window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Penerus Toyota Kijang Kotak Segera Muncul, Bakal Produksi di Filipina

Indra Fathan · 14 Feb, 2023 09:10

Penerus Toyota Kijang Kotak Segera Muncul, Bakal Produksi di Filipina 01

Toyota Kijang kotak merupakan julukan yang kerap menempel pada Toyota Kijang generasi pertama hingga ketiga. Ini karena sampai akhir dekade 1990-an, Toyota Kijang hadir dalam bentuk bodi yang serba mengotak.

Di Indonesia, ia kerap dijuluki sebagai Kijang Buaya untuk generasi pertamanya. Kemudian di generasi kedua namanya berubah jadi Kijang Doyok. Lantas Kijang Super untuk sebutan Toyota Kijang generasi ketiga.

Penerus Toyota Kijang Kotak Segera Muncul, Bakal Produksi di Filipina 02

Sampai generasi ketiga sebutannya masih Kijang Kotak

Bentuk kotak kemudian digantikan dengan model "kapsul" yang membulat. Sehingga Kijang generasi keempat yang meluncur tahun 1997 silam dijuluki sebagai Kijang Kapsul.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Lebih dari 25 tahun bergulir, pabrikan ini rupanya bakal membangkitkan lagi Toyota Kijang kotak. Tapi tentu saja bentuknya tak lagi seperti Kijang Buaya atau Kijang Doyok.

Baca juga: Toyota Kijang Innova Zenix Q Hybrid vs Toyota Kijang Innova Venturer Diesel, Pilih Yang Mana?

Toyota Kijang Kotak Berubah Jadi IMV-0

Penerus Toyota Kijang Kotak Segera Muncul, Bakal Produksi di Filipina 01

Kijang kotak dalam bentuk baru ini akan menyasar pasar niaga dengan harga lebih terjangkau dibandingkan Hilux. Namanya adalah IMV-0 Concept yang sudah meluncur di Thailand akhir 2022 lalu.

Tidak hanya dipasarkan di Negeri Gajah Putih, pickup bermesin diesel ini juga akan hadir di negara Asia Tenggara lainnya, salah satunya adalah Filipina.

Penerus Toyota Kijang Kotak Segera Muncul, Bakal Produksi di Filipina 02

Dilansir dari Autoindustriya, Selasa (14/2/2023), Toyota bakal mengucurkan investasi sebanyak 4,4 miliar Peso atau setara Rp 1,2 triliun untuk memproduksi pickup IMV-0 di Filipina.

Penandatangan investasi ini sudah dilakukan pada Jumat (10/2) lalu di hadapan beberapa pejabat pemerintahan Filipina, termasuk di antaranya Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr.

Baca juga: Segini Gaji Kalau Mau Kredit Toyota Kijang Innova Zenix, Gak Cukup Jangan Maksa!

Toyota IMV-0 Concept Akan Diproduksi di Filipina

Penerus Toyota Kijang Kotak Segera Muncul, Bakal Produksi di Filipina 03

Menurut Presiden Direktur Toyota Motor Philippines, Atsuhiro Okamoto, pickup tersebut akan diproduksi di pabrik Toyota berlokasi di Santa Rosa, Laguna, Filipina.

Namun, ia menyebut bahwa produksi kendaraan komersial ini belum akan dilakukan pada tahun ini. Ide ini sudah tercetus pada tahun 2020 lalu untuk menghadirkan kendaraan komersial yang terjangkau bagi konsumen Filipina, khususnya untuk para pengusaha UMKM.

Penerus Toyota Kijang Kotak Segera Muncul, Bakal Produksi di Filipina 04

Sebagai informasi, Kijang kotak untuk pasar Filipina juga dikenali sebagai Tamaraw. Seperti halnya Kijang, nama Tamaraw juga sangat melekat bagi masyarakat Filipina, sehingga kembalinya Tamaraw dalam bentuk pickup jadi sangat penting bagi Toyota Filipina.

Produksi pickup ini dikatakan akan mengisi kekosongan lini produksi Innova lawas di Filipina. Sementara Innova generasi terbaru akan hadir di Filipina dalam bentuk CBU atau impror secara utuh. Nantinya juga akan tersedia varian bermesin hybrid seperti di Indonesia dan India.

Baca juga: Test Drive Kijang Innova Zenix Yogyakarta - Jakarta, Tak Ada Lagi Rasa Kijang Sebelumnya

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Toyota Kijang Innova Zenix Gasoline 2.0 G CVT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil