Penerus Daihatsu Xenia Sudah di Depan Mata Dengan Hadirnya Generasi Baru Perodua Alza Pada Akhir 2021?

Indra Fathan · 28 Mei, 2021 08:00

Generasi Baru Perodua Alza Bakal Meluncur Akhir 2021, Apakah Penerus Daihatsu Xenia Sudah di Depan Mata?

Penerus Daihatsu Xenia Sudah di Depan Mata Dengan Hadirnya Generasi Baru Perodua Alza Pada Akhir 2021? 01

Perodua Alza menjadi mobil Perodua tertua yang masih dijual hingga saat ini, usianya sudah mencapai 12 tahun setelah pertama kali meluncur pada 2009 silam. MPV ini berbasis Daihatsu Boon Luminas dan Toyota Passo Sette yang khusus dijual di Jepang, dan meskipun saat ini versi Jepang-nya sudah tidak dijual lagi, namun Alza tergolong laris manis di segmen MPV Malaysia.

Karena saking tuanya umur mobil ini, maka mau tak mau Perodua harus meneruskan lagi perjalanan Alza dengan tampilan dan spesifikasi terbaru sesuai kondisi sekarang. Apalagi Daihatsu sebagai technical partner Perodua sudah memiliki platform terbaru Daihatsu New Global Architecture (DNGA) yang sukses diterapkan di Perodua Ativa, yang merupakan versi Malaysia dari Daihatsu Rocky dan Toyota Raize.

Baca juga: Pakai Platform Baru DNGA, Daihatsu Xenia 2021 Rasa 'Mitsubishi Xpander'?

Penerus Perodua Alza Menggunakan DNGA

Penerus Daihatsu Xenia Sudah di Depan Mata Dengan Hadirnya Generasi Baru Perodua Alza Pada Akhir 2021? 02

Kini muncul kabar terbaru mengenai penerus Perodua Alza yang dikatakan juga pakai platform DNGA. Seperti yang dikutip dari Paultan, salah satu perusahaan komponen Malaysia, Sapura Industries Berhad, melalui laporan tahunan 2021 menyatakan bahwa pihaknya sedang mengembangkan komponen untuk penerus Perodua Alza yang direncanakan akan meluncur pada akhir 2021 dengan kode proyek D27A.

Estimasi waktu ini bisa berubah mengikuti situasi pandemi Covid-19 yang dapat mempengaruhi proses pengembangan produk ini. Menariknya, rumor berkembang bahwa penerus Perodua Alza ini bakal bersaudara dengan Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza generasi terbaru yang juga meluncur pada akhir 2021, dengan opsi mesin turbo dan ke depannya bakal hadir mesin hybrid juga. Kemungkinan strateginya seperti Perodua Aruz dengan Daihatsu Terios dan Toyota Rush yang menggunakan basis bodi sama tapi beberapa detailnya berbeda.

Baca juga: Toyota Avanza 2021 Segera Hadir, Sebelumnya, Simak Fitur-Fitur Yang Dimiliki Pendahulunya

 

 

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Avanza 1.3E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru