Penjualan Toyota Naik 84 Persen, Avanza Masih Jadi Andalan

Adit · 21 Des, 2021 18:02

Penjualan Toyota Naik 84 Persen, Avanza Masih Jadi Andalan 01

Avanza dominasi penjualan Toyota selama 2021.
  • Penjualan Toyota naik hingga 84 persen
  • Toyota Avanza masih jadi model terlaris

Toyota Indonesia mencatat pertumbuhan penjualan mobil selama Januari-November 2021 dan Toyota Avanza menjadi model terlaris. Ini sejalan dengan peningkatan pasar pada tahun ini, karena adanya stimulus dari pemerintah sehingga industri otomotif kembali bergairah.

Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan, secara total selama 11 bulan berjalan, wholesales (penjualan dari pabrik ke diler) mencapai di atas 790 ribu unit dan mengalami pertumbuhan 66,5 persen dari kurun waktu yang sama tahun lalu.

Penjualan Toyota Naik 84 Persen, Avanza Masih Jadi Andalan 02

All New Toyota Avanza 2022

Baca Juga: Jadi Model Terpisah, Ini Beda Toyota Avanza 2022 dan Veloz 2022

"Penjualan Toyota selama Januari-November mencapai 263 ribuan unit dengan market share 33,3 persen. Tumbuhnya lebih tinggi dari market itu sendiri kira-kira 84,5 persen dibandingkan 2020," ujarnya dalam Toyota Media Gathering 2021 secara virtual, Selasa (21/12). 

Tambahnya, secara komposisi model Toyota Avanza masih mendominasi produk yang paling banyak terserap pasar sebanyak 52.322 unit. Diikuti Toyota Rush 48.207 unit dan Toyota Innova 43.408 unit. "Variasinya cukup banyak, kemudian model LCGC (Low Cost Green Car), jadi beberapa model kita yang cukup diterima baik di pasar termasuk Toyota Raize dan all new Toyota Veloz tahun ini," lanjutnya. 

Penjualan Toyota Naik 84 Persen, Avanza Masih Jadi Andalan 01

Toyota Avanza generasi terbaru

Tahun ini jelas Anton, penjualan total secara nasional bisa menyentuh di atas 800 ribu unit. Maksimal mampu mencapai 850 ribu unit. Sebab penjualan bulanan pada akhir tahun sudah hampir mendekati kondisi sebelum pandemi menyerang sekitar 75 hingga 85 ribuan unit. 

"Dengan capaian ini mudah-mudahan tahun depan kondisi ekonomi lebih stabil, jadi kami harapkan market di atas 900 ribuan unit dan Toyota tetap mencapai posisi nomor satu dengan market share di atas 33 persen. Model-modelnya masih banyak berkutat 7-seater MPV maupun SUV, tapi rasanya kami harapkan akan lebih banyak produk ramah lingkungan, ditunggu saja," ungkapnya. 

Penjualan Toyota Naik 84 Persen, Avanza Masih Jadi Andalan 02

Toyota Avanza generasi ketiga

Baca Juga: Baru Meluncur, Toyota Avanza dan Veloz 2022 Sudah Didiskon

Kilas Balik Toyota di 2021

Vice President Director PT TAM, Henry Tanoto menambahkan, pertumbuhan penjualan selama 2021 ini tak lepas dari dukungan pemerintah yang sudah mengeluarkan kebijakan relaksasi PPnBM (Pajak Penjualan Barang Mewah) sejak Maret 2021. Untuk itu dirinya mengapresiasi langkah tersebut sehingga mampu memberikan dampak positif terhadap penjualan secara domestik.  

"Tidak hanya mendorong penjualan, namun efeknya pada peningkatan produksi lokal dan kinerja suplai chain, karena lebih dari 90 persen produk Toyota merupakan karya anak bangsa, dengan permintaan tinggi sehingga memberikan efek domino yang baik," katanya dalam kesempatan serupa. 

Penjualan Toyota Naik 84 Persen, Avanza Masih Jadi Andalan 03

Partisipasi Toyota di pameran GIIAS 2021

Tak cuma itu, menurutnya pelaksanaan pameran otomotif seperti IIMS dan GIIAS 2021 berperan penting terhadap pertumbuhan market di Indonesia. Ditambah peluncuran banyak model baru juga mampu merangsang penjualan secara nasional. 

"Sepanjang tahun ini tidak kurang dari 14 produk baru seperti Raize pada April, sampai bulan lalu new Avanza dan Veloz. Tidak hanya produk, kami juga hadirkan inovasi berupa Toyota Mobility Solution, EZDeal, Toyota Official Store, trade in telematic, t intouch, Toyota Live Showroom dan lainnya," katanya.

Baca Juga: FAQ: Fakta Menarik Mengenai Toyota Avanza 2022, Berikut Informasi Pentingnya

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Avanza 1.3E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru