window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Pengin Nissan Navara untuk Offroad? Simak Dulu Ulasan Berikut!

Yusuf · 3 Okt, 2020 10:00

Pengin Nissan Navara untuk Offroad? Simak Dulu Ulasan Berikut! 01

Jenis mobil double cabin di Indonesia tidaklah banyak pemainnya. Sebut saja beberapa produsen otomotif yang memiliki jagoan di segmen tersebut seperti Toyota lewat Hilux, Mitsubishi lewat produk Triton serta Nissan yang mengandalkan Navara.

Bicara mengenai Nissan Navara, bagi Anda yang tertarik dengan mobil double cab yang satu ini sepertinya harus menyimak ulasan berikut ini. Pasalnya, ada beberapa poin yang akan kami sampaikan sebelum Anda melakukan transaksi dan memboyong mobil tersebut ke dalam garasi rumah.

Nissan Navara dirilis dalam tiga varian oleh PT Nissan Motor Indonesia. Ketiga varian tersebut adalah 2.5 SL MT, 2.5 VL MT dan terakhir adalah 2.5 VL AT. Untuk harga yang ditawarkan, varian paling rendahnya dibanderol dengan harga Rp 448,5 juta, sedangkan varian tengah dan tertingginya dipatok dengan harga Rp 533,2 juta dan Rp 551,1 jutaan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Lalu poin apa saja yang menjadi keunggulan dan kekurangan dari mobil tersebut? Berikut kami jabarkan untuk Anda!

Keunggulan

1. Mesin Terbesar Di Kelasnya

Ya, untuk urusan jantung pacu mobil ini memang memiliki tenaga yang paling besar di antara Mitsubishi Triton dan Toyota Hilux. Berdasarkan spesifikasi yang dirilis oleh PT Nissan Motor Indonesia, Navara ini dibekali dengan mesin empat silinder berkapasitas 2.500 cc. Berbeda dengan dua kompetitor terdekatnya, mereka mengusung mesin empat silinder berkapasitas 2.400 cc.

Dari mesin tersebut, tenaga yang mampu dihasilkan adalah sebesar 163 hp dengan torsi maksimumnya 403 Nm. Apabila melihat tenaga yang dihasilkan oleh pesaingnya, tenaga yang dihasilkan oleh Nissan Navara masih bisa diacungi jempol lantaran semburan tenaganya besar serta torsi yang dihasilkan juga sangat melimpah.

Pemilihan Nissan Navara untuk kendaraan double cab dari sisi mesin memang sangatlah puas. Sehingga, pengemudinya tidak lagi memerlukan menginjak pedal gas terlalu dalam untuk mengeluarkan semua tenaga dari mesin tersebut.

Pengin Nissan Navara untuk Offroad? Simak Dulu Ulasan Berikut! 01

2. Kenyamanan Kelas Atas

Selain unggul dari sisi tenaga yang dihasilkan lebih besar, Nissan Navara juga unggul dari sisi kenyamanan berkendara. Pada mobil ini, kenyamanan tersebut sangat terasa bagi pengemudi dan penumpang di baris depan. Hal ini tentunya dihasilkan melalui sistem suspense yang baik oleh PT Nissan Motor Indonesia.

Untuk sektor depan, Nissan telah menyematkan suspensi independent double wishbone dengan front stabilizer bar. Sedangkan untuk sektor belakang, suspensi yang digunakan adalah 5 link coil spring with shock absorber sehingga memberikan kenyamanan paling mewah untuk mobil Double Cab.

Pengin Nissan Navara untuk Offroad? Simak Dulu Ulasan Berikut! 02

3. Desain Mewah

Selain menawarkan desain eksterior yang mewah, untuk bagian kabin juga Nissan telah memberikan sentuhan interior yang menawan. Tampilan minimalis namun modern, menghiasi bagian dashboard serta lingkar kemudi.

Sebagai kemudahan pengemudinya, Nissan telah menyematkan audio switch serta cruise control. Bukan hanya itu, untuk penggunaan bahan kulit pada interior juga terkesan mewah lewat pemilihan warna yang begitu maskulin.

Namun, jangan berpuas diri melihat keunggulan Nissan Navara tersebut. Untuk beberapa kekurangannya juga menurut saya sangat penting untuk disimak. Pasalnya, kemampuan yang dihasilkan untuk medan offroad tidak begitu perkasa.

Pengin Nissan Navara untuk Offroad? Simak Dulu Ulasan Berikut! 03

Kekurangan

1. Tidak Menggunakan Fitur Locker

Sebagai kendaraan niaga yang alamnya berada di medan offroad, mobil ini masih menggunakan Limited Slip Differential. Memang kebanyakan mobil double cab mengadopsi fitur tersebut, namun untuk memberikan performa yang perkasa, alangkah baiknya fitur yang disematkan adalah Locker.

Salah satu keunggulan Locker adalah memberikan penguncian ban yang lebih sempurna. Kadang, penggunaan LSD masih kurang mumpuni lantaran sering selip saat digunakan pada medan yang ekstrim. Sedangkan salah satu kompetitornya, Toyota Hilux, mobil ini sudah menggunakan fitur Locker sehingga memberikan kemampuan yang lebih mumpuni lagi.

2. Bukan untuk Habitat Offroad

Mengenai kemampuan Nissan Navara di medan offroad, memang belum banyak yang mengacungi jempol. Padahal, mobil ini sudah menetapkan segmen mereka adalah untuk kendaraan niaga. Meski demikian, jika Anda membeli mobil ini untuk urusan di pertambangan bukanlah pilihan tepat.

Pasalnya, kenyamanan yang dihadirkan oleh prinsipal secara tidak langsung mengorbankan kekuatan untuk kemampuan mengangkut barang. Hal tersebut dikarenakan penggunakan suspensi belakang yang sangat empuk untuk mengejar kenyamanan, bukan untuk angkut barang.

3. Suku Cadang Mahal

Bagi sebagaian orang ini memang menjadi isu yang menarik. Mengenai harga sparepart, Nissan memang dikenal memiliki harga sparepart yang tidak ramah di kantong jika dibandingkan dengan kompetitor lainnya.

Terlebih untuk pemilik Nissan Navara di daerah, ketersediaan sparepart yang langka serta harga yang ditawarkan juga lebih mahal dari produk lainnya.

Kesimpulan

Sebagai penggemar dunia offroad, jika tujuan Anda menggunakan mobil ini untuk mengangkut barang atau bermain di medan offroad, ini bukanlah pilihan tepat. Untuk tujuan tersebut, lebih baik Anda menjatuhkan pilihan kepada Mitsubishi Triton atau Toyota Hilux.

Namun untuk urusan gaya serta kenyamanan dan tenaga yang melimpah, Nissan Navara ini bisa menunjang gaya hidup Anda yang senang dengan tampilan offroad dari mobil double cab. Kemampuan tempurnya pun tidak seistimewa produk lainnya.

Nah, pilihan di tangan Anda!

Yusuf

Suka dengan motorsport dan senang touring untuk bertualang

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Mitsubishi Triton GLX MT Single Cab 2WD 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil