pemerintah tengah 'menggoda' Tesla untuk bisa masuk Indonesia. Tesla akan melunculkan model lebih mudah dari model 3 di Indonesia?

Esther · 21 Des, 2020 14:00

pemerintah tengah 'menggoda' Tesla untuk bisa masuk Indonesia. Tesla akan melunculkan model lebih mudah dari model 3 di Indonesia? 01

Elon Musk selaku CEO Tesla memberikan pengumuman yang cukup menggemparkan bagi publik. Elon Musk mengkonfirmasi bahwa pabrikan Tesla akan membuat mobil listrik baru dengan model baterai terbaru buatannya di masa depan.

Diperkirakan mobil listrik Tesla terbaru ini nantinya dijual dengan harga 25.000 Dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 371,3 juta. Perlu diperhatikan bahwa ini merupakan harga jual di Amerika, di Indonesia mungkin harga jualnya akan lebih tinggi dikarenakan adanya berbagai pertimbangan biaya lainnya.

Jika dilihat dari harganya, dapat dipastikan bahwa mobil listrik Tesla terbaru akan menjadi mobil yang termurah dari semua model yang pernah diluncurkan oleh Tesla.

Mengapa dikatakan begitu? Karena mobil listrik termurah Tesla saat ini adalah Tesla Model 3 yang dibanderol dengan harga 31.690 Dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 470,7 juta. Namun itu merupakan harga yang dipasarkan di Amerika. Masuk ke Indonesia, dengan mempertimbangkan segala aspek, mungkin harga jualnya akan lebih tinggi jika dijual di Indonesia.

pemerintah tengah 'menggoda' Tesla untuk bisa masuk Indonesia. Tesla akan melunculkan model lebih mudah dari model 3 di Indonesia? 02

Tesla Model 3

Walaupun mobil listrik Tesla terbaru ini akan menjadi model termurah, mobil listrik baru ini juga tetap mendapatkan sistem autonomous driving atau swakemudi yang sudah dikembangkan Tesla.

Elon Musk belum memberikan detail tentang mobil listrik baru Tesla tersebut. Tetapi yang sudah jelas, dipastikan mobil listrik Tesla terbaru ini akan muncul di pasaran dalam kurun waktu tiga tahun mendatang.

Seperti apakah mobil listrik terbaru Tesla tersebut? Kita tunggu saja. Berikut kita membahas sedikit mengenai harga mobil listrik yang ada di Indonesia, termasuk mobil Tesla.

Indonesia sudah mulai memasuki era elektrifikasi kendaraan bermotor. Beragam mobil yang ramah lingkungan, termasuk mobil listrik juga sudah dijual di Indonesia.Beberapa pabrikan otomotif pun sudah meluncurkan mobil yang memiliki tenaga listrik murni tanpa mesin bakar.

Meski begitu, memang benar kalau mobil listrik murni berbasis baterai di Indonesia belum begitu banyak populasi dan model yang diperkenalkan. Tapi setidaknya, masyarakat sudah bisa beralih ke kendaraan yang lebih ramah lingkungan ini.

Mobil listrik yang dijual di Indonesia cukup beragam dan harganya juga bervariasi. Dimana harga mobil listrik di Indonesia ada yang dibanderol dengan biaya di bawah Rp 1 miliar, ada juga yang di atas Rp 1 miliar.

pemerintah tengah 'menggoda' Tesla untuk bisa masuk Indonesia. Tesla akan melunculkan model lebih mudah dari model 3 di Indonesia? 03

Mobil listrik yang paling murah di Indonesia untuk saat ini yakni mobil listrik dari Hyundai. Hyundai yang merupakan pabrikan otomotif asal Korea Selatan ini baru saja meluncurkan dua mobil listriknya, yaitu mobil Hyundai Ioniq dan Hyundai Kona Electric.

Harga Hyundai Kona Electric dibanderol dengan biaya sebesar Rp 675 jutaan. Hyundai Ioniq Electric tersedia dalam dua tipe, yakni tipe Prime dan Signature. Harga Hyundai Ioniq Prime dibanderol dengan biaya sebesar Rp 625 juta dan Hyundai Ioniq Signature dibanderol dengan biaya Rp 665 juta.

Mobil listrik lainnya yang ada di Indonesia adalah mobil listrik dari buatan BMW. BMW meluncurkan mobil listrik berukuran mungil dalam bentuk BMW i3s. Mobil listrik murni berbasis baterai di Indonesia dibanderol dengan biaya sebesar Rp 1.309.000.000 dengan status off the road.

Jika memiliki modal pembelian mobil yang banyak dan juga menginginkan mobil listrik lain selain yang diatas, boleh memilih mobil Tesla. Mobil listrik yang berasal dari Amerika Serikat ini sudah cukup lama diluncurkan di Indonesia melalui importir mobil-mobil mewah, yakni Prestige Image Motorcars.

pemerintah tengah 'menggoda' Tesla untuk bisa masuk Indonesia. Tesla akan melunculkan model lebih mudah dari model 3 di Indonesia? 04

Prestige Motorcars memperkenalkan mobil Tesla dalam tiga model. Ada mobil Tesla Model 3 yang menjadi mobil listrik Tesla termurah, ada juga mobil tipe sedan Tesla Model S dan juga mobil SUV Tesla Model X.

Harga Tesla Model 3 dibanderol dengan biaya mulai dari Rp 1.5 Miliar. Sementara itu, mobil Tesla Model S dan model X dibanderol dengan biaya mulai dari Rp 3 Miliar.

Terkait dengan Battery Day yang diadakan oleh Elon Musk selaku CEO Tesla, Indonesia juga bergerak untuk menyambut acara ini.

Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) akan mengutus tim tingkat tinggi untuk bertemu dengan eksekutif dari pabrikan mobil listrik Tesla yang ada di Amerika Serikat. Tujuannya untuk mengukuhkan Indonesia sebagai produsen baterai mobil listrik terbesar di dunia.

Pengiriman tim itu juga akan menjadi bagian dari promosi Indonesia tentang Undang-undang Cipta Kerja (omnibus law) yang menyederhanakan peraturan berbisnis di Indonesia.

Perjalanan itu dilakukan setelah Jokowi memberi selamat kepada Joe Biden atas kemenangannya yang terpilih menjadi Presiden AS. Pemimpin Indonesia mengatakan dia berharap pemerintahan Biden akan mempromosikan stabilitas dan perdamaian dunia.

Luhut Binsar Pandjaitan selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi yang akan memimpin tim yang diutus bertemu dengan eksekutif Tesla.

Bapak Jokowi mengatakan bahwa hal ini sangat penting dikarenakan pemerintah memiliki rencana besar untuk menjadikan Indonesia menjadi penghasil baterai baterai lithium terbesar dan Indonesia memiliki cadangan nikel terbesar.

Dalam wawancara terpisah, Luhut mengatakan akan ada pertemuan dengan Bank Dunia dan pengelola dana AS untuk membahas omnibus law dan proyek lingkungan Indonesia.

Luhut menolak untuk berkomentar lebih dalam mengenai pertemuan dengan  pabrikan otomotif asal Amerika Serikat itu. Namun dia mengatakan akan ada peluang yang sangat bagus bahwa perusahaan ingin berinvestasi dalam pengolahan nikel Indonesia untuk memangkas biaya.

pemerintah tengah 'menggoda' Tesla untuk bisa masuk Indonesia. Tesla akan melunculkan model lebih mudah dari model 3 di Indonesia? 05

Elon Musk selaku CEO Tesla mengatakan dia berencana untuk menawarkan kontrak raksasa dalam jangka waktu panjang selama nikel ditambang dengan cara yang efisien dan dengan cara yang peka terhadap lingkungan.

Undang-undang Cipta Lapangan Kerja yang baru, yang menyelaras kan 79 undang-undang yang ada, dan undang-undang ini mendapat kritikan dikarenakan dianggap melonggarkan standard lingkungan.

Luhut mengatakan bahwa Indonesia dapat membuat rantai pasokan aki ramah lingkungan dalam waktu tujuh hingga delapan tahun dengan menyalakan smelter dengan sumber energi terbarukan. Kemudian akan menjual aki ramah lingkungan untuk mobil di pasar Eropa di tahun 2030.

Bapak Jokowi mengatakan undang-undang Penciptaan Kerja sangat penting untuk memotong birokrasi, memacu investasi, dan meningkatkan daya saing pasar tenaga kerja.

pemerintah tengah 'menggoda' Tesla untuk bisa masuk Indonesia. Tesla akan melunculkan model lebih mudah dari model 3 di Indonesia? 06

Meskipun ada protes terhadap undang-undang dari mahasiswa, mahasiswa dan pecinta lingkungan, namun undang-undang tersebut telah diterima secara positif oleh pasar.

Indonesia berjuang untuk menarik investasi asing. Presiden Jokowi mengatakan undang-undang baru Indonesia akan menjadi salah satu katalis utama untuk mendorong pertumbuhan ekonomi tanah air di tahun depan.

Itu dia sekilas mengenai mobil Tesla dengan model baterai terbarunya. Mobil listrik Tesla terbaru yang diperkirakan akan dipasarkan dengan biaya yang lebih murah. Terkait dengan berita Battery Day yang diluncurkan Tesla juga membuat Indonesia tergerak untuk melakukan kerjasama dengan pabrikan asal Amerika Serikat itu.

Komentar