window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Pelat Nomor Mobil dan Motor Akan Dipasang Chip dan QR Code, Ini Fungsinya

Herdi · 6 Jan, 2023 17:02

Pelat Nomor Mobil dan Motor Akan Dipasang Chip dan QR Code, Ini Fungsinya 01

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri tengah mengembangkan teknologi pelar nomor mobil dan motor yang dapat memudahkan petugas memantau data kendaraan yang tertangkap kamera tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). 

Ya, inovasi yang kali ini tengah dikembangkan Korlantas Polri tersebut berupa pemasangan chip dan QR code pada pelat nomor kendaraan bermotor.

Pelat Nomor Mobil dan Motor Akan Dipasang Chip dan QR Code, Ini Fungsinya 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

"Kami sedang mengembangkan pelat nomor dengan QR code dan chip untuk mengetahui plat nomor kendaraan itu asli atau palsu," ungkap Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi, dalam situs NTMC Polri.

Baca juga: Masih Banyak Pengendara Ngeyel Pakai Plat Nomor Palsu Demi Masuk Jalur Gage, Ini Sanksinya

Tujuan Pemasangan Pelat Nomor Mobil dengan Chip dan QR Code

Pemasangan chip dan QR Code pada plat nomor kendaraan tentunya bukan tanpa alasan. Sebaliknya, hal ini dianggap perlu dilakukan mengingat kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas masih rendah. 

Pelat Nomor Mobil dan Motor Akan Dipasang Chip dan QR Code, Ini Fungsinya 01

Firman tak menampik, sejak tilang manual hilangkan dan tilang elektronik diberlakukan, masyarakat justru banyak melakukan pelanggaran. Salah satunya untuk menghindari rekaman kamera ETLE, mereka mencopot plat nomor kendaraan bermotor. 

Selain itu, kata Firman, tak sedikit pengguna motor justru menggunakan plat nomor kendaraan tidak sesuai standar alias palsu, yang bisa dibeli di jalanan. "Kita selalu mengimbau masyarakat enggak usah beli-beli yang palsu-palsu lagi lah, ngapain," ucapnya.

Baca juga: Kapolda Metro Jaya Instruksikan Tindak Plat Nomor RF yang Langgar Lalu Lintas, Netizen Ikut Ngeluh

Pelat Nomor Mobil dan Motor Akan Dipasang Chip dan QR Code, Ini Fungsinya 02

Pelat nomor putih kini sudah mulai diterapkan

Kata Firman, Polri akan segera memperbaiki kualitas pelat nomor kendaraan bermotor, sehingga dimasa yang akan datang tidak akan ada pembiaran terhadap penggunaan plat nomor tidak sesuai standar.

Sanksi Menggunakan Plat Nomor Palsu

Penggunaan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor sendiri sejatinya diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan, pasal 68 ayat 1 berbunyi:

(1) Setiap Kendaraan Bermotor yang dioperasikan di Jalan wajib dilengkapi dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor. 

Pelat Nomor Mobil dan Motor Akan Dipasang Chip dan QR Code, Ini Fungsinya 03

Banyak pengendara pakai pelat nomor palsu

Adapun jika mereka tidak menggunakan plat nomor asli dan menggunakan plat palsu, maka bisa dikenai pasal 280, UU N022/2009 tentang LLAJ yang berbunyi:

Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan yang tidak dipasangi Tanda Nomor Kendaraan Bermotor yang ditetapkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 68 ayat (1) dipidana dengan kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp500 ribu. 

Baca juga: Nekat Copot Plat Nomor Demi Hindari Tilang Elektronik, Siap-siap Motor Atau Mobil Disita Polisi

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil