedangkan tipe otomatis 20,66 km / liter. Itu angka yang menarik, karena efisiensi bahan bakarnya sama atau bahkan lebih baik dari pada LCGC hatchback kecil.

Sasis Platform HEARTECT

Hatchback Baleno menggunakan teknologi bingkai HEARTECH yang ringkas dan 15% lebih ringan. Dan Total Effective Control Technology Body (TECT). Yakni teknologi sasis dengan fungsi yang sama dengan Honda G-CON + ACE, yang memungkinkannya menyerap energi benturan secara efektif dan mendistribusikan energi tersebut ke seluruh rangka, sehingga mengurangi kerusakan interior mobil dan meningkatkan peluang penumpang selamat.

Side Impact Beam

Selain sasis, fitur keselamatan pasif juga tersedia di setiap pintu, yakni kekerasan berupa side impact beam. Palang pipa keras berfungsi untuk melindungi penumpang jika terjadi tabrakan atau tabrakan keras dari samping mobil.

Kekurangan Suzuki Baleno

Sandaran Jok Belakang Statis

Pelan-pelan Harga Suzuki Baleno Naik Terus, Apa Saja Kelebihannya? 06

Untuk penumpang mobil Baleno di baris kedua, kursi belum dilengkapi dengan fitur pengatur kemiringan. Hal ini berpotensi menimbulkan kelelahan saat perjalanan jauh. Jadi untuk perjalanan jauh siapkan alat penunjang agar badan tidak lelah di baris kedua penumpang.

Tenaga dan Torsi Kurang Menarik

Mesin Suzuki Baleno 2020
Tipe Mesin K14B, DOHC, 4-silinder inline, 16 katup VVT
Kapasitas Silinder 1.373 cc
Tenaga Maksimal 90 Hp@ 6.000 rpm
Torsi Maksimal 130 Nm @ 4.200 rpm
Transmisi

Manual 5 percepatan

Otomatis 4 percepatan

Kapasitas Tangki 42 L
Bahan Bakar Bensin

Hatchback Baleno ini dibekali mesin yang sama dengan Suzuki Ertiga, yakni mesin berkode K14B 1.373 cc berkode 92,4 ps pada 6.000 rpm dan torsi 130 Nm pada 0,4.200 rpm. Tenaganya tidak terlalu menarik jika dibandingkan dengan Toyota Yaris yang 106 ps dan Honda Jazz yang 120 ps. Namun dibandingkan dengan hatchback kecil, Baleno masih lebih baik.

Jadi bagi anda yang suka tenaga besar tidak akan mendapatkannya dari Baleno Hatchback. Namun dengan tenaga 92 ps dan torsi 130 Nm sebenarnya sudah lebih dari cukup untuk penggunaan sehari-hari. Positifnya, mesin kecil berkontribusi pada efisiensi bahan bakar.

Bumper Bagasi Tinggi

Pelan-pelan Harga Suzuki Baleno Naik Terus, Apa Saja Kelebihannya? 07

Bagasi Baleno cukup menyulitkan jika harus memuat dan mengangkat barang yang berat, karena ujung-ujungnya tidak sejajar dengan lantai bagasi. Jadi untuk mengambil barang harus diangkat melalui bumper bagasi yang cukup dalam. Kekurangan ini juga terjadi pada mobil KIA seperti Rio dan Picanto.

Desain Roda Tidak Menarik

Banyak yang berpendapat bahwa desain velg hatchback Baleno kurang menarik. Sepertinya jadul dan tidak sporty. Mungkin banyak pemilik Baleno yang sudah tidak sabar mengganti velg dengan desain sporty dan dual-tone.

Penampilan Luar Bukanlah Selera Semua Orang

Soal penampilan luar, itu terkait rasa. Namun tak sedikit pula yang mengatakan kalau desain eksterior hatchback Baleno ini tidak sesuai selera kebanyakan orang. Apalagi di wajahnya yang cukup aneh. Namun bagi Anda yang suka tampil beda dan menyukai keunikan mobilnya, tentunya Baleno hatchback bisa menjadi pilihan yang menarik.

Itulah kelebihan dan kekurangan Suzuki Baleno Hatchback yang bisa diulas. Semoga informasi ini bermanfaat bagi konsumen yang membeli mobil Suzuki yang cukup menarik ini.

Samuel Tito

Automotive writer who cover in-depth reports in an easy-to-understand for the readers

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Suzuki Baleno 2020 MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil