Penjualan Mobil Secara Online Meningkat, Ini Model Terlarisnya

Herdi
Herdi · 2025-03-07 15:08:36

Era modernisasi dan kemajuan teknologi yang serba online dalam hal jual beli ternyata juga terjadi di dunia otomotif. Bahkan penjualan mobil secara online ikut mengalami peningkatan.

Setidaknya hal itu dialami oleh Seva yang merupakan platform perdagangan digital mobil baru dari grup Astra. Menurut CEO Seva, Handoko Liem, di tengah pasar otomotif yang mengalami penurunan, Seva mencoba beradaptasi.

“Sebagai bagian dari Astra Group, Seva akan terus berinovasi untuk mengatasi tantangan pasar saat ini,” ungkap Handoko saat ditemui di sela acara buka puasa bersama Seva di kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (6/3/2025) malam.

Hal serupa juga disampaikan Product and Growth Division Head Seva, Davido Thamrin yang menyatakan Seva membukukan performance cukup baik, di tengah pasar otomotif nasional melambat, namun masyarakat justru membeli secara online.

Baca juga: 5 Cara Mudah Cek Pajak Mobil Online Jakarta Tanpa NIK, Biar Gak Kena Denda!

Proses jual beli mobil kini bisa sangat mudah lewa online

“Tumbuh sekitar 17 persen (pada tahun 2024), 17.400 penjualan mobil dengan gross transaction value Rp 8,2 triliun, tumbuh 9 persen dibandingkan 2023,” jelas David. Dia juga menyebutkan, jika dari sejumlah model mobil yang dipasarkan, penjualan paling banyak didominasi oleh produk mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC).

Hal inilah sejalan dengan target marketnya Seva, dimana First Car Buyer atau konsumen yang membeli mobil pertama, dimana hal tersebut didominasi oleh kaum milenial dan genz sekitar 75 persen. “Butuh mobil karena keluarga, mobil buat kerja, prefer yang LCGC,” ujarnya

Nah, lima mobil yang paling banyak dibeli masyarakat secara online melalui situs Seva diantaranya Daihatsu Sigra, Toyota Avanza, Toyota Rush, Toyota Calya dan Daihatsu Ayla. Kata David, pembelian mobil secara online banyak terjadi di kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Tangerang, Banten, Bekasi, Medan, Lampung, Surabaya, dan lainnya.

Baca juga5 Mobil Hybrid di Bawah Rp500 Juta, Nomor Lima Banyak Dipakai Taksi Online

Tantangan Penjualan Mobil di 2025

Pameran otomotif

Meski penjualan mobil secara online mengalami pertumbuhan di tahun 2024, namun pada tahun 2025 ternyata tidak akan semudah yang dipikirkan.  David memprediksi, ada beberapa tantangan yang akan dialami di tahun Shio Ular Kayu, diantaranya masih terjadinya perlambatan ekonomi, bahkan pengaruh kebijakan luar negeri yang akan berdampak ke Indonesia.

“Ada juga geopolitik masih terjadi perang, di Ukraina dan Timur Tengah,” ucapnya. Selain itu, tantangan penjualan otomotif di Indonesia juga dipengaruhi terjadinya penurunan populasi middle class dari 21 persen ke 17,3 persen, sehingga dimana daya beli konsumen kini semakin melemah. Tak sampai disitu, adanya kebijakan pemerintah seperti kenaikan PPn dan Opsen pajak juga bisa mempengaruhi.

Strategi Seva di 2025

Surat pengisian identitas untuk pengajuan kredit mobil

Kendati ada faktor yang membuat penjualan otomotif mengalami penurunan, Seva tak tinggal diam. Sebaliknya, mereka mempersiapkan berbagai strategi untuk menggairahkan transaksi jual beli mobil.

Satu diantaranya memanfaatkan momen bulan Ramadan dan jelang Lebaran. Pasalnya, di moment ini terjadi lebaran Effect, dimana berdasarkan data Seva tahun 2024 mengalami pertumbuhan signifikan yaitu mencapai 14 persen. Bahkan moment ini lebih baik dari Januari dan Mei 2024.

Beberapa strategi yang disiapkan Seva diantaranya:

1. Menyiapkan line up produk mobil bekas

Bagi Seva, meski terjadi penurunan daya beli mobil baru, hal tersebut diprediksi akan memicu meningkatnya Used Car atau mobil bekas. Maka dari itu, Seva menyiapkan lini mobil bekas jelas lebaran lebih lengkap dari berbagai model dan merek.

2. Menawarkan dana segar

Di tahun 2025 ini, Seva memberikan program menarik berupa Fasilitas Dana, sebagai selousi untuk mendapatkan dana segar yang langsung cair hingga Rp 500 juta.

Dana segar ini dilakukan Seva yang bekerja sama dengan partner di Astra yaitu Astra Credit Companies (ACC) dan Toyota Astra Finance (TAF).

3. Instant Approval

Di tengah kondisi ekonomi sulit, masyarakat harus makin berhati-hati. Termasuk wajib mempersiapkan strategi untuk membeli mobil. Maka dari itu, Seva menganjurkan kepada masyarakat untuk menggunakan layanan Loan Calculator, Car Discovery, dan Instant Approval agar bisa membantu untuk lebih bijak memilih mobil mana yang cocok, sesuai dengan kondisi keuangan mereka.

Baca juga: Pakai SEVA, Solusi Beli Mobil di GIIAS 2023 Jadi Lebih Mudah

4. Berbagai Promo 

Di tahun ini Seva juga memberikan promo-promo menggiurkan kepada konsumen yang hendak membeli mobil secara online. Beberapa promo tersebut diantaranya adalah Cashback Rp 500 ribu, hingga Cashback Rp2 juta di luar diskon dari dealer.

5. Fasilitas JumpaPay

Konsumen yang berada di wilayah Jakarta, Tangerang,  dan sekitarnya yang ingin melakukan proses perpanjangan surat-surat kendaraan, seperti urus STNK tahunan, lima tahunan, bali nama blokir plat, hingga mutasi, maka Seva akan memberikan layanan kemudahan kepada konsumen.

Ya, konsumen tak perlu repot mengurusnya ke kantor Samsat, karena akan diurus dan dikirim langsung oleh Seva.

Herdi

Herdi Senior Writer

Mengawali karir sebagai jurnalis sejak tahun 2011 di salah satu media massa Nasional Tanah Air. Memiliki ketertarikan untuk membahas bidang otomotif, mulai dari sepeda motor, mobil, hingga bus dan truk.

Toyota
Daihatsu
Honda
Chery
Mitsubishi
Suzuki
Nissan
Wuling
Volkswagen
Datsun
Mercedes-Benz
BMW